5 Berbagai Jenis Lampu Depan Mobil: Dijelaskan

Lampu depan adalah bagian penting dari setiap mobil. Tanpa mereka, akan sangat sulit untuk mengendarai mobil di malam hari dan dalam kondisi cahaya redup. Mereka menerangi jalan dan membantu pengemudi untuk melihat apa yang ada di depannya. Jenis lampu depan yang pertama kali digunakan pada mobil adalah lampu karbida. Selama beberapa tahun terakhir, teknologi lampu depan telah maju secara dramatis, sehingga beberapa mobil bahkan menggunakan laser untuk lampu depan mereka. Berikut adalah 5 jenis lampu depan yang paling banyak digunakan oleh produsen mobil.

Halogen

5 Berbagai Jenis Lampu Depan Mobil: Dijelaskan

Lampu depan halogen adalah jenis lampu depan yang paling umum digunakan di negara kita. Memang, mereka cukup mudah digunakan dan relatif murah dibandingkan jenis lampu depan lainnya. Ini memiliki kapsul kaca yang diisi dengan gas halogen dan filamen tungsten. Ketika pengemudi menyalakan lampu depan, listrik melewati filamen tungsten yang menghasilkan panas dan filamen di dalam bohlam mulai bersinar. Lampu depan halogen memiliki lampu kuning dan membuang banyak energi dalam bentuk panas. Karena gas argon atau nitrogen, masa pakai bohlam meningkat sekaligus mencegah filamen tungsten memburuk terlalu cepat.

Xenon atau HID

5 Berbagai Jenis Lampu Depan Mobil: Dijelaskan

Lalu ada lampu depan HID atau Xenon. Mereka mirip dengan CFL atau CFL yang kami gunakan di rumah kami sebelum LED mengambil alih. Mereka tidak memiliki filamen di dalamnya. Sebaliknya, ruang kosong diisi dengan gas xenon. Ketika tegangan tinggi melewati dua elektroda, gas mulai bersinar. Mereka lebih terang daripada halogen, tetapi butuh beberapa saat untuk memanas dan mencapai kecerahan maksimumnya. Untuk alasan ini, mereka sering tidak digunakan pada balok tinggi. HID biasanya dikombinasikan dengan jenis lampu depan lainnya dan memiliki cahaya putih kebiruan.

LED

5 Berbagai Jenis Lampu Depan Mobil: Dijelaskan

Semakin banyak produsen mobil yang mengadaptasi pencahayaan LED untuk mobil mereka. LED adalah singkatan dari Light Emitting Diodes. Mereka lebih sederhana daripada jenis lampu depan lainnya. Mereka bekerja dengan mengurangi listrik melalui dioda pemancar cahaya. Mereka tidak bergantung pada panas dan juga sangat hemat energi. Mereka juga dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk. Untuk alasan ini, Anda akan melihat sebagian besar lampu berjalan siang hari menggunakan elemen LED.

Matriks atau LED adaptif

5 Berbagai Jenis Lampu Depan Mobil: Dijelaskan

Matriks atau LED adaptif terdiri dari banyak LED individu yang menerangi jalan di depan. Sebuah kamera dipasang di depan yang terus memantau kendaraan yang mendekat dari depan. Segera setelah melihat mobil datang dari depan, komputer mematikan LED individu sehingga lalu lintas yang datang tidak silau. Artinya pengemudi tidak perlu beralih ke low beam karena ini dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Laser

5 Berbagai Jenis Lampu Depan Mobil: Dijelaskan

Lampu laser adalah yang paling mahal, rumit dan canggih. Untuk alasan ini, mereka juga sangat mahal. Lampu ini menggunakan laser untuk menyinari gas. Biasanya, lampu laser ditawarkan bekas pabrik atau sebagai pilihan. Lampu laser dapat menerangi hingga 600 meter jalan di depan.