Hyundai akan meluncurkan kendaraan listrik kecil yang terjangkau untuk India

Kendaraan listrik jelas merupakan masa depan mobilitas. Selama dua tahun terakhir, kita telah melihat kendaraan listrik mendapatkan popularitas di India. Ada beberapa pemain baru di bidang kendaraan listrik. Beberapa produsen sedang mengerjakan kendaraan listrik baru. Beberapa produsen membawa model mereka yang sudah tersedia secara internasional sementara yang lain sedang mengembangkan produk baru untuk India. Hyundai adalah salah satu produsen tersebut. Menurut sebuah laporan yang muncul secara online, Hyundai saat ini sedang merencanakan atau mengerjakan kendaraan listrik yang akan diluncurkan di India. Apa yang membuat kendaraan listrik ini menarik adalah kenyataan bahwa itu akan menjadi kendaraan listrik kecil dan juga akan terjangkau.

Hyundai akan meluncurkan kendaraan listrik kecil yang terjangkau untuk India

Menurut laporan Reuters, Hyundai telah mulai mengerjakan kendaraan listrik kecil yang terjangkau untuk India. Pabrikan juga akan membawa lebih banyak model premium ke India di masa depan. Tarun Garg, Direktur Penjualan, Pemasaran, dan Layanan untuk Hyundai India. “Kita perlu mempertimbangkan sebanyak mungkin lokalisasi.” Sangat penting bagi pabrikan untuk mengendalikan biaya EV. Dia juga menyebutkan bahwa Hyundai juga sedang mengerjakan berbagai masalah terkait dengan ekosistem pengisian, jaringan penjualan, dan manufaktur.

Hyundai akan meluncurkan kendaraan listrik kecil yang terjangkau untuk India

Tarun tidak membagikan timeline peluncuran mobil listrik kecil baru Hyundai. Program EV kecil Hyundai sebenarnya adalah bagian dari rencana Hyundai yang lebih besar untuk menginvestasikan Rs 40 miliar untuk meluncurkan enam kendaraan listrik di India pada tahun 2028. Langkah ini diambil oleh pembuat mobil untuk mempromosikan budaya EV dan mengendalikan polusi dari kendaraan. Saat ini, kendaraan listrik menyumbang kurang dari 1% dari total penjualan mobil di negara ini. Pemerintah saat ini bertujuan untuk meningkatkan pangsa ini menjadi 30% pada tahun 2030.

Hyundai akan meluncurkan kendaraan listrik kecil yang terjangkau untuk India

Tarun menyebutkan jika dibandingkan dengan model mesin pembakaran dalam, Hyundai akan mengambil pendekatan berbeda pada kendaraan listrik. Mereka akan meluncurkan model kelas atas atau mahal terlebih dahulu dan secara bertahap menurunkan rantai harga. Perhatikan bahwa Hyundai saat ini sedang mempersiapkan peluncuran crossover listrik Ioniq 5 di India. Ioniq 5 baru-baru ini terlihat di jalan kami. Pabrikan telah mengatakan bahwa Ioniq 5 akan dirakit di sini di India, yang berarti harganya akan lebih murah daripada EV6 yang baru saja diluncurkan Kia.

Hyundai akan meluncurkan kendaraan listrik kecil yang terjangkau untuk India
Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 adalah kendaraan listrik yang sangat populer di dunia internasional. Baru-baru ini ia memenangkan penghargaan World Car of the Year dan banyak penghargaan lainnya. Itu dibangun di atas platform skateboard yang unik. Platform yang sama diharapkan akan digunakan di kendaraan listrik Hyundai di masa depan. Hyundai diperkirakan akan meluncurkan Ioniq 5 di India selama musim perayaan. Hyundai dapat memperkenalkan versi baterai 58 kWh yang menggerakkan roda belakang. Ada kemungkinan Hyundai akan membawa versi e-AWD paling bertenaga ke India dalam jumlah terbatas. Hyundai telah meluncurkan Kona EV di India pada 2019 sebagai CBU. Pasar kendaraan listrik masih memanas pada saat itu, dan harga Kona EV juga terlalu tinggi. Selain Hyundai, ada pabrikan lain seperti Tata dan Mahindra yang menggarap mobil listrik baru.