9 fakta unik tentang suhu tubuh (bagian 2)

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah “suhu tubuh”? Mungkin Anda hanya membayangkan bahwa suhu panas = sakit, suhu dingin = hipotermia. Tapi sebenarnya, ada banyak informasi penting terkait suhu tubuh yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui fakta unik tentang suhu tubuh, Anda bisa mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhinya dan apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya. Simak ulasan fakta unik tubuh berikut ini, ya! Pst, Anda dapat melihat bagian pertama di sini.

1. Saat sakit, demam seringkali merupakan hal yang baik

9 fakta unik tentang suhu tubuh (bagian 2)
Foto: pexels.com

Demam adalah cara tubuh Anda melawan kuman. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Leukocyte Biology menemukan bahwa peningkatan suhu tubuh membantu sistem kekebalan tubuh kita bekerja lebih efisien.

“Demam bisa membuat tidak nyaman, tetapi laporan penelitian ini dan beberapa laporan lainnya menunjukkan bahwa demam adalah bagian dari respon imun yang efektif,” kata John Wherry, PhD, editor asosiasi jurnal tersebut, dalam siaran pers.

“Kami sebelumnya berpikir bahwa mikroba yang menginfeksi kita tidak dapat bereplikasi dengan baik ketika kita demam, tetapi studi baru ini juga menunjukkan bahwa sistem kekebalan dapat ditingkatkan secara fungsional untuk sementara ketika suhu kita naik karena demam. Sementara suhu tubuh sangat tinggi berbahaya dan harus dikendalikan, penelitian ini menunjukkan bahwa kita mungkin perlu mempertimbangkan kembali bagaimana dan kapan kita mengobati sebagian besar demam ringan.”

2. Berbohong bisa menghangatkan hidung

9 fakta unik tentang suhu tubuh (bagian 2)
Foto: pexels.com

Mungkin itu yang disebut efek Pinokio. Para peneliti di Universitas Granada telah menggunakan pencitraan termal untuk menemukan bahwa kecemasan yang disebabkan oleh berbohong menyebabkan hidung dan area di dekat mata memanas.

3. Suhu tubuh dapat mempengaruhi berat badan

9 fakta unik tentang suhu tubuh (bagian 2)
Foto: pexels.com

Sekelompok peneliti Italia dan Amerika menerbitkan sebuah penelitian tahun lalu di jurnal kronobiologi yang menyoroti beberapa temuan baru yang menarik tentang mengapa beberapa orang mungkin rentan terhadap obesitas.

Para peneliti menemukan bahwa obesitas dikaitkan dengan penurunan suhu tubuh inti yang signifikan di siang hari.

“Kemampuan orang gemuk yang berkurang untuk membuang energi karena panas dibandingkan dengan orang kurus dapat menyebabkan kenaikan berat badan jangka panjang – sekitar 2 kilogram – per tahun, tergantung pada gaya hidup,” menurut editor ulasan Francesco Portaluppi di Science Daily.

Penulis penelitian menyebut penurunan suhu tubuh inti ini sebagai “cacat biologis” yang dapat membuat orang gemuk. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, temuan ini dapat membuka jalan baru untuk pengobatan obesitas.

4. Suhu tubuh dapat mempengaruhi tidur Anda

9 fakta unik tentang suhu tubuh (bagian 2)
Foto: pexels.com

Tepat sebelum kita tertidur, tubuh kita mulai kehilangan panas ke lingkungan – penurunan sekitar 1-2 derajat – dan perubahan suhu ini sebenarnya dapat membantu kita tertidur dan tetap tertidur, menurut laporan dari Divisi Obat Tidur. di Sekolah Kedokteran Harvard. Inilah sebabnya mengapa mandi air panas atau mandi sebelum tidur adalah obat yang sering direkomendasikan untuk insomnia. Penurunan suhu yang kita rasakan setelah keluar dari kamar mandi dapat membantu memberi sinyal pada otak kita bahwa sudah waktunya untuk tidur. Mengatur suhu kamar pada 16° Celcius juga merupakan bagian dari kebiasaan orang yang tidur nyenyak.

5. Alkohol tidak menghangatkan

9 fakta unik tentang suhu tubuh (bagian 2)
Foto: pexels.com

Berpikir dua kali sebelum mengangkut minuman beralkohol ke tempat yang dingin. Reaksi utama pertama tubuh terhadap dingin adalah menyempitkan pembuluh darah untuk menghemat panas tubuh. Namun, alkohol memiliki efek sebaliknya: menyebabkan pembuluh darah perifer melebar, mengirimkan panas ke lingkungan, menurut Robert Kenefick, PhD, seorang ahli fisiologi penelitian di US Army Research Institute of Environmental Medicine.

Jadi apa perasaan panas yang mungkin Anda rasakan setelah minum alkohol? Ini adalah rasa aman yang salah dalam cuaca dingin. Alkohol sebenarnya menyebabkan suhu inti Anda turun, yang berpotensi menyebabkan hipotermia dalam kasus-kasus ekstrem.

Ini dia fakta suhu tubuh yang perlu kamu ketahui agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan tubuhmu saat terkena dingin atau panas, ladies. Semoga bermanfaat ya, ladies!

Sumber: thehealthy.com

Tinggalkan komentar