Disney mengungkapkan akun Instagram Disneyland yang diretas

disney
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Disney mengungkapkan bahwa akun Facebook dan Instagram Disneyland Resort telah diretas. Laporan itu disampaikan pada Kamis (7/7) kemarin.

Saat itu, serangkaian pesan tidak pantas ditemukan. Namun, Disney segera bergerak cepat untuk menghapusnya.

“Kami bekerja cepat untuk menghapus konten tercela, mengamankan akun kami, dan tim keamanan kami sedang menyelidiki,” kata Walt Disney Co.

Menurut tangkapan layar postingan Instagram Disney Resort, menunjukkan postingan homofobia dan rasis yang dibuat oleh seseorang. Dimana mereka mengaku sebagai “super hacker” untuk membalas dendam di Disneyland.

Postingan blog Disney mengungkapkan bahwa penyerang mengunggah hingga 4 postingan ke akun Instagram Disneyland pada pukul 5 pagi waktu setempat. Dia mengambil gambar dari Internet dan memasukkan kata-kata kasar dan rasis.

Peretas yang mengaku sebagai David Do memposting dua selfie dan meme. Dalam satu foto, dia mengatakan dia bosan dengan “semua orang di Disney yang mengolok-olok saya,” menggunakan hinaan rasial dan kata-kata umpatan.

Dalam pesan tersebut, mereka juga mengklaim telah menemukan virus COVID-19 baru dan mengancam akan menyebarkan virus tersebut. Hingga akhirnya, pesan tersebut dihapus oleh Disney.

Sang hacker sendiri melaporkan beberapa akun Instagram lainnya. Namun, tidak jelas apakah akun tersebut merupakan bagian dari kelompoknya atau mengarahkan polisi ke para peretas.

Disneyland sendiri memiliki sekitar 8,4 juta pengikut di akun Instagram.