Aplikasi Fita Spill Cara menghitung kalori untuk menambah berat badan

aplikasi fita

Gadgetdiva.id — Aplikasi Fita mengungkapkan cara menghitung kalori untuk menambah berat badan. Tidak sepopuler diet penurunan berat badan, program penambahan berat badan jarang dibahas.

Ada banyak hal yang beredar tentang cara menambah berat badan yang tidak akurat. Benarkah untuk menambah berat badan, Anda hanya perlu makan sebanyak mungkin tanpa memeriksa asupan nutrisi atau berolahraga? Aplikasi Fita mencoba mengajari kita semua dengan formula yang tidak sulit.

Ternyata, ada fakta menarik yang idealnya bisa membuat kita bertambah gemuk. Caranya adalah dengan menghitung asupan kalori dalam tubuh. Tubuh kita membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Dalam prosesnya, tubuh akan membakar kalori dengan jumlah yang berbeda-beda untuk setiap individu.

Jumlah kalori yang dibakar tubuh setiap hari untuk melakukan berbagai aktivitas disebut TDEE atau Total Energy Daily Expenditure. TDEE sendiri berbeda dengan Basal Metabolic Rate atau BMR yang hanya menghitung jumlah minimal kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsi dasar. TDEE lebih besar jumlahnya karena memperhitungkan aktivitas fisik tambahan, seperti olahraga atau kerja fisik.

Jadi bagaimana Anda menghitung TDEE? Berikut caranya dari aplikasi Fita

Sebelum menghitung TDEE terlebih dahulu perlu dilakukan perhitungan nilai BMR menggunakan rumus Harris-Benedict.

Untuk anak laki-laki: 66,5 + (13,7 x berat) + (5 x tinggi) – (6,8 x usia)
Untuk wanita: 655,1 + (9,6 x berat) + (1,8 x tinggi) – (4,7 x usia)

Setelah itu, nilai BMR dapat dikalikan dengan tingkat aktivitas fisik Anda untuk mendapatkan TDEE.
Sangat sedikit aktivitas fisik: 1,2
Aktivitas fisik yang jarang (olahraga ringan 1-3 kali per minggu): 1,375
Aktivitas fisik cukup sering (olahraga sedang 3-5 kali per minggu): 1,55
Aktivitas fisik yang sering (Olahraga intens 6 hingga 7 kali per minggu): 1.725
Aktivitas fisik yang sangat sering (Olahraga harian yang berat): 1,9

Misalnya, jika BMR Anda 1815 dan Anda bekerja di kantor dengan aktivitas fisik minimal, nilai TDEE Anda adalah 1815 x 1,2 = 2178 kalori per hari.

Bagaimana jika Anda ingin menambah berat badan?

Nilai TDEE yang dihitung berdasarkan rumus di atas tidak termasuk kelebihan kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan. Menambahkan kalori untuk penambahan berat badan biasanya berkisar antara 300 hingga 800 kalori per hari.

Untungnya, Anda tidak perlu khawatir menghitung kebutuhan kalori harian Anda secara manual. Di aplikasi Fita, Anda dapat melihat kebutuhan kalori Anda di halaman utama. Bagaimana cara membacanya?

Target Kalori: Jumlah kalori yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi dasar yang disesuaikan dengan surplus kalori target Anda.
Asupan: Kalori dari asupan makanan sehari-hari.
Aktivitas: Kalori yang terbakar selama latihan.
Kalori yang Tersedia: Kalori yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Nilainya akan berkurang atau bertambah tergantung seberapa banyak asupan atau olahraga yang Anda lakukan.

Idealnya, kalori yang tersedia tidak boleh negatif, karena itu berarti Anda makan lebih banyak dari target kalori harian Anda dan kurang berolahraga. Jika ada lebih dari 100 kalori yang tersedia, Anda perlu menambah asupan untuk memenuhi kebutuhan energi harian Anda.

Tinggalkan komentar