7 Fungsi Oli, Selain Hanya Sebagai Pelumas

Apakah kalian beranggapan bahwa oli mesin hanya berfungsi sebagai pelumas saja?  Oh, tentu saja tidak, masih banyak fungsi lain selain sebagai pelumas, apa saja fungsi oli mesin,akan saya ulas kali ini :

  1. Oli berfungsi untuk mengurangi gesekan
    Jika dua permukaan engine/mesin yang saling menempel bergerak, maka akan menimbulkan gaya gesekan pada permukaan itu. Minyak pelumas akan menciptakan oil film atau  lapisan oli di antara permukaan yang saling bergesekan sehingga mencegah kontak langsung antar komponen, dengan demikian akan mengurangi keausan dan kehilangan tenaga akibat gesekan itu.
  2. Oli berfungsi sebagai pendingin
    Panas yang timbul akibat terjadinya gesekan maupun akibat panas pembakaran. Bila panas ini tidak diserap maka keausan komponen mesin akan semakin cepat. Oli akan mendinginkan komponen-komponen mesin dengan cara bersirkulasi melalui komponen – komponen tersebut dan menyerap panas untuk dikeluarkan dari mesin.
  3. Oli berfungsi sebagai Penyekat/perapat
    Antara piston dan silinder diperlukan sifat kedap udara, sehingga kebocoran antara ruangan diatas piston dan dibawah piston dapat dicegah, walaupun sudah ada ring piston kekedapan ini tidak dapat dijamin. maka juga berfungsi sebagai penyekat sehingga kehilangan tenaga akibat kebocoran kompresi melalui celah piston dan silinder dapat dikurangi.
  4. Oli berfungsi untuk mencegah korosi/karat
    Pelumasan menciptakan oli film yang menghindarkan permukaan logam tidak terkena udara dan air secara langsung, sehingga tidak terjadi korosi.
  5. Oli berfungsi sebagai pembersih
    Oli yang bersirkulasi membersihkan saluran-saluran agar tidak tersumbat oleh kotoran atau butiran logam (debu metalik/gram).
  6. Oli berfungsi untuk meredam kejutan/getaran
    Pada bagian-bagian mesin yang mengalami gaya tekan yang besar seperti pada ball bearing, roller bearing dan roda gigi, tekanan yang sangat tinggi terjadi pada permukaan kontak, yang akan mengakibatkan keausan dan kerusakan. Dalam hal ini oli menyebarkan tekanan dan menyerap getarannya.
  7. Oli berfungsi sebagai media pemindah tenaga
    untuk memindahkan tenaga dari komponen-komponen mesin atau engine yang satu ke yang lainnya dibutuhkan oli sebagai medianya

oke,semoga postingan ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.