cara kirim paket lewat pos

Pelajari Cara Kirim Paket Lewat Pos

Gogandul.com ♠ cara kirim paket lewat pos – Kegiatan mengirim barang sudah menjadi hal yang biasa, apalagi dengan semakin banyaknya kegiatan jual beli online saat ini hampir semua sudah menggunakan jasa pengiriman, baik itu paketan ataupun dokumen semua dikirim dengan menggunakan  jasa ekspedisi.

Sudah banyak jasa pengiriman di Indonesia ini, JNE, TIKI, J&T Lion Parcel dan kantor pos, itu adalah jasa pengiriman yang menawarkan beberapa paketan dengan biaya kirim yang berbeda-beda tapi masih sangat terjangkau. Orang yang sering melakukan jual-beli online sudah sangat terbiasa menggunakan jasa pengiriman tersebut.

Ada satu yang menarik, kalau dulu kantor pos hanya dipergunakan hanya untuk mengirimkan surat. Bagi orang awam taunya kantor pos hanya digunakan untuk kegiatan surat-menyurat saja akan tetapi saat ini sudah dapat melakukan berbagai macam pengiriman barang, transfer uang, pembayaran rekening listrik dll.

Dengan berkembangnya tekhnologi dan banyaknya persaingan dalam bisnis saat ini kantor pos tidak mau ketinggalan zaman sehingga berupaya untuk memberikan jasa pengiriman yang terpercaya, apalagi dengan namanya yang sudah dikenal sejak dulu tentu tidak mau kalah bersaing dengan jasa ekspedisi yang baru.

Ada sebagian orang yang terkadang masih belum tahu bagaimana cara kirim paket lewat pos, ada juga yang tidak terbiasa masuk kantor pasti akan minder dan canggung. Saya akan menjelaskannya proses mulai dari pengemasan barang sampai dengan selesai.

Cara Kirim Paket Lewat Pos

Ada beberapa yang harus kita perhatikan sebelum datang ke kantor pos untuk mengirim barang, paketan ataupun dokumen, berikut ini tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi ke kantor pos.

  1. Packing / kemaslah barang sebaik-baiknya

Bungkuslah dengan serapi dan seaman mungkin soalnya paketan kita akan bercampur dengan paketan yang lain, kalau barangnya mudah rusak atau gampang pecah usahakan memberikan tambahan pengaman misalkan  busa, koran, bubble wrap, foam, dsb. Setelah itu kita bungkus dengan kardus yang tebal agar lebih aman.

Intinya sebelum kita datang ke kantor pos kemaslah barang dengan sebaik mungkin, dan kita tidak mengirimkan barang-barang yang sudah dilarang tentunya, seperti narkoba, barang mudah terbakar dll.

  1. Tulislah Alamat Selengkap-lengkapnya

Saya pernah bekerja antar paket, banyak sekali kendala yang saya alami terutama alamat,  jadi tulislah alamat selengkap mungkin dari dusun, RT/RW ada juga yang RK, RJ sekiranya orang di daerah tersebut ketika ditanya memahami dengan bahasa yang tertulis di alamat.

Tidak semua orang mengenal nama jalan, wilayah atau daerah alamat yang dituju dan saran saya tulis juga nomor handphone penerima, mintalah satu atau dua nomor yang aktif dan selalu stand by agar sewaktu-waktu paketan datang bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

Hal ini agar barang yang kita kirim bisa dengan cepat terkirim dan tepat pada alamat penerima yang dituju.

  1. Cek Tarif Ongkos Kirim

Jika keduanya telah dilakukan alangkah baiknya kita mengecek ongkos kirimnya terlebih dahulu melalui website resmi pos indonesia www.posindonesia.co.id

Langkah-langkah Cara Kirim Paketan Lewat Pos

Setelah semuanya sudah siap, berikut langkah dan prosedur pengiriman barang lewat kantor pos.

  • Kunjungi kantor pos yang terdekat
  • Berikan barang / surat yang mau dikirim ke petugas.
  • Tanyakan ongkirnya
  • Jika setuju dengan ongkos kirimnya, akan segera diproses
  • Bayar dan simpanlah bukti pengiriman / nomor resi untuk melakukan tracking atau pelacakan barang sudah sampai mana.
  • Untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan melalui website resmi pos indonesia

Itulah sedikit penjelasan cara kirim paket lewat pos, semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis