3 Cara Merubah Tulisan indonesia ke Arab secara Online

Gogandul.com ♠ Bagi sebagian orang yang kegiatan sehari-harinya selalu membutuhkan untuk mengetik bahasa arab dan belum terbiasa, maka kali ini saya akan memberikan cara merubah tulisan indonesia ke arab secara online

Di jaman yang serba online ini tentu banyak sekali kemudahan-kemudahan yang didapatkan diantaranya bila kita ingin mengetikkan tulisan arab, kita tinggal mengetikkan tulisan latin indonesia saja, lalu secara otomatis melalui situs penyedia translate online akan langsung merubah menjadi tulisan arab.

Kalau kita menulis assalamu ‘alaikum maka secara online akan otomatis menjadi السلام عليكم yang penting ejaan tulisan latin indonesianya benar.

Cara Merubah Tulisan Indonesia ke Arab secara Online

Buat kalian yang sangat membutuhkan untuk menulis arab maka ketiga cara ini bisa dicoba salah satu jika kalian ingin mencobanya, oke langsung saja ini caranya.

1. Cara Merubah Tulisan Indonesia ke Arab secara Online menggunakan google translate

Google translate adalah alat penterjemah bahasa nomor 1 si dunia , tetapi masih ada yang belum tahu bahwa menulis tulisan latin indonesia bisa langsung dikonversi menjadi tulisan arab dengan menggunakan google translate ini.

  1. Buka browser atau aplikasi bawaan smartphone android yaitu google translate
  2. Setelah masuk pilih bahasa yang akan di Terjemakan ” Indonesia-Arab “
  3. Masukkan teks saya contohkan allohu akbar lalu klik tombol warna biru otomatis menjadi arabic الله اكبر
  4. Salin atau copy tulisan tersebut lalu pindahkan di memo atau notepad

Agar lebih mudah dalam menuliskan tulisan arab, sebaiknya ketika menulis arab dengan latin indonesia harus perkata dan spasi misalkan “ assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh “ ini dimaksud agar google translate lebih mudah dalam memahami.

2. Cara Merubah Tulisan Indonesia ke Arab secara Online menggunakan situs www.yamli.com

Cara yang kedua untuk merubah tulisan indonesia ke arab secara online adalah dengan menggunakan situs yamli.com kuti langkah-langkah berikut:

  1. Langsung saja buka situs translate tulisan latin ke arab online di www.yamli.com atau klik link tersebut.
  1. Ketikkan huruf latin bahasa indonesia yang akan dirubah menjadi huruf arab, otomatis situs akan mengubah atau mentranslate tulisan huruf indonesia kalian ke huruf arab.
  2. untuk menulis huruf latin indonesia juga harus perkata dan spasi agar mudah mengkonversinya.

3. Cara Merubah Tulisan Indonesia ke Arab secara Online menggunakan situs www.listenarabic.com

Cara yang ketiga ini sama saja dengan kedua cara diatas,  tinggal masukkan kata indonesia latinnya dan nanti akan otomatis menjadi huruf arab.

Ketiga cara diatas itu menurut saya sangat gampang dan mudah dipahami, akan tetapi tetap masih diperlukan keahlian atau kemampuan dalam menulis arab secara manual. Soalnya kalau belum pernah tahu ejaan bahasa arab maka akan kacau dalam penulisan huruf arabnya.

itulah sedikit tukisan saya tentang Cara Merubah Tulisan Indonesia ke Arab secara Online semoga bermanffat dan selamat mencoba.