Biaya Perpanjangan SIM di Kota Metro

Gogandul.com ♠ SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah salah satu yang penting dan wajib dimiliki, apalagi oleh para para pengguna kendaraan bermotor, ini harus punya dan harus dibawa ketika membawa kendaraan bermotor,kalau nggak mau kena tilang karena pelanggaran yah.

Saya akan sedikit berbagi pengalaman mudahnya memperpanjang SIM di kota metro khususnya dan umumnya seluruh indonesia semua aturan dan systemnya sama.

Berhubung pada tanggal 24 Februari besok ini SIM saya masa berlakunya habis, maka saya langsung saja datang ke tempat perpanjangan SIM di SATPAS kota Metro.

Adapun tempatnya yaitu di GEDUNG LAYANAN TERPADU POLRES yang beralamat di Jl. Raden Intan, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111.

Kalau dari arah POLRES Metro nanti temen-temen pada lampu merah POLRES ambil jalan kekanan, adapun tempatnya gak jauh dari POLRES sebelah kanan jalan.

Sebelum masuk ke kantor sebaiknya semua persyaratan untuk memperpanjang SIM di persiapkan terlebih dahulu, adapaun syarat-syaratnya adalah :

  1. KTP Asli
  2. SIM Asli yang masih berlaku/ aktif
  3. Membawa Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter
  4. Membawa Surat Lulus test Psikologi
  5. Fotocopy KTP dan Fotokopy SIM masing-masing 2 lembar.

Untuk poin nomer 3 dan 4 temen-temen bisa mengurusnya di belakang Percetakan atau Potocopy Pelangi ( samping POLRES atau tepat di lampu merah Polres), disitu kalian akan test kesehatan, meliputi test buta warna dan test jarak pandang.

Tinggi badan dan berat badan juga sekalian di cek disana, adapun untuk surat psikologi, setelah test kesehatan selesai nanti teman-teman akan melakukan test psikologi melalui komputer.

Pertanyaannya gampang-gampang kok, gausah khawatir nggak lulus, soalnya pertanyaannya meliputi kehidupan sehari-hari dalam berkendara dan tentang perasaan terhadap orang lain ketika berkendara.

Oh ya, adapun biaya pembuatan surat keterangan dari dokter dan Surat Lulus test Psikologi yaitu Rp 120.000,-

Setelah semua persyaratannya lengkap barulah kalian masuk pada kantor SATPAS untuk memperpanjang SIM.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Setelah membawa persayaratan yang lengkap, kalian akan mendapatkan nomer antrian dan mendapatkan formulir permohonan Perpanjangan SIM
  • Isilah formulir tersebut dengan data diri sesuai KTP yang lengkap dan benar.
  • Setelah semua kolom terisi, kalian tinggal melampirkan berkas-berkas yang telah disiapkan
  • Selanjutnya tinggal diberikan kepada petugas, dan sekalian memberikan biaya pembuatan SIM nya. Kalian tinggal menunggu dan nanti akan dipanggil.
  • Setelah dipanggil oleh petugas maka akan dilakukan penyamaan data diri dengan data yang kita isi pada formulir perpanjangan SIM.
  • Apabila semua data telah sesuai, maka selanjutnya kalian akan diperintah untuk melakukan pemindaian sidik jari sebanyak 3 kali serta memberikan tanda tangan, tanda tangan ini yang nanti akan ada di kartu SIM kalian.
  • Selanjutnya kita hanya perlu menunggu SIM selesai. Kurang lebih saya menunggu 15 menitan dan SIM sudah jadi.

Oh iya adapun biaya perpanjang SIM ternyata sangat murah :

1 SIM A RP. 80.000
2 SIM BI DAN BII RP. 80.000
3 SIM BI UMUM DAN BII UMUM RP. 80.000
4 SIM C RP. 75.000
5 SIM D RP. 35.000

Itulah tadi pengalaman saya memperpanjang SIM dan Biaya Perpanjangan SIM di Kota Metro, semoga bermanfaat.

About Heriyadi 313

Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis

View all posts by Heriyadi 313 →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *