Bekerjasama dengan Huawei, XL Axiata Perluas Kapasitas Jaringan

XL Axiata
Foto: dok. XL Axiata

Gadgetdiva.id — XL Axiata dan Huawei mengumumkan kerja sama untuk memperluas kapasitas jaringan. Untuk mempertahankan standar layanan yang tinggi dan pengalaman pengguna yang lancar.

Menurut laporan, trafik data jaringan PT XL Axiata meledak. Oleh karena itu, lonjakan tersebut harus diimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai untuk mempertahankan layanan yang tinggi dan pengalaman yang mulus bagi pengguna.

Untuk meningkatkan kapasitas jaringan, XL Axiata menggandeng Huawei dalam implementasi teknologi baru. Yang disebut FDD Cerdas 8T8R.

Hasil pengujian yang dilakukan juga menunjukkan peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan hingga 2,9x. Penerapan teknologi ini juga mengimplementasikan green information and communication technology (ICT).

XL Axiata
Foto: dok. XL Axiata

Kolaborasi antara Huawei dan XL Axiata

Menurut CTO dan CTO XL Axiata, I Gede Darmayusa, kerjasama antara Huawei dan XL ini perlu dijajaki. Dengan demikian, mereka dapat menerapkan lebih banyak terobosan teknologi untuk membangun jaringan berkualitas tinggi.

“Teknologi FDD Smart 8T8R ini, selain meningkatkan efisiensi spektrum untuk mencapai peningkatan throughput pengguna hingga 2,0x dibandingkan dengan teknologi 4T4R, juga dapat membantu mengurangi konsumsi daya hingga 26% dan meningkatkan efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi jaringan. beban operasional,” kata I Gede, dalam keterangan resminya kemarin.

Sementara itu, Account Manager XL Huawei Indonesia Weiwei mengatakan senang bekerja sama dengan XL Axiata dalam membangun jaringan FDD Smart 8T8R.

Huawei berkomitmen untuk dapat mendukung pembangunan jaringan mutakhir yang memenuhi persyaratan pengembangan di masa depan. Kami akan terus memberikan solusi inovatif untuk mendukung transformasi XL Axiata menjadi operator konvergensi, termasuk mendukung pengembangan broadband nasional di Indonesia,” tambah Weiwei.

XL Axiata
Foto: XL Axiata

XL Axiata telah mengimplementasikan sendiri jaringan FDD Smart 8T8T di lebih dari 700 BTS 4G di Indonesia. Penerapan teknologi ini akan dilakukan dengan fokus pada daerah dengan lalu lintas data dan layanan Internet yang tinggi.

Misalnya di daerah padat penduduk, mulai dari perkantoran, tempat wisata hingga pusat perbelanjaan. Termasuk menjaga kualitas pelayanan di pusat-pusat pelayanan transportasi seperti bandara, pelabuhan dan terminal, atau juga di lokasi acara-acara besar yang cenderung mengarah pada puncak lalu lintas.

Hingga akhir semester tahun 2022, trafik data XL Axiata meningkat 30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pasca pandemi COVID-19, termasuk izin bepergian. Saat ini, jaringan XL Axiata telah tersebar di seluruh Indonesia.

Kini XL Axiata memiliki total 144.000 BTS. Diantaranya adalah lebih dari 88.000 BTS 4G dan jaringan serat optik lebih dari 130.000 kilometer. Yang mampu menopang kekuatan jaringan XL Axiata untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah Indonesia dengan penetrasi 4G sekitar 90,9%.

Lihat berita teknologi, ulasan gadget, dan video Gadgetdiva.id di Google News

Leave a Comment