hit counter

Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah, Ternyata Mudah!

Headset menjadi salah satu benda yang cukup penting. Terlebih bagi kamu yang sering melakukan meeting zoom atau kerap mendengarkan lagu di perjalanan menuju kantor. Nah, apa jadinya jika headset kesayangan kamu mati sebelah? Tenang. Kamu tidak perlu terburu-buru membeli yang baru. Ya, cara memperbaiki headset yang mati sebelah sangat mudah lho.

Bagi kamu yang penasaran dengan cara memperbaikinya, simak pembahasan ini hingga selesai ya. Berikut ulasannya!

Cara perbaiki headset mati sebelah karena kabel

Ada banyak faktor yang membuat headset tidak berfungsi, baik dari sisi kanan maupun kiri. Salah satunya karena kerusakan pada kabel. Untuk itu, kamu perlu mengecek lebih dulu adalah bagian kabel yang terlihat atau terkelupas?

Nah untuk memperbaiki headset yang rusak karena kabel, kamu butuh gunting dan selotip. Berikut ini langkah-langkahnya:

Cek posisi kerusakan headset lebih dulu

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengetahui posisi kerusakan kabel. Cobalah untuk menyambungkan headset ke smartphone maupun laptop dan lanjut memutar musik. Raba atau tekuk kabel mulai dari ujung colokan headset sampai mendekati telinga.

Jika terdengar suara pada bagian tertentu ketika kamu meraba, bisa jadi disitulah letak kabel terputusnya. Perlu diingat, jika posisi kerusakan kabel sudah terlihat, kamu meraba dan mencari tahu lagi. Misal kabel terkelupas dibagian ujung colokan headset.

Guntinglah permukaan headset

Setelah posisi kerusakan ketemu, guntinglah bagian permukaan luar headset. Kira-kira gunting sepanjang 5 cm dari kabel yang putus. Ingat, usahakan untuk tidak memutus kabel bagian dalam. Gunting secara hati-hati.

Nantinya akan mjncul tiga sampai 4 jaringan kabel dengan beberapa warna di bagian dalam cari kabel yang terputus.

Sambungkanlah kabel menggunakan selotip

Cara memperbaiki headset rusak sebelah karena kabel selanjutnya ialah dengan menyambungkan kabel dengan selotip. Sambungkan kabel yang sama. Ingat, usahakan untuk tidak mengenai kabel lain karena dapat menjadikan jaringan rusak.

Setelah selotip rata menyelimuti kabel, cobalah untuk memutar musik atau audio lagi. Mudah bukan untuk memperbaikinya? Coba saja.

Cara perbaiki headset mati sebelah karena speaker rusak

Jika tidak ada kerusakan pada kabel headset, bisa jadi masalahnya berada di speakernya. Nah untuk memperbaikinya kamu membutuhkan solder dan timah. Berikut langkah-langkahnya:

Lepaskan kepala speaker lebih dulu

Untuk melepaskan kepala speaker headaer kamu leelh membongkar plastik penutupnya. Hati-hati ketika membongkarnya, jangan sampai rusak karena nanti kamu harus menutupnya kembali. Setelah membongkarnya, lihat bagian dalam speaker adakah ujung kabel yang putus atau tak tersambung?

Solder bagian yang putus

Langkah kedua ialah, solder kabel yang putus dengan sedikit timah. Tujuannya agar dapat kembali tersambung. Dalam proses menyolder kamu perlu berhati-hati. Usahakan untuk tidak terkena tangan dan bagian headset lainnya.

Tunggu hingga mengering. Coba tes untuk tahu cara memperbaiki headset rusak sebelah karena speaker ini berhasil atau tidak.

Cara perbaiki headset mati sebelah di PC

Perlu diketahui, tidak selamanya headset yang mati dikarenakan kerusakan dari earphone itu sendiri. Ya, kerusakan juga dapat dikarenakan oleh software PC atau laptop. Jika kamu menggunakan Windows 10, aturlah output audio Windows dari streo menjadi mono. Berikut caranya:

  • Buka settings dari start menu.
  • Pilih Ease of Access yang berada di sebelah kanan.
  • Pilihlah menu audio di sebelah kiri.
  • Pada bagian mono audio, geserlah toggle ke sebelah kanan agar streo menjadi mono.

Langkah diatas akan membuat headset yang sebelumnya terdengar sebelah menjadi terdengar normal keduanya.

Itulah cara memperbaiki headset yang mati sebelah karena kabel, speaker dan bermasalah di PC. Sangat mudah dan anti ribet bukan? Kini kamu dapat memperbaikinya sendiri tanpa perlu membeli headset baru.