Kenali Justice Society of America, Tim Super Pertama DC!

Tim super adalah suatu elemen penting yang biasanya wajib hadir di semesta komik superhero, tanpa terkecuali DC Comics. Dan jika berbicara tentang tim super DC, tidak sedikit penggemar yang akan mengingat Justice Society of America. Karena tim superhero ini mempunyai sejarah keberadaan yang cukup penting di DC Universe. JSA sendiri telah lama menjadi inti dari berbagai kisah DC, baik komik maupun animasi, dengan berbagai superhero populer di dalamnya.

Menariknya, JSA juga sebentar lagi akan melakukan debut live action-nya di film DC Extended Universe, Black Adam. Film yang sangat penggemar antisipasi ini sudah pasti akan menghadirkan beberapa anggota penting JSA dalam petualangan perdana Black Adam (Dwayne Johnson). Itulah mengapa, saat ini banyak penggemar yang makin penasaran dengan JSA. Sebelum melihatnya langsung di film Black Adam, alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya JSA di DC Universe!

BACA JUGA: Mengenal God Squad, Tim Dewa di Marvel!

Tim Super Pertama DC

Justice Society of America adalah tim superhero DC yang pertama kali muncul pada awal tahun 40-an melalui komik All-Star Comics #3 karya Gardner Fox. Tim ini terdiri dari para superhero klasik yang cukup terkenal pada masa-masa awal DC. Mereka adalah Doctor Fate, Hourman, Spectre, Sandman, Atom, Flash Jay Garrick, Green Lantern Alan Scott, dan Hawkman. Kisah pertama JSA sendiri bercerita tentang bagaimana para pendirinya bertemu dan menceritakan kisah mereka masing-masing. Di mana hal tersebut pada akhirnya membuat mereka sepakat untuk bekerja sama sebagai tim superhero.

Alasan mengapa mereka akhirnya mau bekerja sama tidak lain adalah karena mempunyai tujuan bersama, yaitu melindungi Bumi dari segala ancamannya. Sejak saat itulah mereka kemudian mendiami markas bersama. Mulai dari hotel mewah di Kota New York, kemudian pindah ke Gotham City setelah Perang Dunia II, dan juga Civic City. Selain bermarkas di Bumi, JSA juga pernah mempunyai markas satelite di luar angkasa. Selama itu juga JSA telah beberapa kali mengalami perombakan anggota, termasuk bergabungnya Superman dan Batman sebagai anggota terhormat.

BACA JUGA: 10 Karakter yang Pernah Membunuh Superman!

Aktif di Universe Alternatif

Umumnya musuh dari JSA adalah pasukan Nazi dan bahkan tokoh nyata seperti Adolf Hitler. Itulah mengapa pada akhirnya mereka terkenal sebagai tim superhero generasi pertama yang hidup pada era Perang Dunia II. Pada tahun 50-an mereka sempat menghilang karena All-Star Comics mengalami perombakan yang besar-besaran. Namun, akhirnya mereka kembali muncul di kisah DC pada pada tahun 1961, saat Flash Barry Allen bertemu dengan Flash pertama, Jay Garrick. Pada titik inilah akhirnya terungkap bahwa JSA berasal dari Earth-2, dan para superhero modern adalah penghuni Earth-1.

Pada masa sekarang mereka lebih sering muncul dalam kisah alternatif DC. Di mana para anggota JSA terlihat menjadi mentor dari para superhero muda. Apalagi setelah semua universe bersatu di peristiwa Crisis on Infinite Earths (1985), JSA menjadi lebih pasif dan kalah populer dari Justice League of America. Walaupun begitu, semua superhero dan supervillain di semesta baru DC, yaitu New Earth, tetap mengakui keberadaan JSA sebagai tim super pertama yang beranggotakan para superhero veteran di DC Universe.

BACA JUGA: Marvel: 5 Anak Odin Paling Kuat!

Perbedaan JSA dan JLA

Pada tahun 1960, sekitar dua dekade sejak JSA berdiri, DC mulai memperkenalkan tim superhero lain selain JSA. Tim tersebut adalah Justice League of America yang debut di komik The Brave and the Bold #28. Superhero pendiri dari JLA sendiri tidak lain adalah Aquaman, Batman, Superman, Martian Manhunter, Wonder Woman dan Flash Barry Allen. Pada saat itu, tidak sedikit penggemar yang merasa tidak suka dengan kemunculan JLA yang seakan menggantikan JSA. Maka dari itu, akhirnya DC memperkenalkan konsep Multiverse, di mana JSA berada di universe yang berbeda dengan JLA.

Dari sinilah kita bisa membedakan JSA dengan JLA. Di komik JSA pada tahun 2007, Batman bahkan sempat menjelaskan bahwa “JLA adalah tim super, sedangkan JSA adalah keluarga.” Hal tersebut berdasarkan keberadaan Justice League yang merupakan tim super dengan superhero terbaik di dalamnya. Di mana mereka bertemu dan akan melakukan sebuah misi untuk melindungi Bumi. Sedangkan di sisi lain, JSA adalah sekelompok mentor dan murid superhero yang kisahnya terbentang selama beberapa generasi dengan pengalaman yang sangat banyak.

BACA JUGA: 5 Alasan Wajib Tonton Series Baru ‘Mr. Bean’, Man vs. Bee!

Itulah pembahasan mengenai Justice Society of America di DC Universe. Meskipun kisahnya tidak sebanyak JLA, tetapi penggemar setia DC pasti sepakat bahwa JSA adalah tim super legendaris yang patut kita hargai keberadaannya. Dan di film Black Adam nanti, mereka akan kembali beraksi dengan para anggota intinya. Termasuk Hawkman (Aldis Hodge), Atom Smasher (Noah Centineo), Doctor Fate (Pierce Brosnan), serta cucu superhero Red Tornado, yaitu Cyclone (Quintessa Swindell). Jangan lewatkan aksi JSA di film Black Adam yang akan tayang di bioskop pada 21 Oktober 2022.



Source by [author_name]