Apa saja Syarat dan Cara Mengurus E-KTP Yang Hilang

Namanya musibah siapa yang tahu, gak kenal waktu,tempat dan kapan aja, apalagi musibah kehilangan e-ktp yang merupakan kartu identitas diri menandakan bahwa kita adalah penduduk resmi Indonesia, karena kegunaan e-ktp dimasa yang akan datang sangat penting sekali.

Kegunaan E-KTP sangatlah penting soalnya sebagai dasar untuk mengurus berbagai macam keperluan seperti kepemilikan SIM, STNK, BPKB, Surat Tanah, Passpor, Buku Tabungan dan ATM, Masuk Stasiun, dan dokumen penting lainnya.

Bagi temen-temen yang dapet musibah kehilangan E-KTP saya akan menjelaskan gimana Syarat dan Cara Mengurus E-KTP Yang Hilang atau mungkin karena dicuri sak dompet-dompetnya.Kalau temen-temen mengalami musibah seperti ini, biasanya disertai dengan kehilangan dokumen penting lainnya, jangan panik. Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian urus.

Cepat Lapor Pada Pak Polisi

Menurut pengalaman saya ketika kita kehilangan e-ktp, sim dan dokumen penting lainnya harus segera lapor pada pak polisi agar segera diproses  dan diberi surat keterangan kehilangan dokumen sebagai syarat untuk mengurus pembuatan e-ktp lagi. Dan juga perlu diinget kita melapor pada pak polisi di wilayah kita kehilangan barang atau dokumen penting itu. Biasanya kalau beda wilayah kehilangannya pak polisi gak mau.

Berikut Syarat dan Cara Mengurus E-KTP Yang Hilang

Sebelum melakukan pengurusan surat kehilangan dikepolisian terdekat, Biasanya temen-temen diminta surat pengantar dari RT dan Kelurahan terlebih dahulu. Jangan lupa juga siapkan Fotokopi e-KTP yang hilang, Fotokopi KK dan kalau ada pass foto anda. Setelah surat pengantar kehilangan dari Kelurahan siap, segera berikan ke Polsek.

Kalau ternyata di polsek tidak meminta, maka setelah dapat surat kehilangan dokumen itu temen-temen bisa langsung mengurus surat permohonan pembuatan E-KTP di Kelurahan dengan menyertakan surat pengantar dari RT, Fotokopi E-KTP, Fotokopi KK.

Setelah mendapatkan surat permohonan pembuatan E-KTP di kelurahan, langkah selanjutnya menuju kantor kecamatan. Silakan serahkan berkas yang didapat dari Kelurahan tadi. Pihak kecamatan akan melakukan pengecekan dan validasi data kalian.

Langkah, Syarat dan Cara Mengurus E-KTP Yang Hilang di Dinas terkait kependudukan adalah :
1. Mengisi Formulir Permohonan KTP-el (E-KTP)
2. Siapkan Fotocopy KK beberapa lembar.
3. Pilihlah salah satu sesuai keperluannya:

  • Tanda bukti perekaman E-KTP
  • Surat Kehilangan E-KTP dari Kepolisian
  • E-KTP yang rusak (bila mengurus baru karena rusak)
  • KTP manual / Surat Ket. e. Keberadaan KTP manual (bila pindah KTP lama ke E-KTP)
  • Fotocopy Surat Ket. Pindah (SKPWNI) (Jika Pindah).

Setelah itu tinggal menunggu pembuatan E-KTP yang baru, perlu beberapa hari bahkan minggu. Dan yang terpenting harus segera diurus terutama e-ktp karena setelah itu akan memudahkan pembuatan sim dan dokumen penting lainnya.

Itu saja proses yang harus kalaian kerjakan ketika kehilangan E-KTP dan cara pengurusannya cukup sederhana, semoga praktek dilapangan oleh petugas setempat juga diberi kemudahan dan kelancaran. Demikianlah bagaimana Syarat dan Cara Mengurus E-KTP Yang Hilang buat temen-temen semua.

Silahkan dishare dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *