Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran

Kemajuan tekhnologi sekarang yang menjadikan semua alat-alat dibuat dengan teknologi digital. Bahkan meteran listrik yang dulunya menggunakan sistem mekanikal sekarang sudah menggunakan teknologi digital. Karena itu maka untuk membayar listrik sekarang dibuat dengan sistem prabayar.

Yang artinya bayar dulu baru bisa memanfaatkan listrik tersebut. Sama dengan telepon genggam pra bayar yang harus isi pulsa dulu baru bisa digunakan. Yang membedakan hanya penyebutannya saja, kalau di HP namanya pulsa kalau di listrik prabayar ini disebut dengan token listrik prabayar.

Untuk memasukkan 20 kode token mungkin banyak yang belum tahu caranya, sebenarnya sangatlah gampang tinggal masukkan kode lalu tekan enter dan selesai. Tapi pada prakteknya ternyata banyak yang masih bingung gimana cara memasukkan token listrik tersebut.

Kali ini saya akan sedikit menjelaskan gimana caranya dan apa saja yang tertera setelah memasukkan kode token tersebut. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pertama-tama tentunya temen-temen harus membeli token pulsa PLN dulu. Biasanya di konter-konter atau toko-toko sudah banyak yang menjual pulsa token listrik PLN.
  • Setelah itu akan dikasih 20 angka yang harus dimasukkan ke Kwh Meter lalu tekan tombol “ENTER” (⏎).
  • Ketika temen-temen memasukkan kodenya kok ada kesalahan gunakan tombol “Backspace” untuk menghapus kesalahan dan masukan kembali kode/angka yang benar.
  • Apabila dilayar tertera “ACCEPT” artinya kWh sudah diterima kodenya dan sudah ditambahkan di kwh meter.
  • Apabila dilayar tertera “REJECT” berarti kode token yang anda masukan ditolak dan salah, atau kode token PLN yang anda beli salah.

Untuk tambahan informasi di kwh meter juga ada indikator lampu yang temen-temen harus tahu. Berikut Informasi Indikator LED/Lampu Pada Meter Listrik Prabayar.

Warna HIJAU Persediaan kWh SANGAT BANYAK
Warna KUNING Persediaan kWh CUKUP BANYAK
Warna MERAH Persediaan kWh HAMPIR HABIS
Warna MERAH BERKEDIP-KEDIP + ADA BUNYI Persediaan kWh KRITIS

Bila indikator LED/Lampu sudah menunjukan MERAH, sebaiknya segera beli di konter-konter atau toko yang menyediakan pulsa token listrik untuk mendapatkan kode token PLN yang baru.

Semoga bermanfaat