Cara Mengetik Arab Menggunakan Microsoft Word

Tutorial Microsoft office | Kalian pasti pernah mengalami kesulitan saat akan menulis arab menggunakan Microsoft word, pengalaman seperti itu berarti sama dengan saya. Waktu itu ada tugas mengetik dari temen saya, soalnya dia tidak mau pusing kalau ada kerjaan mengetik bahasa arab. Akhirnya dia menyuruh saya mengetikkan skripsi tapi khusus yang ada bahasa arabnya saja.

Setelah googling kesana kemari cari metode yang paling mudah dan font Arabic nya sesuai dengan keinginan dari skripsi itu, akhirnya saya menemukan metode yang mudah dan simple kalau menurut saya. Setelah itu saya mau berbagi pengalaman dengan temen-temen yang mungkin mengalami hal yang sama dengan saya.

Sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk memasukkan ayat-ayat Al Qur’an ke dalam Microsoft word. Baca juga tulisan saya yang judulnya tutorial memasukkan ayat-ayat al Qur’an ke dalam Microsoft word. Tapi itu hanya untuk ayat-ayat al Qur’an,sedangkan tulisan arab yang lainnya misalkan hadits-hadits tidak bisa menggunakan trik ini.

Disini saya akan share gimana cara mengetik arab menggunakan Microsoft word. Langsung aja ke cekidot gan.

Pertama  aktifkan dulu keyboard Arabic di windowsnya. Kebetulan saya menggunakan windows 7, jika temen-temen menggunakan versi windows lain,caranya hampir sama kok.

  • Step 1 : Download ArabicPhoneticKeyboard-v1.2 langsung ke website resminya http://arabic.omaralzabir.com
  • Step 2 : Extrak ArabicPhoneticKeyboard-v1.2 lalu install setup nya.
  • Step 3 : Klik start\control panel kemudian pilih clock, language and regional

  • Step 4 : Klik change keyboard… kemudian pilih add\ arabic (saudu arabia) lalu pilih arabic phonetic keyboard

  • Step 5 : Buka Microsoft wordnya.
  • Step 6 : Setting paragraph menjadi rata kanan, font dirubah menjadi traditional Arabic dan ukurannya menjadi 18.
  • Step 7 : Langsung saja menulis arab dari sebelah kanan.

  • Step 8 : Untuk merubah keyboard English (EN)ke arabic (AR) atau sebaliknya, sobat tinggal klik shift+alt secara bersamaan. Jika yang muncul EN berarti keyboard English yang sedang aktif, jika yang muncul AR berarti keyboard Arabic yang aktif.
  • Step 9 : Kalau masih bingung dan belum hafal huruf-hurufnya aktifkan on-screen keyboard. Klik start lalu ketikan on-screen keyboard. Huruf yang samar samar bisa diaktifkan dengan menekan tombol shift pada keyboard.

Selamat ya… kini sobat sudah bisa mengetik Mengetik Arab Menggunakan Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Blogger Pemula yang suka main PES 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *