Cara mengatasi mata lelah akibat dari terlalu seringnya di depan layar komputer

Gogandul.com ♠ Buat para gamer, desainer atau untuk para pekerja kantoran atau siapa saja yang pekerjaannya diharuskan selalu didepan layar komputer maupun laptop, mantengin layar sudah menjadi kebiasaaan sehari-hari.

Akibatnya mata menjadi lelah, sebenarnya kurang baik dan kurang sehat untuk mata, tapi resiko ini harus dijalani karena untuk menjadi pekerja yang profesional.

Terkadang banyak yang mengeluh dengan kondisi seperti ini karena otot-otot mata menjadi mudah lelah karena selalu fokus pada satu titik di layar komputer selama berjam-jam.

Logikanya seperti ini, kalau tangan selalu mengangkat beban terlalu lama pastinya juga akan mengalami kelelahan otot, begitu juga dengan mata, pasti juga kadang kita rasakan merasa lelah.

Kalau dibiarkan terus-terusan lelah maka akan mengakibatkan mata menjadi minus sehingga diharuskan memakai kaca mata.

Berikut cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama memandang layar komputer atau laptop.

  1. Atur dan sesuaikan tingkat kontras dan kecerahan layar

Hal ini penting karena pencahayaan yang terlalu terang mengakibatkan mata menjadi gatal, kering dan mudah lelah jadi ada baiknya mengatur pencahayaan yang terkait brightness dan kontras pada layar komputer atau laptop anda.

  1. Mengatur pencahayaan ruangan tempat kerja kita.

Perlu diketahui bahwa ruangan yang gelap akan membuat mata menjadi cepat lelah dalam menatap layar.Begitu juga dengan ruangan yang teramat terang juga akan membuat mata cepat tegang karena silau.

Jadi pastikan kalian berada di ruangan yang terang dengan tingkat pencahayaan yang cukup.

  1. Cobalah sesekali lakukan senam mata

Hal ini juga bisa membantu mata untuk mencegah atau meminimalisir ketegangan mata. Cobalah lakukan senam mata sederhana dengan cara memandang suatu objek yang jauh selama beberapa menit.

Atau bisa juga dengan cara memejamkan mata sambil memutar leher, dengan cara ini otot-otot mata akan terasa lebih rilex dan santai.

  1. Lakukan pijatan pada wajah

Anda bisa gunakan selembar handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Secara perlahan gosokkan handuk hangat itu ke pipi, dahi dan leher Anda. Lanjutkanlah dengan memijat area-area wajah tanpa menggosok mata Anda. Hal tersebut bisa merangsang syaraf di sekitar mata dan menghilangkan ketegangan karena terlalu lama menatap layar.//**

Referensi sumber : kompas.com

 

 

Gambar Gravatar
Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *