hit counter

5 Cara Mengatasi Sinyal Jelek Pada Smartphone

Sinyal jelek menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu bagi pengguna smartphone. Terlebih jika kita sedang melakukan pekerjaan penting yang membutuhkan koneksi internet stabil. Nah bagi kamu yang sedang mencari cara mengatasi sinyal jelek dapat menyimak artikel ini hingga selesai untuk dapatkan jawabannya.

Penyebabnya sinyal jelek

Ada beberapa penyebab yang menjadikan sinyal pada ponsel kita menjadi jelek. Beberapa penyebabnya seperti:

  • Umur smartphone yang sudah cukup tua atau lama.
  • Lokasi yang cukup sulit menjangkau sinyal.
  • Masalah pada software atau hardware penangkap sinyal smartphone.

Jika jaringan tetap jelek padahal berada di kota yang cukup menjangkau sinyal bagus, hal itu menandakan perangkat yang sudah tak layak. Jika berada di hutan atau pelosok yang sulit menjangkau sinyal, masalahnya terdapat pada lokasinya.

Cara atasi sinyal jelek

Untuk mengatasi masalah sinyal yang tidak bagus, kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini:

Mengaktifkan dan nonaktifkan mode pesawat

Fungsi dari mode pesawat ialah untuk menonaktifkan semua aktivitas pada ponsel. Termasuk menonaktifkan sinyal pada smartphone kamu. Jadi, ketika mengaktifkan mode pesawat, otomatis sinyal akan hilang.

Kamu dapat mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa menit. Setelah itu, kembali nonaktifkan mode pesawat untuk melihat sinyal yang ada. Biasanya setelah menonaktifkannya kembali sinyal uang muncul jauh lebih baik dibandingkan sinyal sebelumnya.

Mengunci jaringan

Cara memperkuat sinyal selanjutnya ialah dengan mengunci jaringan atau memilih tipe jaringan untuk membuat sinyal lebih baik. Seperti yang kita ketahui, kita dapat mengubah jaringan meski sebelumnya sudah diatur secara default jaringan yang digunakan ialah mode otomatis.

Ya, kamu dapat mengubah jaringan menjadi mode 2G Only (GSM), 3G Only (WCDMA) atau 4G Only LTE. Nah bagi kamu yang menggunakan smartphone dengan jaringan 3G, akan lebih baik jika mengubah tipe jaringan menjadi 3G Only (WCDMA). Tujuannya ialah agar sinyal pada smartphone kamu jauh lebih kuat dibanding sebelumnya.

Hindari menggunakan mode otomatis karena jaringan dapat berubah-ubah. Pilih salah satu mode saja untuk membuat sinyal bagus dan baterai lebih hemat lagi.

Unduh aplikasi perkuat sinyal

Mengunduh aplikasi perkuat sinyal juga dapat membantu jaringan menjadi lebih baik lho. Kamu dapat menggunakan salah satu aplikasi perkuat sinyal yang gratis di play store. Misalnya saja aplikasi Sinyal Guard Pro, Network Signal Strenght, Open Sign Maps dan lainnya.

Diantaranya beberapa aplikasi di atas, aplikasi yang cukup disarankan ialah Signal Guard Pro. Hal itu dikarenakan fitur yang ada dalam aplikasi cukup lengkap dan dapat digunakan secara gratis. Bahkan aplikasi tersebut dapat mencari sinyal hilang secara otomatis.

Jangan tutupi antena ponsel

Cara atau tips atasi sinyal jelek selanjutnya ialah dengan tidak menutupi antena smartphone kamu. Untuk itu kamu perlu tahu jelas dimana letak antena smartphone tersebut. Jika menggunakan casing HP, ingat untuk tidak menutupi sinyal antena pada smartphone.

Ganti operator yang digunakan

Seperti yang kita ketahui, masalah tidak hanya dapat muncul dari ponsel saja. Melainkan dari operator yang kamu gunakan. Jika operator digunakan tidak memiliki jaringan baik di lingkungan tempat tinggal kamu, ganti saja.

Gantilah kartu kamu dengan operator yang lebih baik. Untuk menggantinya kamu perlu melakukan pengamatan lebih dulu. Ya, amati orang lain yang menggunakan operator yang berbeda dengan kamu. Jika jaringannya jauh lebih baik, ganti saja operator yang kamu gunakan.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sinyal jelek yang dapat kita ulas. Apapun masalah kamu perlu melihat dengan lebih seksama untuk mendapatkan jalan keluar terbaik.