Kapan Sebaiknya Waktu yang Tepat mengganti Filter Oli mesin Motor?

Gogandul.com ♠ Mengapa Filter oli mesin harus diganti ? dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya?

Filter oli adalah komponen yang sangat penting didalam mesin, karena fungsi utama dari filter oli adalah menyaring serpihan-serpihan besi dari gesekan mesin dan kotoran-kotoran yang masuk kedalam mesin.

Sebenarnya ketika service rutin dilakukan oleh mekanik, tentunya sudah dicek dan dibersihkan apakah filter oli tersebut masik layak digunakan atau harus diganti, walaupun kilometernya belum tercapai.

Soalnya jenis oli juga bermacam-macam kandungannya, terlebih adanya kotoran atau kontaminasi dari luar yang dapat menyebabkan filter oli juga gampang kotor.

Baca ini juga :

Untuk standartnya, tentu filter oli perlu diganti jika motor sudah mencapai kilometer atau waktu tertentu. Hal ini dilakukan agar mesin tetap dalam performa yang terbaik dan selalu siap untuk digunakan.

Ada satu pertanyaan supaya filter oli tetap efektif menjaga kondisi pelumas mesin, berapa lama waktu yang disarankan untuk ganti filter oli?

Hal ini pernah dijelaskan oleh Saiful, Service Advisor Yamaha Deta Ciputat kepada GridOto.com.

“Untuk motor dengan filter oli berbahan kertas, pabrikan menganjurkan ganti di 9 ribu kilometer atau per 9 bulan setelah 3 kali ganti oli,” Walaupun demikian, Saiful menambahkan bahwa filter oli tetap aman digunakan maksimal 1 tahun atau hingga 12 ribu kilometer.

“Sedangkan untuk filter oli berbahan kawat, umurnya bisa dua kali lipat filter kertas.” tambahnya.

Hal ini disebabkan tentu karena material yang dipakai berbeda, sehingga lebih tahan lama dan lebih kuat menahan panas dan kotoran di mesin.

Karena perannya sangatlah penting, sebaiknya periksa dan ganti filter oli sesuai jadwal. Jangan sampai telat, akibatnya oli mesin menjadi sangat kotor dan tentunya akan mengurangi performa dari mesin motor tersebut.

About Heriyadi 313

Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis

View all posts by Heriyadi 313 →

One Comment on “Kapan Sebaiknya Waktu yang Tepat mengganti Filter Oli mesin Motor?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *