Kolaborasi dengan platform pembelajaran, klinik pintar memungkinkan dokter menjadi tenaga kesehatan

Smart Clinic meluncurkan ruang kelas virtual para dokter berdaya yang didukung oleh Bundamedik Healthcare System (BMHS). Kelas virtual ini dapat diakses di platform pembelajaran Terampil.comdimana rumahnya? pengguna adalah dokter umum dan petugas kesehatan klinis. Mitra Klinik Pintar dapat mengakses semua modul secara gratis, sedangkan untuk pengguna publik, dapat mengakses materi secara terbatas.

Smart Clinic percaya bahwa ruang kelas virtual ini diperlukan untuk meningkatkan daya saing dokter umum dan tenaga kesehatan. Menurut CEO Smart Clinic, Harya Bimo, ada dua kendala utama yang sering dihadapi oleh profesi GP. Pertama, tantangan dari sisi internal. Saat ini, dokter umum di Indonesia sangat sulit untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkini di bidang kedokteran.

“Dokter umum yang bekerja di klinik biasanya memiliki jam kerja yang panjang yang digunakan untuk perawatan pasien (praktik) dan urusan administrasi lainnya. Bahkan, dokter juga diwajibkan memperbaharui Satuan Kredit Profesi (SKP) dan mengambil sertifikasi penting untuk menunjang keahliannya,” kata Bimo.

Tantangan kedua adalah keterbatasan akses pembelajaran, terutama bagi pemilik klinik dan petugas kesehatan. Informasi tentang pengelolaan klinik kesehatan masih sangat terbatas untuk didapatkan.

Klinik kesehatan swasta seringkali dijalankan secara mandiri dan tanpa pedoman operasi standar yang sama. Hal ini menyebabkan terbentuknya anggapan umum di masyarakat bahwa klinik kesehatan swasta cenderung kurang meyakinkan dari segi pelayanan dan kualitas.

"Klinik pintar"

“Ini salah paham dan perlu segera diluruskan. Klinik swasta sebenarnya garda utama yang harus diluruskan leher perawatan pasien selama situasi pandemi dan krisis kesehatan di semua negara. Oleh karena itu, penting bagi klinik kesehatan swasta dilengkapi dengan pengetahuan standar tentang manajemen klinis, ”tambah Bimo.

CEO Terampil.com Amrullah Azmy mengatakan, “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Smart Clinic untuk menyasar audiens di kalangan medis. Hal ini tentunya sejalan dengan misi kami untuk memberikan akses pembelajaran yang komprehensif dan mudah bagi semua kalangan,” jelasnya.

Terampil.com sebagai penyedia platform menyediakan akses modul pembelajaran dengan metode sebagai berikut: sesuai permintaan, siaran langsung dan juga sertifikasi on line sehingga secara masif dapat mencapai dan memberikan standar kompetensi bagi dokter dan tenaga kesehatan lainnya di seluruh Indonesia

Klinik Pintar telah mengembangkan enam bidang keahlian yang menjadi pusat program LMS, yaitu Obstetri dan Ginekologi, Penyakit Dalam, Anak, Gizi, Kedokteran Olahraga, dan Manajemen Klinis.

Pemilihan bidang kompetensi ini disesuaikan dengan kebutuhan mitra klinis sehingga diharapkan dapat mendukung kinerja tenaga kesehatan dan manajemen klinis di klinik masing-masing. Dalam merancang program ini, Klinik Pintar banyak berkonsultasi dengan berbagai rekan dokter spesialis, termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Tujuannya adalah agar modul yang dirancang benar-benar mutakhir, sejalan dengan kondisi kehidupan nyata di lapangan, sehingga dokter dan petugas kesehatan memiliki pandangan yang lebih luas tentang dinamika industri perawatan kesehatan saat ini,” kata Bimo.

Setiap modul berisi klip video pendek yang dibagi menjadi beberapa sub bab dan dilengkapi dengan soal-soal tes di akhir setiap klip video. Setelah mengakses seluruh modul, ada post-test untuk menguji wawasan pengguna terhadap materi pembelajaran.

Baca Juga: Tokopedia Perkenalkan Paket Berlangganan ‘PLUS by GoTo’, Nikmati Pengiriman Cepat dan Gratis Ongkos Kirim Sepuasnya

Tinggalkan komentar