Apakah aman ponsel Xiaomi ditinggal charging di malam hari?

Apakah aman ponsel Xiaomi ditinggal charging di malam hari?

Gogandul.com ♠ Apakah aman ponsel Xiaomi ditinggal charging di malam hari? Pertanyaan semacam itu cukup banyak baik itu di forum ataupun di grup-grup xiaomi, Dari pertanyaan tersebut, ada 2 jenis jawaban, yaitu yang pertama, dianggap aman dan tidak perlu mengkhawatirkan karena semua ponsel Android saat ini termasuk smartphone Xiaomi, sudah dilengkapi dengan pemutus listrik otomatis ketika proses pengisian baterai dianggap selesai.

Sementara untuk jawaban yang kedua tidak merekomendasikan pengisian daya untuk waktu yang lama, apalagi sampai ditinggal tidur, karena dapat menyebabkan baterai ponsel Xiaomi membengkak atau kembung, akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain, Bahkan bisa terjadinya mbleduk atau kebakaran. Apakah memang seperti itu? Terus manakah yang benar jawaban yang pertama atau yang kedua?

Oke, sebelum jawaban mana yang lebih tepat, mimin akan membagikan sedikit pengalaman terlebih dahulu mengenai kebiasaan pengisian baterai. Saya menggunaan smartphone Xiaomi  Redmi 5A saya selalu mengisi daya ketika tidur di malam hari, kemudian di pagi hari baterai ponsel Xiaomi terisi penuh . Selama kebiasaan ini, mimin tidak melihat gejala atau tanda-tanda buruk pada ponsel terutama pada baterai.

Tidak ada tanda sedikit pun bahwa baterai menjadi kembung, tapi dengan satu catatan, untuk pengisi daya yang digunakan adalah pengisi daya atau charger yang asli. Untuk pemakaian batere smartphone lebih dari satu tahun biasanya sudah mulai boros dan batere gampang panas, Menurut mimin itu wajar saja karena periode penggunaan batere lama kelamaan juga pasti ada masanya.

Berdasarkan dua jawaban di atas ditambah pengalaman mimin, kesimpulannya bahwa pengisian daya pada smartphone Xiaomi walaupun ditinggal charging di malam hari tetap aman, asalkan charger atau pengisi daya yang digunakan adalah original atau asli, tidak asal beli di konter-konter HP harga 40 rb an. Kesimpulan ini juga didukung oleh beberapa pernyataan dari forum anggota Miui:

Xiaomi’s battery has it. It will stop from receiving charge when its full. All modern batteries of smartphones support it nowadays. (romar31)

Baterai Xiaomi  Ini akan berhenti menerima muatan saat penuh. Semua baterai smartphone modern mendukungnya saat ini.

ada juga tanya jawab di forum  Miui

Question: Is it safe to leave our phone charging all night?
Answer: Yes. Your phone monitors the charging process and makes sure the battery is never over-charged.
Question: So do I need to spend money on high-quality chargers?
Answer: Kind of. Especially with chargers, do not buy the cheapest, as they can damage the phone or they can catch fire. (ultim)

Pertanyaan: Apakah aman untuk membiarkan ponsel kami terisi daya sepanjang malam?

Jawab: Ya. Ponsel Anda memantau proses pengisian dan memastikan baterai tidak pernah diisi berlebih.

Pertanyaan: Jadi, apakah saya perlu mengeluarkan uang untuk pengisi daya berkualitas tinggi?

Jawaban: iya harus. Terutama dengan charger, jangan membeli yang termurah, karena dapat merusak ponsel atau terbakar. (ultim)

semua teknologi baterai pada smartphone Xiaomi dilengkapi dengan fitur Auto Cut, sehingga ketika proses pengisian baterai sudah penuh maka arus listrik dari charger ke smartphone Xiaomi akan terhenti. Tetapi fitur potong otomatis ini akan aktif jika Anda menggunakan pengisi daya asli atau original. Jadi pastikan pengisi daya yang Anda miliki adalah Xiaomi Ori.

Semoga artikel ini menjawab kecemasan Anda tentang  Apakah aman ponsel Xiaomi ditinggal charging di malam hari? Semoga bermanfaat.

 

Gambar Gravatar
Blogger Pemula yang suka main PES 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *