Cara Memunculkan Huruf Arab Pada Keyboard Android ( Redmi 5A)

Gogandul.com ♠  Hampir semua bahasa yang ada di dunia ini bisa kita ketik dengan menggunakan keyboard QWERTY namun ada juga di antaranya yang tidak bisa diketik dengan keyboard ini salah satunya adalah bahasa atau tulisan Arab.

Sebagai contoh pada keyboard QWERTY ini kita akan menuliskan kata Assalamualaikum dalam tulisan aslinya yaitu tulisan Arab Tentu saja tidak akan bisa karena di keyboard ini tidak terdapat pilihan untuk memunculkan huruf Arab. pada artikel ini saya akan memberikan cara  Memunculkan Huruf Arab Pada Keyboard Android ( Redmi 5A).

  • Untuk memunculkannya sebenarnya sangat mudah ya kita tinggal mengaktifkannya pada menu pengaturan di Android.
  • Selanjutnya kita cari bahasa dan masukan dan untuk memudahkan mencarinya di bagian Kolom pencarian atas kita ketikan saja “bahasa” kemudian kita buka bahasa dan masukan.
  • Selanjutnya pilih nama keyboard yang sedang digunakan saat ini.
  • Keyboard yang saya gunakan adalah Keyboard Google yaitu bernama Gboard kemudian pilih selanjutnya dibag ian atas kita pilih bahasa, lalu di bagian bawahnya kita pilih lagi tambah keyboard.
  • Kemudian untuk menambahkan huruf Arab pada papan keyboard kita pilih saja Arab lalu ada pilihan lagi Arab dan Maroko kita pilih lagi Arab.
  • Selanjutnya di bagian bawah kita pilih lagi tambahkan dan sekarang kita sudah berhasil menambahkan huruf Arab pada keyboard.

Langsung saja coba praktekkan untuk menulis ketika kita akan mengetik pesan di whats app atau tulisan menggunakan keyboard qwerty lainnya, akan terlihat icon bola dunia.

Kalau kita pencet maka tampilan huruf di papan keyboard akan berubah menjadi huruf Arab dan kita bisa menggunakannya untuk mengirim pesan atau juga menulis yang lainnya. Nah sudah bisa kan…!!! gampang kan.

Kemudian satu contoh lagi ketika ingin menterjemahkan sebuah kata dalam bahasa Arab kedalam bahasa Indonesia maka pada temen temen butuh aplikasi terjemahan tinggal kita ketikkan saja misalnya “uhibbuka” kemudian kita ketikan dan ternyata artinya adalah aku mencintaimu.

Oke seperti itulah teman-teman cara untuk menambahkan huruf Arab pada keyboard QWERTY semoga tips ini bermanfaat.