Cara Menambal Bola Futsal Yang Bocor

Gogandul.com ♠  Futsal merupakan olahraga yang mulai trend belakangan ini, hampir semua kalangan suka dan hobby futsal baik itu di indoor yang membayar sewa lapangan ataupun outdoor diluar lapangan, tapi apa jadinya kalau bola futsal yang kita gunakan itu bocor.

Dari pengalaman bola futsal bocor ada beberapa hal penyebabnya, diantaranya kalau mainnya outdoor biasanya terkena kayu, pagar, duri atau yang lainnya. Kalau mainnya indor biasanya bocornya halus dan tidak diketahui dimana letak bocornya.

Perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara bola kaki biasa di lapangan besar dan bola futsal, perbedaanya adalah kalau bola kaki didalamnya hanya berisi angin sedangkan bola futsal disamping angin, didalamnya juga ada seperti gabus atau majun agar bola tidak bisa terlalu mantul. hal ini membuat cara memperbaikinya juga berbeda.

Untuk bola yang didalamnya hanya angin, seperti bola kaki, bola volly, bola basket bisa dengan cara ini  Cara Mudah Menambal Bola

Untuk menambal bola futsal hal yang perlu dipersiapkan yaitu :

1. Bola futsal yang bocor (bola futsal yang sudah diketahui bocornya, misalkan terkena duri, kayu atau paku )
2. Suntikan (yang dimodifikasi jarumnya diganti dengan pentil bola)
3. Pentil untuk mengisi angin.
4. Lem tambal bola (bisa menggunakan getah karet,atau menggunakan cairan lem tubeles atau tire sealent tapi agak mahal harganya)
5. Pompa tangan atau pake kompressor

Caranya;

1. Posisikan bocornya ada dibawah (bocor harus diketahui terlebih dahulu bisa dengan cara isi angin sampai keras lalu di masukkan kedalam air, lalu tandai bocornya.
2. Isi suntikan dengan lem tambal bola kira-kira setengah suntikan.
3. Masukan suntikan yang telah diisi lem kedalam bola lewat pentil bolanya,lalu isikan lem sampai habis.
4. Setelah terisi dengan lem biarkan tetap pada posisi dibawah, tujuannya agar lem nempel pada satu titik saja
5. Setelah itu diamkan kurang lebih setengah hari atau taruh di tempat panas agar lem benar-benar menempel pada lapisan yang bocor.

Kalau masih ada yang bocor, ulangi langkah-langkah seperti diatas. good luck.

Itu tadi saya berbagi pengalaman cara menambal bola futsal yang bocor dan semoga bermanfaat