hit counter

Cara Mengatasi Hama Wereng

Hama Wereng Pada Tanaman PadiSource: bing.com

Hama wereng merupakan salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman padi. Hama ini dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman padi dan mengurangi hasil panen. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi hama wereng agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman padi.

Pengenalan Hama Wereng

Hama WerengSource: bing.com

Hama wereng adalah serangga kecil berwarna hijau atau coklat yang memiliki sayap panjang dan tipis. Hama ini hidup di daerah tropis dan subtropis, dan sering menyerang tanaman padi, tebu, dan tanaman lainnya. Hama wereng biasanya hidup dalam kelompok dan menyerang bagian bawah daun dengan cara mengisap cairan tanaman.

Tanda-Tanda Terkena Serangan Hama Wereng

Tanda-Tanda Serangan Hama WerengSource: bing.com

Beberapa tanda-tanda terkena serangan hama wereng pada tanaman padi antara lain daun padi yang menguning, daun yang kering dan keriting, dan daun yang berlubang-lubang. Selain itu, pada beberapa kasus, wereng dapat menimbulkan kerusakan pada malai dan gabah padi.

Cara Mengatasi Hama Wereng

Cara Mengatasi Hama WerengSource: bing.com

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hama wereng pada tanaman padi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan Pestisida

PestisidaSource: bing.com

Penggunaan pestisida merupakan cara yang paling umum untuk mengatasi hama wereng. Pestisida yang digunakan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan waktu aplikasi yang tepat. Selain itu, pestisida yang digunakan juga harus aman bagi lingkungan dan manusia.

2. Penggunaan Varietas Tahan Wereng

Varietas Tahan WerengSource: bing.com

Penggunaan varietas padi yang tahan terhadap serangan wereng juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi hama wereng. Varietas padi tahan wereng memiliki resistensi terhadap serangan hama wereng dan dapat tumbuh dengan baik meskipun terkena serangan wereng.

3. Pengendalian Secara Biologi

Pengendalian BiologiSource: bing.com

Pengendalian wereng secara biologi juga dapat dilakukan dengan menggunakan predator wereng, seperti laba-laba dan kepik hijau. Selain itu, penggunaan jamur Beauveria bassiana dan Metarhizium anisopliae juga efektif untuk mengendalikan wereng.

4. Penggunaan Fungisida

FungisidaSource: bing.com

Penggunaan fungisida juga dapat mengatasi hama wereng pada tanaman padi. Fungisida yang digunakan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan waktu aplikasi yang tepat. Selain itu, fungisida yang digunakan juga harus aman bagi lingkungan dan manusia.

5. Pengaturan Jarak Tanam

Pengaturan Jarak TanamSource: bing.com

Pengaturan jarak tanam juga dapat mengurangi serangan hama wereng pada tanaman padi. Jarak tanam yang cukup akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman padi dan mencegah pertumbuhan wereng secara berkelompok.

Pencegahan Serangan Hama Wereng

Pencegahan Serangan Hama WerengSource: bing.com

Selain mengatasi serangan hama wereng, penting juga untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena serangan hama wereng, antara lain sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Lahan

Kebersihan LahanSource: bing.com

Menjaga kebersihan lahan merupakan hal yang penting untuk mencegah serangan hama wereng. Lahan yang bersih dan rapi akan mengurangi tempat persembunyian wereng dan mencegah perkembangbiakan wereng secara berkelompok.

2. Penyemprotan Air

Penyemprotan AirSource: bing.com

Penyemprotan air pada daun padi juga dapat mencegah serangan hama wereng. Air yang disemprotkan akan membasahi daun padi dan membuat wereng tidak nyaman untuk menempel pada daun padi.

3. Rotasi Tanaman

Rotasi TanamanSource: bing.com

Rotasi tanaman juga dapat mencegah serangan hama wereng pada tanaman padi. Dengan melakukan rotasi tanaman, tanah akan lebih subur dan tidak memungkinkan wereng untuk tumbuh dan berkembang biak.

Kesimpulan

Hama wereng merupakan salah satu hama yang sering menyerang tanaman padi. Serangan hama wereng dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman padi dan mengurangi hasil panen. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi hama wereng dengan cara-cara yang tepat. Selain itu, pencegahan juga penting dilakukan untuk mencegah serangan hama wereng pada tanaman padi.

Related video of Cara Mengatasi Hama Wereng

Tinggalkan komentar