Kisah Perjalanan Carl & Clair, Parfum Buatan Wanita UMKM Lokal

Carl & Claire

Gadgetdiva.id — Shopee kembali mengadakan Seller Story Shopee 9.9 Shopping Day, hari ini (9/6). Kali ini pelaku UMKM alias seller lokal yang mendapat tumpangan adalah Carl & Clair yang fokus membuat parfum asli Indonesia.

Dimiliki oleh seorang wanita bernama Nouva Puppita sebagai pendiri dan CEO, Carl & Clair hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian yang berkualitas. Namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Carl & Clair sendiri sudah dibangun sejak 2019. Awalnya, Nouva mengambil kesempatan pada orang terdekat. Kemudian ia memutuskan untuk mengikuti bazar offline. Dari situ, Nouva belajar banyak dari interaksi langsung dengan pembeli.

Memulai bisnis dari nol harus menemui banyak kendala, Nouve pun merasakannya. Dia mengakuinya melalui banyak tantangan.

Salah satunya ketika Calr & Clair pertama kali meluncurkan produk. Dimana banyak pembeli yang bingung karena produk yang mereka tampilkan mencapai 30 varian koleksi.

“Bahkan dari tidak kurang dari 30 varian yang dijual tanpa meneliti kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai harapan bahkan membingungkan sebagian besar pembeli. Dengan banyaknya variasi yang ditawarkan,” ujar Nouva Pupita.

Carl & Claire

Belajar dari kegagalan tersebut, Carl & Clair selalu melakukan pemetaan konsep sebelum meluncurkan berbagai koleksi. Pemetaan konsep dikategorikan sesuai dengan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat.

“Sejalan dengan misi awal kami untuk membangun kepercayaan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” tambah Nouva.

Nouva sendiri juga membocorkan rahasia kualitas produk Carl & Clair. Dengan memproduksi minyak wangimembutuhkan lebih dari seribu percaya bahan untuk menciptakan aroma.

Proses produksi parfum kelas atas membutuhkan kolaborasi dari ahli parfum spesialis bersertifikat yang bekerja sama rumah perancis dari berbagai negara. Ini merupakan bentuk komitmen Carl & Claire untuk memperkenalkan wewangian kelas dunia ke pasar Indonesia.

Jadi, ketika Anda mencium parfum, bukan hanya indera penciuman yang bekerja, imajinasi dan emosi tampaknya bersatu untuk menciptakan ruang memori positif. Disinilah peran Carl & Claire memberikan kebebasan imajinasi penggunanya dalam sebuah parfum.

“Kedepannya, Carl & Claire berharap dapat terus memberikan dampak kepada penggunanya sehingga mereka dapat merasa lebih percaya diri dengan koleksi wewangian yang ditampilkan,” ujar Nova.

Carl & Clair secara resmi memperluas Shopee pada tahun 2021

Untuk mengembangkan bisnisnya, Carl & Clair resmi bergabung dengan Shopee pada tahun 2021. Menurut Nouva, langkah ini bisa memperkuat kehadiran di ranah digital, karena dengan ShopeeMall, Nouva yakin akan semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai sebuah brand.

Pihaknya melihat platform e-commerce seperti Shopee tidak hanya memberikan kemudahan, tetapi juga menjadi wadah bagi brand atau penjual, terutama pelaku bisnis lokal, untuk mengembangkan potensinya. Berbagai fitur dan program yang ditawarkan Shopee telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar, baik pembeli maupun penjual.

Carl & Claire

Salah satunya adalah panduan dari tim Shopee bagi penjual untuk memanfaatkan fitur dan program yang tersedia dalam pengembangan produk maupun di toko. Selain itu, Carl & Claire juga memanfaatkan Program Afiliasi Shopee. Dengan fitur ini, Nouva merasa sangat berguna dimana produk Carl & Claire dapat dipromosikan, sehingga meningkatkan daya tarik pengguna untuk membeli produk mereka.

“Kami merasa ini sangat membantu dan mengucapkan terima kasih kepada Shopee. Apalagi di tengah situasi pandemi, di mana kami sebagai pelaku bisnis menghadapi pembatasan ruang dan perubahan gaya hidup masyarakat,” ujar New.

Selain itu, Nouva juga mendorong semua UKM yang kesulitan. Dia menyatakan bahwa sSeberat apapun rintangan di awal, ingatlah bahwa akan banyak hal baik dan kesuksesan menunggumu di akhir.

Ibarat mengayuh sepeda, awalnya terasa berat, namun lama kelamaan ban akan berputar dan meringankan beban. Bukan tentang cepat menyerah, berani mendobrak hal baru, karena kegagalan bukan berarti menyerah tapi awal dari kesuksesan.

Lihat berita teknologi, ulasan gadget, dan video Gadgetdiva.id di Google Berita.

Tinggalkan komentar