Buat apa sih mengaktifkan E-KTP ? dan bagaimana cara mengaktifkannya

KTP Elektronik atau lebih dikenal dengan E-KTP diterbitkan pemerintah dengan tujuan salah satunya yaitu untuk meminimalisir adanya data kependudukan ganda . Selain itu diharapkan terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.

Temen-temen pasti ada yang bertanya buat apa sih e-ktp diaktifin??? bukannya dengan sendirinya sudah aktif. Banyak memang masyarakat yang belum tahu tentang penggunaan E-KTP di masa mendatang. Nantinya semua instansi yang melakukan pekerjaan dan yang wajib menggunakan KTP akan dimudahkan dengan adanya E-KTP ini.

Kemudahannya untuk masyarakat nantinya tidak perlu lagi mem-Fotocopy E-KTP untuk semua urusan yang wajib menggunakan E-KTP untuk persyaratannya, namun mereka cukup membawa E-KTP nya dan menunjukkan kepada pihak instansi yang bersangkutan, dan alat khusus pembaca data E-KTP untuk melihat data yang tersimpan dalam chip E-KTP tersebut, tapi kalau E-KTP nya belum diaktifkan maka datanya tidak bisa terbaca, dan harus diaktifkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa nantinya di setiap instansi yang ada di Negara ini wajib memiliki alat pembaca data E-KTP, dan bagi masyarakat wajib mengaktifkan E-KTP nya agar dapat dibaca oleh alat yang ada di setiap kantor instansi tersebut.

Terus bagaimana cara mengaktifkan E-KTP tersebut…??? 

Belum lama ini saya juga baru mengaktifkan E-KTP. Awalnya sih buat kepentingan pendaftaran ulang sim card telkomsel dan indosat. Cara pengaktifannya terbilang simple banget dan dapat dilakukan di tiap-tiap Kecamatan yang ada di seluruh Indonesia.

Buat temen-temen pemegang E-ktp yang belum pernah diaktifkan sebelumnya cukup datang ke Kecamatan yang ada di daerahnya dengan membawa E-KTP nya, dan yang perlu di ingat, untuk pengaktifan E-KTP tersebut TIDAK BISA DIWAKILKAN. Jadi harus dateng sendiri ke kantor kecamatan, soalnya waktu pengaktifannya itu harus menggunakan jari telunjuk tangan kanan.

Semoga info yang saya berikan bermanfaat.