hit counter

5 Cara Mengatasi Lag Mobile Legends, Main Game Lebih Lancar!

Bermain mobile legends memang menjadi salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Sayangnya masalah smartphone lag ketika bermain mobile legends kerap menimpa para gamer. Jika sudah begitu, tentu siapa saja dapat menjadi kesal. Nah, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi lag mobile legends, berikut ulasan lengkapnya!

Penyebab mobile legends sering lag

Ada beberapa hal yang menyebabkan mobile legends yang kamu mainkan kerap alami lagi. Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Kualitas sinyal atau jaringan internet yang buruk.
  2. Penggunaan grafis tinggi padahal ponsel tak memenuhi spesifikasi yang cukup.

Cara atasi lag mobile legends

Ingin mengatasi lag dengan cepat ketika sedang bermain mobile legends? Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan:

Hidupkan mode pesawat

Sebagian orang ketika sedang beristirahat akan mengaktifkan mode pesawat. Tujuannya jelas agar segala aktivitas ponsel berhenti dan dapat tidur lebih nyenyak. Nah ternyata kamu juga bisa mengatasi lag dengan mengaktifkan mode pesawat lho. Caranya, aktifkan mode pesawat selama satu menit dan kembali nonaktifkan untuk mengetes jaringan kembali.

Perlu diketahui, cara ini cukup efektif untuk membuat kecepatan jaringan kembali naik. Pasalnya setelah mode pesawat aktif jaringan akan melakukan refresh dan membuat kecepatan internet kembali normal.

Aturlah APN

Cara atasi lag ketika main mobile legends kedua ialah dengan mengatur APN. Pasalnya APN merupakan jembatan antara kartu dengan jaringan internet kamu. Menggunakan APN yang salah tentu dapat membuat jaringan menjadi lemah dan masalah lag kerap terjadi. Nah untuk itu kamu perlu mengatur APN dengan baik. Berikut caranya:

  • Masuk ke pengaturan telepon.
  • Pilih Lainnya.
  • Klik Jaringan Seluler.
  • Pilih opsi Nama Titik Akses.
  • Aturlah APN.

Perlu diketahui, untuk menemukan setting APN yang paling tepat kamu dapat melihatnya di google. Hal itu dikarenakan setiap provider memiliki cara setting APN yang tak sama. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan provider yang digunakan.

Kunci jaringan ke 4G LTE Only

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah untuk mengunci jaringan menjadi 4G LTE Only:

  • Buka aplikasi telepon.
  • Ketik kode dial #*#*4636#*#*.
  • Tunggu tampilan layar selanjutnya.
  • Klik menu informasi telepon.
  • Pilih 4G LTE Only pada menu jenis jaringan yang disukai.

Gunakan grafik rendah saja

Menggunakan grafik rendah dapat menjadi solusi lag saat main mobile legends. Ya, cara ini terbilang cukup efektif untuk mengurangi beban kinerja jaringan internet untuk menampilkan grafik dan efek skill yang cukup banyak.

Jika ingin mengaturnya, kamu harus masuk ke dalam game mobile legends lebih dulu. Di tampilan awal, pilih menu home. Setelah itu, klik pengaturan yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, di pengaturan dasar kamu dapat mengubah kualitas grafik menjadi smooth.

Hidupkan speed mode di pengaturan jaringan

Terakhir, agar tak lag ketika bermain mobile legends, cobalah untuk menghidupkan speed mode di pengaturan jaringan kamu. Caranya:

  • Masuk ke pengaturan jaringan yang ada di ponsel kamu.
  • Selanjutnya, aktifkan speed mode tersebut.

Perlu diketahui, menghidupkan speed mode akan menjadikan jaringan lebih stabil juga lancar. Akan tetapi, data uang digunakan tentu lebih banyak lagi. Sedangkan menonaktifkan speed mode menjadikan data lebih sedikit digunakan. Sayangnya kecepatan jaringan cenderung lambat dan tidak stabil.

Nah jadi itulah beberapa cara mengatasi lag mobile legends. Dijamin bermain akan menjadi lebih menyenangkan karena bebas lah dan lancar.