5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android: Persaingan yang Menguntungkan

5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android – Dunia teknologi menyaksikan persaingan sengit antara iOS dan Android, dan iOS 18 terbaru Apple membuktikan bahwa mereka tidak segan-segan meminjam ide-ide terbaik dari saingan mereka. Mari kita telusuri lima fitur utama iOS 18 yang secara jelas terinspirasi oleh Android, menandai titik balik yang menarik dalam evolusi sistem operasi seluler.

Dengan mengadopsi fitur-fitur ini, Apple tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga menunjukkan kesediaannya untuk belajar dari kesuksesan orang lain. Ini adalah pengakuan implisit bahwa Android telah melakukan sesuatu dengan benar, dan itu mengarah pada ekosistem seluler yang lebih inovatif dan bermanfaat bagi semua pengguna.

Fitur Widget yang Diperbarui

iOS 18 memperkenalkan widget yang diperbarui yang meniru fungsionalitas widget Android. Widget ini lebih interaktif, dapat disesuaikan, dan informatif, memberikan pengguna akses cepat ke informasi dan fungsi penting.

Cara Menggunakan Widget yang Diperbarui

Untuk menambahkan widget ke layar beranda, cukup tekan lama pada ruang kosong dan ketuk “Tambahkan Widget”. Dari sana, Anda dapat memilih dari berbagai widget yang tersedia, termasuk Kalender, Cuaca, Jam, dan Catatan.

Manfaat dan Kekurangan

Widget yang diperbarui menawarkan beberapa manfaat, termasuk:

  • Akses cepat ke informasi dan fungsi
  • Peningkatan penyesuaian dan interaktivitas
  • Tampilan yang lebih modern dan konsisten

Namun, ada juga beberapa kekurangan:

  • Konsumsi baterai yang lebih tinggi
  • Kemungkinan kekacauan pada layar beranda
  • Tidak semua aplikasi mendukung widget

Mode Fokus yang Lebih Baik

5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android

iOS 18 memperkenalkan peningkatan pada mode Fokus yang terinspirasi oleh Android. Mode Fokus yang disempurnakan ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan notifikasi dengan lebih granular, menciptakan pengalaman yang lebih tenang dan produktif.

Pengaturan Notifikasi yang Lebih Granular

Pengguna sekarang dapat memilih aplikasi dan kontak mana yang dapat mengirimkan notifikasi selama mode Fokus tertentu. Ini memberikan kontrol yang lebih besar atas jenis gangguan yang diperbolehkan, sehingga pengguna dapat tetap fokus pada tugas yang ada.

Otomatisasi Mode Fokus

Mode Fokus juga telah ditingkatkan dengan kemampuan otomatisasi. Pengguna dapat mengatur mode Fokus tertentu untuk diaktifkan secara otomatis pada waktu atau lokasi tertentu. Misalnya, mode Fokus “Kerja” dapat diaktifkan secara otomatis saat pengguna berada di kantor.

Filter Mode Fokus

Selain pengaturan notifikasi, mode Fokus juga dilengkapi dengan filter. Filter ini memungkinkan pengguna untuk menyaring konten tertentu dari aplikasi tertentu selama mode Fokus aktif. Misalnya, filter “Sosial” dapat menyaring semua notifikasi dari aplikasi media sosial.Dengan peningkatan ini, mode Fokus di iOS 18 menjadi alat yang lebih kuat untuk mengelola gangguan dan menciptakan lingkungan yang lebih fokus.

5. Mode Selalu Aktif (Always-On Display)

5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android

iOS 18 akhirnya menghadirkan fitur Always-On Display (AOD) yang telah lama dinanti-nantikan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi penting seperti waktu, tanggal, notifikasi, dan widget langsung di layar kunci mereka, bahkan saat perangkat dalam keadaan terkunci.

Fitur AOD memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Akses cepat ke informasi penting tanpa perlu membuka kunci perangkat.
  • Menghemat waktu dan daya baterai karena tidak perlu menyalakan layar secara penuh untuk memeriksa informasi.
  • Tampilan yang estetis dan modern.

Namun, AOD juga memiliki beberapa keterbatasan:

  • Dapat menghabiskan daya baterai lebih cepat jika tidak digunakan dengan bijak.
  • Informasi yang ditampilkan terbatas dibandingkan dengan layar kunci yang tidak aktif.

Cara Menyesuaikan dan Menggunakan Fitur Always-On Display

Untuk menyesuaikan dan menggunakan fitur AOD di iOS 18, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk “Layar & Kecerahan”.
  3. Aktifkan sakelar “Selalu Aktif”.
  4. Sesuaikan opsi tampilan, seperti gaya jam, warna, dan widget yang ingin ditampilkan.

Fitur AOD dapat diaktifkan atau dinonaktifkan kapan saja melalui Pusat Kontrol atau dengan mengetuk layar saat perangkat dalam keadaan terkunci.

Perbaikan Kamera

iOS 18 menghadirkan sejumlah fitur kamera baru yang terinspirasi oleh Android, yang dirancang untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang diambil pengguna.

Dengan fitur-fitur baru ini, pengguna dapat menangkap gambar yang lebih tajam, video yang lebih stabil, dan efek pencahayaan yang lebih baik.

Mode Malam yang Ditingkatkan

Mode Malam di iOS 18 telah ditingkatkan untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah dan lebih detail dalam kondisi cahaya rendah. Algoritme baru mengurangi noise dan meningkatkan jangkauan dinamis, menghasilkan foto malam yang terlihat lebih alami dan realistis.

Video Stabilisasi Optik yang Lebih Baik, 5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android

iOS 18 memperkenalkan stabilisasi optik yang lebih baik untuk video, yang secara signifikan mengurangi guncangan kamera. Fitur ini sangat berguna saat merekam video sambil bergerak atau dalam kondisi yang goyah, menghasilkan rekaman yang lebih halus dan profesional.

Efek Pencahayaan Potret yang Baru

iOS 18 menambahkan efek pencahayaan potret baru yang terinspirasi oleh Android, memungkinkan pengguna menerapkan efek pencahayaan studio ke foto potret mereka. Efek ini memberikan tampilan yang lebih profesional dan artistik, memungkinkan pengguna untuk menyempurnakan pencahayaan dan menciptakan suasana yang diinginkan.

Fitur Deteksi Adegan yang Ditingkatkan

Fitur deteksi adegan di iOS 18 telah ditingkatkan untuk mengenali lebih banyak adegan dan objek, seperti makanan, lanskap, dan orang. Fitur ini menyesuaikan pengaturan kamera secara otomatis untuk mengoptimalkan kualitas gambar berdasarkan adegan yang terdeteksi.

Contoh Penggunaan

Untuk menggunakan fitur kamera yang disempurnakan di iOS 18, cukup buka aplikasi Kamera dan pilih mode atau efek yang diinginkan. Misalnya, untuk menggunakan Mode Malam, ketuk ikon bulan di bagian atas layar dan aktifkan mode.

Dengan fitur kamera baru ini, pengguna dapat memanfaatkan kemampuan fotografi yang lebih baik di iPhone mereka, menghasilkan foto dan video yang lebih mengesankan.

Dukungan Haptic yang Ditingkatkan: 5 Fitur IOS 18 Yang Ditiru Apple Dari Android

iOS 18 mengikuti jejak Android dengan meningkatkan umpan balik haptic pada perangkatnya. Fitur ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih imersif dan intuitif.

Dengan umpan balik haptic yang disempurnakan, pengguna dapat merasakan getaran halus yang berbeda berdasarkan tindakan mereka. Misalnya, saat menggulir daftar, mereka akan merasakan getaran lembut yang menunjukkan bahwa mereka telah mencapai bagian atas atau bawah daftar.

Penggunaan Umpan Balik Haptic yang Ditingkatkan

  • Navigasi yang Lebih Baik:Umpan balik haptic memberikan panduan yang lebih jelas saat menavigasi antarmuka, sehingga mengurangi kebutuhan akan petunjuk visual.
  • Konfirmasi Tindakan:Getaran yang berbeda dapat mengonfirmasi tindakan yang telah dilakukan, seperti mengirim pesan atau menghapus aplikasi.
  • Permainan yang Lebih Imersif:Dalam game, umpan balik haptic dapat mensimulasikan pengalaman nyata, seperti getaran saat menembakkan senjata atau menabrak objek.

Antarmuka Pengguna yang Lebih Intuitif

Ios apple samsung copied features

iOS 18 telah mengadopsi beberapa perubahan antarmuka pengguna dari Android, yang bertujuan untuk meningkatkan kegunaan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Salah satu perubahan mencolok adalah tata letak layar utama yang baru, yang menyerupai Android dengan ikon aplikasi yang lebih besar dan jarak yang lebih luas di antara mereka. Tata letak ini membuat navigasi lebih mudah dan mengurangi kekacauan.

Pengelompokan Aplikasi

iOS 18 kini menawarkan fitur pengelompokan aplikasi, mirip dengan “folder” di Android. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan aplikasi terkait bersama-sama untuk akses yang lebih mudah dan organisasi yang lebih baik.

Gerakan Geser

iOS 18 telah mengadopsi gerakan geser Android, seperti menggeser ke atas untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan dan menggeser ke samping untuk beralih aplikasi. Gerakan ini menyediakan cara yang lebih intuitif dan efisien untuk menavigasi sistem operasi.

Tampilan Panel Notifikasi

Tampilan panel notifikasi iOS 18 telah didesain ulang agar lebih mirip dengan Android. Sekarang menampilkan pemberitahuan dalam bentuk kartu yang lebih mudah dibaca dan dikelola.

Personalisasi Widget

iOS 18 memperkenalkan kemampuan untuk mempersonalisasi widget, yang terinspirasi oleh widget Android. Pengguna sekarang dapat menyesuaikan ukuran, warna, dan tampilan widget untuk menyesuaikan layar utama mereka.

Penutup

Pertukaran ide antara iOS dan Android telah mengarah pada peningkatan yang signifikan dalam pengalaman pengguna seluler. Ketika Apple dan Google terus bersaing untuk mendapatkan keunggulan, kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak inovasi dan fitur yang bermanfaat di masa depan.

Pengguna pada akhirnya yang akan diuntungkan dari persaingan yang sehat ini, karena mereka akan mendapatkan perangkat dan layanan yang lebih baik.

FAQ Umum

Apakah fitur-fitur yang ditiru ini hanya tersedia di iOS 18?

Tidak, beberapa fitur telah ada di Android untuk beberapa waktu.

Apakah iOS 18 masih merupakan sistem operasi yang unik?

Ya, meskipun ada fitur yang terinspirasi oleh Android, iOS 18 mempertahankan identitasnya sendiri.

Apakah fitur-fitur baru ini akan meningkatkan masa pakai baterai?

Dampak pada masa pakai baterai bervariasi tergantung pada fitur yang digunakan.

Leave a Comment