hit counter

Kelebihan dan Kekurangan COD di Shopee

Gogandul.com ♠ Kelebihan dan kekurangan COD di Shopee – Di Indonesia ini kita telah mengenal situs belanja online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, blibli, Shopee dll. Semua situs belanja tersebut tentunya ada banyak kelebihan dan kekurangannya, termasuk salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah tentang sistem COD yang ada di Shopee.

Berjualan online di Shopee memang sangat mudah, karena kamu cukup mengpload beberapa gambar produk yang ingin kita jual dengan menawarkan harga jual yang wajar dan bersahabat untuk menarik perhatian calon pembeli.

Ada banyak karakter konsumen di shopee, ada yg suka membanding-bandingkan harga sampai memilih barang yang paling murah, ada juga konsumen yang tidak perduli harga yang penting toko nya bagus, ada lagi konsumen yang hitung-hitungan masalah ongkir dan masih banyak lagi.

Sekarang sudah ada fitur COD di Shopee, buat calon pembeli feature ini sangat diharapkan sekali karena memungkinkan konsumen bisa membayar barang yang dibelinya waktu barang itu sampai di dalam rumah. Sistem COD ini sering dipraktekkan oleh mereka yang tidak punyai rekening bank, tidak mau repot, dan lain-lain

Walaupun banyak keuntungan dan kelebihan dari sistem COD tapi tidak selamanya memberi keuntungan buat penjual, tentu ada kelebihan pasti ada kekurangannya juga.

Keuntungan, Kelebihan dan Kekurangan COD di Shopee

Berikut ini saya jelaskan tentang keuntungan dan kerugiannya sistem atau fitur COD di Shopee :

  1. Keuntungan feature COD buat Penjual

Keuntungan yang paling mencolok saat mengaktifkan fitur COD ialah tentu akan memanjakan calon konsumen, banyak konsumen yang memiliki tipe senang gunakan sistem COD atau bayar di tempat . Dengan demikian, kemungkinan akan beli ditoko kita.

Fitur ini benar-benar sangat diharapkan oleh pembeli karena jelas-jelas barang sudah sampai barulah membayarnya jadi tidak ada penipuan disana.

Dan tak hanya itu terkadang ada memang yang pembeli tidak mempunyai rekening, jauh dari ATM, jauh dari minimarket dan lain sebagainya. Dengan sistem COD tentu akan memudahkan calon pembeli untuk membeli di toko shopee kita.

  1. Kerugian fitur COD buat Penjual

Nyatanya feature COD tidak selamanya menguntungkan bagi penjual shopee, ada banyak hal yang perlu kamu tahu sebelum aktifkan fitur pembayaran ini.

  • Kalau Konsumen tidak ada di tempat barang akan di kembalikan

Fitur COD ini artinya barang datang barulah pembeli akan membayarnya  akan tetapi kadang ada satu situasi dimana saat kurir mengantar paket ke rumah pembeli tetapi pembeli tidak ada,oleh karena itu paketan itu akan direturn ke penjual (dikembalikan).

  • Pembeli tidak ada uang untuk bayar saat barang sampai

Banyak konsumen yang beralasan saat barang telah tiba, mereka katakan ke kurir jika mereka tidak ada uang saat itu. Hingga barang yang sampai tidak dapat dibayar, dengan automatis barang itu akan dikembalikan ke penjual.

  • Konsumen tidak merasa membeli

kalau seperti ini maka kurir tidak bisa banyak berbuat, mau di gimanainlagi kalau sudah berbohong dan merasa tidak pernah membelinya, jadi mau tidak mau barang akan dikembalikan ke penjual.

  • Kemungkinan Rusak saat di kembalikan ke Penjual

Pada saat mengalami proses return ke penjual, maka ada risiko yang bisa ditanggung oleh penjual. Seperti barang rusak waktu perjalanan dan lain-lain.

  • Harusnya barang telah laku terjual

buat para calon pembeli kalau memang tidak mempunyai uang jangan lah pake fitur COD kasihan penjualnya. Harusnya barang penjual sudah laku terjual, ini malah justru lama di perjalanan (waktu kirim serta waktu kembali).

Itulah kelebihan dan kekurangan COD di Shopee, semoga bermanfaat dan berfikir terlebih dahulu sebelum memberikan sistem COD kepada para calon pembeli.

Lihat Juga :

Apa itu COD (Cash On Delivery) dan Manfaatnya Dalam Online Shop

Rekomendasi Toko Online Yang Bisa Bayar di Tempat

Rekomendasi Toko Online Yang Bisa Bayar di Tempat