hit counter

Inikah Arti Topeng Baru di Money Heist Korea?

[ad_1]

Money Heist: Korea – Joint Economic Area adalah serial Korea Selatan yang mengadaptasi kisah populer Money Heist Spanyol di saluran Netlix. Sama seperti serial aslinya, serial garapan Kim Hong-sun ini juga akan mengangkat tema yang sama tentang perampokan bank. Di mana para perampoknya akan mengenakan setelan jumpsuit merah dan juga topeng untuk menyembunyikan identitasnya ketika beraksi di Semenanjung Korea.

Bedanya, alih-alih mengenakan topeng Salvador Dali seperti versi Spanyolnya, di bawah kepemimpinan Professor (Yoo Ji-tae), para perampoknya ini akan mengenakan topeng tradisional Korea, yaitu Hahoetal. Terlepas dari tampilannya yang berbeda, topeng baru ini juga sepertinya mempunyai arti tersendiri bagi kelompok perampok di Korea. Sebelum melihatnya di serial Money Heist: Korea – Joint Economic Area, alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu topeng Hahoetal ini.

BACA JUGA: Para Aktor Korea yang Bintangi Money Heist Remake!

Topeng Upacara di Semenanjung Korea

Seperti yang bisa kita lihat di berbagai promosi Money Heist: Korea, topeng Hahoetal ini menampilkan raut muka yang sedang tersenyum. Namun, senyumnya terasa palsu karena alisnya tampak mengangkat dan hanya memperlihatkan kerutan di sekitar matanya. Berasal dari Desa Hahoe di Andong, Korea Selatan, topeng tradisional Semenanjung Korea ini pertama kali diciptakan pada abad ke-12. Masyarakat Korea biasanya menggunakan topeng ini untuk menggambarkan karakter dalam drama tari ritual upacara Hahoe Pyolshin-gut t’al nori.

“Topeng-topeng Hahoe menggambarkan kelas sosial Korea pada saat itu,” ungkap Kim Dong-pyo, direktur Hahoe Mask Museum di Andong, kepada Korean Cultural Center. “Dari mulai bangsawan yang berkuasa, sarjana, pelayan, dan rakyat jelata. Mereka semua muncul sebagai topeng, terlepas dari status mereka. Jika kalian melihat ekspresi wajah dari topeng-topeng ini, terlihat ekspresi realistis dari dinamika masing-masing kelas sosial.”

Dari dulu hingga sekarang, ada 12 desain topeng yang termasuk ke dalam Hahoetal. Topeng-topeng tersebut adalah Chuji (Singa Bersayap), Kaksi (Wanita Muda), Chung (Biksu), Yangban (Bangsawan), Ch’oraengi (Pelayan Bangsawan), Sonpi (Guru), Imae (Pelayan Guru), Punae/Bune (Selir), Paekjung (Pembunuh), Halmi (Nenek), Ttoktari (Kakek), Pyolch’ae (Pegawai Negeri), dan Ch’ongkak (Sarjana). Secara spesifik topeng Hahoetal yang muncul di serial Money Heist: Korea adalah topeng tertinggi, yaitu Yangban yang artinya bangsawan.

BACA JUGA: Film Equalizer 3 Dibuat, Gandeng Bintang Baru!

Yangban, Bangsawan yang Berkuasa

Berdasarkan sejarahnya, cukup jelas bahwa topeng Hahoetal yang akan para perampok pakai di serialnya mempunyai arti ‘penguasa’ yang berada di kelas sosial tertinggi. Selain untuk menyembunyikan wajah mereka, ada kemungkinan topeng Hahoetal Yangban ini sengaja mereka pakai untuk memperlihatkan siapa yang seharusnya berkuasa. Mengklaim diri mereka sebagai bagian dari rakyat, Professor dan para perampoknya ini ingin menegaskan bahwa tidak lebih ada yang lebih tinggi dari penguasa yang sebenarnya, yaitu rakyat sendiri.

Secara tidak langsung arti dari topeng baru ini kurang lebih sama seperti topeng Salvador Dali di serial Money Heist Spanyol yang bermakna perlawanan dan kebanggaan. Arti dari topeng Hahoetal ini selaras dengan jumpsuit merah mereka yang mempunyai arti revolusi. Di trailer terbaru Money Heist: Korea, karakter Professor memang sempat mengatakan bahwa untuk menjadi pahlawan yang dapat mengubah dunia mereka harus melakukan perampokan besar. Karena meskipun menjadi musuh publik, setidaknya mereka telah berusaha untuk menghadapi ketertindasan dengan cara yang bisa mereka lakukan.

Itulah arti dari topeng baru di serial Money Heist: Korea. Bagi para perampok di serialnya nanti, topeng dengan raut senyum palsu ini sepertinya akan menjadi simbol kebanggaan, perlawan, dan revolusi. Di mana mereka ingin menghapus ketertindasan oleh orang-orang kaya dengan merampok kekayaan mereka. Setidaknya mungkin itu yang mereka percaya. Bagaimana menurut kalian? Jangan lewatkan aksi Professor dan para perampok Hahoetal ini, saat serial Money Heist: Korea – Joint Economic Area tayang perdana di saluran streaming Netlix pada tanggal 24 Juni besok.

[ad_2]

Source by [author_name]