hit counter

Beda Mirrorless Vs DSLR, Wajib Diketahui!

Munculnya kamera mirrorless membuat fotografer dan vlogger bingung. Jika dulu kamera bagus hanya DSLR, sekarang ditambah dengan mirrorless. Jadi, ketika ada pertanyaan mirrorless Vs DSLR, mending beli yang mana?

Tidak perlu bingung, karena di bawah ini akan dijelaskan perbedaan dari kamera mirrorless dan DSLR. Ulasan di bawah ini bisa dijadikan referensi ketika bingung apakah ingin membeli kamera mirrorless atau justru kamera DSLR.

Beda Mirrorless Vs DSLR, Apa Saja?

  1. Ukuran dan Berat

Dibandingkan dengan kamera DSLR, kamera mirrorless memiliki body yang jauh lebih kecil. Memang, sekali lihat, kamera DSLR memiliki body yang gempal, apalagi jika ditambah dengan lensa panjang.

Ukuran kamera mirrorless yang minimalis adalah salah satu dari daya tariknya. Dengan ukuran yang kecil, kamera mirroless lebih handy dan mudah dibawa kemana-mana  daripada kamera DSLR.

Namun, terkadang kamera mirrorless juga bisa menjadi besar. Terutama jika pengguna suka bongkar pasang lensa dan memasang lensa dengan focal length yang panjang.

  1. Lensa

Kamera DSLR memiliki opsi lensa yang lebih banyak, selain dari brand bawaan, ada juga third party yang memproduksi lensa DSLR. Contohnya saja Sigma, Tamron dan lain sebagainya.

Karena baru keluar 10 tahun yang lalu, tentu pilihan lensa khusus untuk kamera mirrorless lebih sedikit dibandingkan dengan DSLR.

Namun, karena kamera mirrorless semakin hits, bukan tidak mungkin pilihan lensanya bertambah banyak di masa depan.

  1. Viewfinder

Hampir semua kamera DSLR dilengkapi dengan optical viewfinder. Berbeda dengan kamera mirrorless, yang kebanyakan tidak menyertakan viewfinder.

Biasanya kamera mirroless yang menyertakan viewfinder adalah yang berharga mahal, itu pun jenis electronic viewfinder.

Jadi bisa pilih, apakah ingin menggunakan electronic viewfinder atau optical viewfinder. Electronic viewfinder memang menampilkan informasi yang banyak, namun optical viewfinder lebih apa adanya.

  1. Autofocus

Beberapa tahun yang lalu, autofocus pada DSLR lebih unggul dibandingkan dengan mirrorless. Tapi sekarang beda cerita, mengingat kamera mirrorless yang semakin berkembang.

Intinya, kamera DSLR memiliki autofocus yang lebih baik, yaitu dalam hal tracking subjek. Namun berbeda ketika live view, yang mana kurang akurat.

Berbeda dengan kamera mirrorless, yang lebih akurat saat live view. Beberapa seri terbaru dari mirrorless juga sudah baik autofocus-nya, entah saat live view atau tracking objek.

  1. Video

Kamera DSLR adalah kamera pertama yang menawarkan resolusi HD dan Full HD. Tidak heran, dulu banyak videografer profesional menggunakan kamera DSLR.

Sayangnya, pamor kamera DSLR hampir dikalahkan oleh kamera mirrorless. Sekarang, sudah banyak kamera mirrorless yang menawarkan kualitas rekaman hingga 4K UHD.

Memang, resolusi video 4K sudah menjadi standar kamera mirrorless terbaru. Tidak heran banyak vlogger yang lebih pilih menggunakannya.

  1. Fitur

Tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara kamera DSLR dan mirrorless soal fitur. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan bermanfaat.

Seperti eksposur, kecepatan fokus, format foto dan lain sebagainya. Bedanya hanya di viewfinder, yang mana dimiliki oleh hampir semua kamera DLSR, sedangkan kamera mirroless murah tidak memilikinya.

  1. Kualitas Gambar

Kamera DLSR menggunakan teknologi terbaru dan terbaik, entah untuk sensor APS-C maupun Full Frame. Berbeda dengan kamera mirrorless, masih ada yang menggunakan format yang lebih rendah.

Jadi, resolusi gambar hasil dari jepretan kamera DSLR lebih besar dibandingkan dengan mirrorless. Namun ingat, kualitas gambar tidak melulu soal megapixel saja ya.

Ulasan mirrorless Vs DSLR di atas bisa dijadikan referensi terpercaya ketika bingung ingin membeli kamera mirrorless atau DSLR. Semua jenis kamera ada kelebihan dan kekurangan, sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.