7 Cara Mengoptimalkan PC Anda untuk Gaming


Gadgetdiva.id — Agar nyaman bermain game, Anda memerlukan PC untuk memainkan game yang mumpuni. Karena bermain game itu menyenangkan dan menghibur. Selain itu, hal ini dilakukan dengan menggunakan PC dengan sistem operasi Windows. Dengan layar komputer yang lebih besar, pengalaman bermain game akan lebih terasa, terutama game dengan kualitas grafis yang memukau.

Oleh karena itu, sebuah PC untuk bermain game harus dilengkapi dengan segudang kemampuan yang handal agar pengalaman bermain game tidak menemui kendala. Game berat pasti membutuhkan spek PC yang mumpuni untuk bisa menjalankan game seperti ini.

Berikut akan kami uraikan secara singkat dan padat 7 (tujuh) cara mengoptimalkan PC untuk gaming sebagai berikut:

Lengkapi PC Anda untuk bermain game dengan prosesor dan kartu grafis

pc untuk bermain game
Foto 6 9 di Unsplash

Salah satu hal utama yang harus dimiliki PC untuk bermain game adalah prosesor dan kartu grafis yang andal. Hal ini sangat vital karena CPU ibarat otak dari semua aktivitas PC yang akan menentukan performa dari game yang sedang Anda mainkan sedangkan Graphics card merupakan kartu tambahan yang berguna untuk memunculkan tampilan di layar PC Anda. .

Kedua perangkat keras yang kompatibel harus menjadi milik para pemain. Untuk prosesor, Anda bisa menggunakan produk Intel atau AMD. Jika perlu, sebaiknya gunakan prosesor Intel atau AMD terbaru, karena diyakini performanya akan lebih baik dari generasi sebelumnya. Soal kartu grafis, Anda bisa menggunakan GPU Nvidia dengan kapasitas minimal 8 GB.

nonaktifkan notifikasi

Memasukkan sejumlah notifikasi baik itu pesan Whatsapp, E-mail, Skype akan cukup mengganggu konsentrasi Anda saat bermain. Namun yang lebih penting, notifikasi seperti ini justru bisa memperlambat kinerja PC. Pengalaman bermain game Anda akan sedikit terganggu. Oleh karena itu, harap matikan notifikasi terlebih dahulu dan segera lanjutkan bermain game.

Perkuat jaringan Internet Anda

Saat bermain game online tentunya membutuhkan kecepatan internet yang dapat mendukung kelancaran bermain game Anda, jadi jika Anda mengandalkan WiFi di rumah, pastikan hanya satu perangkat PC untuk bermain game yang terhubung dengan Wi-Fi Anda. dilakukan untuk tujuan membatasi pengguna yang terhubung ke Wifi dari pengaturan router di 192.168.1.1. Beberapa router seperti Indihome menggunakan alamat IP 192.168.100.1. Sehingga Anda dapat menikmati kecepatan Internet maksimum yang akan membantu game online Anda berjalan dengan lancar.

Nonaktifkan Sticky Keys terlebih dahulu

Biasanya, Anda akan menggunakan keyboard PC untuk menavigasi game.Nah, saat bermain game, Anda secara tidak sengaja menekan sejumlah tombol di keyboard, yang setidaknya dapat menghambat kinerja PC dan kelancaran game Anda. Oleh karena itu, harap nonaktifkan Sticky Keys pada keyboard PC Anda di bagian Pengaturan Windows terlebih dahulu.

Harap aktifkan opsi daya

Masalah daya juga sangat penting agar game Anda berjalan dengan lancar, terutama saat menggunakan laptop. Oleh karena itu, ingatlah untuk mengaktifkan opsi daya untuk mendapatkan watt tertinggi yang akan membuat layar komputer Anda selalu cerah sepanjang permainan Anda.

Harap tutup program yang tidak perlu

Untuk mengoptimalkan PC Anda saat bermain game, Anda harus menutup program lain yang terbuka terlebih dahulu. Tidak apa-apa, semakin banyak program yang Anda buka, semakin akan menghambat kinerja PC Anda saat bermain game. Untuk ini, Anda dapat menekan fungsi Ctrl + Alt + Del dan pilih Task Manager yang kemudian diikuti dengan klik kanan untuk menutup program yang tidak diperlukan selama permainan Anda.

Ubah kemampuan grafis

Salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja PC Anda untuk bermain game adalah dengan sedikit mengubah kemampuan grafisnya. Hal ini dikarenakan grafis diperlukan untuk mendapatkan tampilan gambar yang sempurna di layar PC, namun dapat menghambat kinerja dari PC itu sendiri. Untuk ini, Anda dapat mengubah pengaturan grafis secara manual agar resolusi yang ditampilkan lebih kecil. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kinerja PC Anda bisa lebih optimal.

Tinggalkan komentar