Kenapa Motor Vega ZR Susah Hidup, Apalagi Kalau Lama Diam
Kenapa Motor Vega ZR Susah Hidup, Apalagi Kalau Lama Diam

Kenapa Motor Vega ZR Susah Hidup, Apalagi Kalau Lama Diam

Gogandul.com ♠ Sepertinya sudah jadi bawaan motor ini dan banyak temen-temen yang cerita pengalamannya kalau motor vega zr ini memang susah hidup.  Ada banyak faktor sih yang menyebabkan vega zr susah hidupnya.

Pengalaman saya motor vega zr ini susah hidup kalau didiamkan terlalu lama, apalagi sampai nginep sehari atau sampai dua harian,awalnya saya kira adalah businya. Setelah saya ganti businya baru beberapa hari ternyata penyakit susah hidupnya kambuh lagi, setelah itu saya coba untuk membuka karburatornya dan saya bersihkan sendiri.

Komponen utama pengapian dari motor vega zr ini adalah CDI dan aki dan sudah menggunakan sistem pengapian DC atau searah. Di tambah akselerasi yang bagus, konsumsi bahan bakar yang irit dan sistem pengapian yang sudah modern membuat banyak orang yang kepincut untuk membeli motor ini.

Tapi ada satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para pengguna motor yamaha satu ini, yaitu kenapa vega ZR sering sekali susah hidup? terlebih kalau motor ini lama disimpan? Lalu apa penyebabnya?

Ada beberapa Prosedur yang basic atau mendasar dalam mencari permasalahan pada motor yang rusak, dalam hal ini motor vega ZR yang susah hidup yaitu:

  • Mulailah dari yang paling sederhana.
  • Mulailah dari yang paling sering terjadi .
  • Perhatikan sparepart yang bermasalah dan berkaitan dengan kerusakan .

Sebagai penjelasan cari permasalahan dari yang sederhana terlebih dahulu, coba cek pengapian dari busi terlebih dahulu apakah baik atau tidak. Baik disini percikan apinya besar atau kecil, pernah juga saya mengalami percikan apinya besar akan tetapi mungkin aliran arusnya sudah melemah, jadi busi harus diganti.

Jangan terburu buru untuk langsung membongkar komponen besar ,jadi harus step by step ikuti urutan dan langkahnya agar waktu untuk perbaikan tidak sia-sia.

Kalau memang busi sudah diganti akan tetapi masih ada masalah, maka sistem pengapian yang lain yang harus di cek adalah CDI, Koil dan spul.

Setelah semua komponen pengapian tidak bermasalah. Langkah selanjutnya adalah dengan mengecek dan membersihkan karburator, ini juga sering terjadi karena bensin tersendat karena kotoran bercampur air  yang mengendap di karburator.

Hal ini menyebabkan kotoran dan air yang masuk ke karburator menyebabkan ikutnya  ke cylinder yang menghambat proses pembakaran itu sendiri. Untuk itu sebaiknya servis berkala wajib dilakukan pada komponen ini.

Terakhir yaitu cek filter udara dan saluran bahan bakar (Bensin) mungkin selang bahan bakar dari tangki bahan bakar ke karburator kurang lancar. Ini juga bisa disebabkan karena tangki/selang kotor.

Jadi perlu dilakukan pengecekan semua system agar semuanya berjalan dengan normal dan baik.

Itulah sedikit penjelasan Kenapa Motor Vega ZR Susah Hidup, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *