Cara Menghitung Packing Kayu

Cara Menghitung Packing Kayu di JNE

Gogandul.com ♠ Cara Menghitung Packing Kayu – Setiap pelanggan dalam berbelanja online tentu sangat mengharapkan barang belanjaanya sampai dengan tanpa ada luka dan cacat sedikitpun. Apalagi kalau barang-barang tersebut gampang pecah/ rusak misalkan MUG, piring, gelas dll, atau barang-barang elektronik kamera, Handphone, TV LCD dll.

Sebagai solusinya biasanya dari pihak JNE akan menyuruh memberikan tambahan perlindungan seperti packing kayu, pihak JNE tidak mau ambil resiko yang lebih besar lagi terlebih kalau barang tersebut mempunyai nilai lebih dari 2 jutaan biasanya disarankan untuk diasuransikan.

Packing kayu dapat dilakukan sendiri di rumah sebelum barang diserahkan ke kantor JNE, hal ini dilakukan agar keamanan dari barang tersebut terjamin selama proses pengiriman.

Lalu muncul beberapa pertanyaan apakah penggunaan packing kayu JNE akan dikenakan biaya tambahan?

Menurut informasi yang saya dapatkan untuk packing kayu tidak ada biaya khusus akan tetapi tentu akan menambah biaya pengiriman barang karena berat dari packing kayu tersebut, jadi hanya berat keseluruhan yang dihitung ongkirnya.

Sebagai contoh penjual akan mengirimkan LCD dengan berat 3 kg, lalu dipacking kayu sehingga berat keseluruhan menjadi 5 kg, maka ongkirnya adalah berat 5kg dikalikan ongkir 1 kg per wilayah.

Untuk barang barang yang mahal diatas 2 jutaan biasanya dari pihak JNE akan menyarankan untuk mengasuransikannya, dengan seperti ini apabila nanti terjadi kerusakan selama proses pengiriman ataupun paket barang tersebut hilang maka sepenuhnya akan diganti oleh pihak JNE.

Berbeda lagi kalau barang tersebut paketan dengan ukuran yang besar dan dipacking menggunakan packing kayu maka tidak lagi dihitung per kg akan tetapi menggunakan perhitungan system volumetric.

Misalkan hiasan dinding, barang-barang besar yang mudah pecah maka yang dihitung adalah volume dari barang tersebut beserta packing kayu yang digunakannya.

Pengalaman saya dulu ketika mengirimkan barang yang besar bisa dipacking di rumah atau di packing di tukang kayu, karena biasanya agen JNE tidak menyediakan jasa packing kayu.

Cara Menghitung Packing Kayu

Ada rumus yang harus ditetapkan ketika menghitung biaya ongkir dari paketan yang dipacking kayu, adapun rumusnya yaitu :

“Panjang + 12 cm) x (Lebar + 10 cm) x (Tinggi Box + 10 cm)] / 6000 }x 1 kg= …. Kg”

Sebagai contoh :

Panjang : 24 cm + 12 cm = 36 cm

Lebar : 16 cm + 10 cm = 26 cm

Tinggi : 12 cm + 10 cm = 22 cm

Maka Volumetrik nya : [(36 cm x 26 cm x 22 cm) / 6000] x 1 kg = 3.43 kg.

Dibulatkan menjadi 4 kg karena pihak JNE tidak menghitung ons

Berikut ini adalah biaya Packing Kayu JNE (harga sewaktu-waktu dapat berubah)

  • 1-2 KG = 8.500 IDR
  • 3-4 KG = 11.500 IDR
  • 5 KG = 19.000 IDR
  • 6-10 KG = 32.500 IDR
  • 11-15 KG = 42.000 IDR
  • 16-20 KG = 51.500 IDR
  • 21-25 kg = 59.000 IDR

Untuk lebih detailnya bisa tanyakan langsung ke kantor agen JNE terdekat.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara menghitung packing kayu di JNE, Semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis