Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar PelanSource: bing.com

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Sebelum memperbaiki pengering mesin cuci yang berputar pelan, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa hal yang menjadi penyebab pengering mesin cuci berputar pelan adalah:

  • Filter kotor
  • Belt putus atau kendur
  • Motor pengering rusak
  • Thermostat rusak
  • Overload atau kelebihan beban pada mesin cuci

Cara Membersihkan Filter Mesin CuciSource: bing.com

Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Membersihkan Filter

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan filter. Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan mesin cuci berputar pelan. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka tutup filter dan membersihkannya dari kotoran dan debu. Setelah itu, pasang kembali filter dengan benar.

Memeriksa Belt

Jika mesin cuci Anda menggunakan belt, cek apakah belt tersebut putus atau kendur. Jika putus, segera ganti dengan yang baru. Namun jika kendur, Anda bisa memperbaikinya dengan menyetel tensioner yang ada di mesin cuci. Pastikan belt tidak terlalu ketat atau terlalu kendur.

Mengecek Motor Pengering

Jika motor pengering rusak, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Namun sebelum itu, cek kabel penghubung motor dan pastikan tidak ada yang putus atau kendor. Jika kabelnya baik-baik saja, cek arus listrik yang masuk ke motor. Jika masih bermasalah, segera panggil teknisi untuk memperbaikinya.

Mengecek Thermostat

Thermostat adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu pada mesin cuci. Jika thermostat rusak, mesin cuci bisa mengalami masalah seperti berputar pelan. Untuk memeriksa thermostat, gunakan multimeter dan pastikan responnya normal. Jika thermostat rusak, segera ganti dengan yang baru.

Menghindari Overload

Selalu pastikan mesin cuci tidak kelebihan beban atau overload. Jika terlalu banyak mencuci sekaligus, mesin cuci bisa mengalami masalah seperti berputar pelan atau bahkan rusak. Sebaiknya bagi cucian menjadi beberapa bagian dan cuci secara bertahap.

Cara Mencegah Pengering Mesin Cuci Berputar PelanSource: bing.com

Cara Mencegah Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Untuk mencegah pengering mesin cuci berputar pelan, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Membersihkan filter secara rutin
  • Menghindari overload
  • Memeriksa belt secara berkala
  • Merawat motor pengering dengan baik
  • Membawa mesin cuci ke tempat service secara berkala

Kesimpulan

Dalam mengatasi pengering mesin cuci berputar pelan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Setelah itu, Anda bisa melakukan beberapa langkah perbaikan seperti membersihkan filter, memeriksa belt, mengecek motor pengering, mengecek thermostat, dan menghindari overload. Untuk mencegah pengering mesin cuci berputar pelan, lakukan perawatan secara rutin dan membawa mesin cuci ke tempat service secara berkala.

Related video of Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Leave a Comment