Manfaat pijat drainase limfatik – Portal Wanita Muda

Tahukah Anda bahwa tubuh kita memiliki sistem canggih yang dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan tubuh secara keseluruhan? Namun, sistem ini pertama-tama harus diaktifkan dengan rangsangan lembut dan dengan minum banyak air. Apa nama sistemnya? Sistemnya adalah sistem limfatik atau getah bening.

Sayangnya, sistem limfatik ini cenderung diabaikan oleh kita para wanita. Namun, diaktifkan atau tidak, perannya tetap penting dan vital.

“Jika sistem limfatik tidak bekerja dengan baik, itu akan dengan cepat menyebabkan penyakit,” kata dokter estetika Natalie Geary, penggemar pijat drainase limfatik untuk membantu membentuk tubuh dan menghilangkan lemak sehat. Dr Natalie hanyalah salah satu dari banyak dokter estetika dan ahli kecantikan Inggris yang telah menganut teori kesehatan limfatik (sudah lama dikenal di Eropa dan Asia) dalam beberapa tahun terakhir.

Pijat drainase limfatik semakin populer karena pandemi. Umumnya, peminat pijat ini secara teratur memiliki salon kecantikan dan klinik yang menawarkan layanan pijat drainase limfatik. Tetapi jika Anda ingin menghemat uang, Anda bisa melakukannya di rumah!

Baca juga: 4 kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajah

Pijat drainase limfatik adalah perawatan “detoks” lembut yang benar-benar membantu tubuh Anda membuang racun dan mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah dan memerangi cedera serta lesu, yang telah banyak dilaporkan dengan peningkatan WFO dan penurunan mobilitas akibat pandemi. Mungkin pijatan ini bahkan memiliki peran dalam pencegahan penyakit Alzheimer.

Limpa atau kelenjar getah bening yang sehat juga dapat membuat Anda terlihat lebih baik, membantu memperbaiki kulit yang tersumbat, bengkak atau meradang, kembung dan selulit. Tidak heran Dr. Geary menjadikan limpa sebagai senjata utama program “penuaan dengan energi” -nya.

Apa itu sistem limfatik?

Manfaat pijat drainase limfatik
Foto: jalan rayaimportirsonlineshop

Juga dikenal sebagai getah bening, sistem limfatik adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh kita dan membantu melindungi kita dari penyakit dan cedera. Kadang-kadang digambarkan sebagai “tanaman detoks” atau “pusat kendali penyakit”, mereka adalah jaringan saluran, kanal, dan simpul yang luas yang tugasnya memandikan sel-sel dalam cairan yang membantu mengantarkan nutrisi dan oksigen dari aliran darah.

Getah bening juga bertanggung jawab untuk mengangkut polutan, limbah metabolisme, dan racun dari sel ke hati dan ginjal, stasiun pemrosesan racun tubuh. Sistem limfatik dan peredaran darah bekerja bersama, tetapi perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa darah memiliki pompa (jantung) yang menggerakkannya ke seluruh tubuh, sedangkan cairan limfatik tidak. Itu bergantung sepenuhnya pada gerakan kontraksi otot, gravitasi dan pernapasan untuk membuatnya tetap mengalir.

“Pikirkan sistem ini sebagai aliran,” kata Dr. Geary. “Jika kita mengalami dehidrasi, sungai mengering, meninggalkan lumpur yang mengalir lambat. Jika gambaran mental itu tidak cukup, pertimbangkan bahwa getah bening terlibat dalam 70% dari semua penyakit kronis. Peran limpa atau getah bening sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh kita. “

“Cairan limfatik membawa sel-sel kekebalan ke kelenjar getah bening kita, di mana semua kekebalan yang diperoleh terhadap infeksi dan virus terjadi,” kata Profesor Peter Mortimer, seorang spesialis kedokteran limfovaskular. “Tanpa itu, kami tidak akan bisa mengatasinya.”

Cara terbaik untuk meningkatkan kinerja sistem limfatik

Mempertahankan aliran getah bening sebenarnya lebih mudah dan lebih murah daripada yang Anda kira. Penasaran? Lanjutkan menggulirWanita!

1. Pijat drainase limfatik manual

Pijat drainase limfatik manual adalah teknik khusus; semua metode berasal dari metode “Vodder”, teknik lembut dan berulang menggunakan gerakan melingkar untuk “memompa” cairan ke dalam kelenjar getah bening. Yang terbaik adalah mempercayakan teknik ini kepada seorang profesional. Namun, wanita bisa melakukannya sendiri di rumah sambil menyikat gigi. Cara ini sederhana namun efektif. Ladies hanya butuh waktu sekitar satu atau dua menit untuk melakukan teknik pijat ini ke seluruh tubuh sebelum mandi, mudah, dan cepat, biasakan!

Wanita dapat menggunakan tangan atau sikat lembut selama pijatan ini.

Menggunakan sapuan panjang dan ringan (tekanan terlalu banyak tidak akan mempengaruhi getah bening yang sangat dekat dengan permukaan), angkat satu kaki ke atas kaki lainnya, lalu sikat dari panggul, lalu punggung dan tangan ke arah tulang selangka. Kemudian sikat dari leher ke tulang selangka. Sikat juga siku, lutut, ketiak dan belakang telinga. Semua pukulan terasa kesemutan, tidak gatal dan akan membuat Anda merasa segar kembali.

Jika Anda tidak menyukai rasa gatal pada sikat tubuh, ganti sikat dengan Jade Body Comb, yang bekerja dengan sapuan ringan yang sama tetapi lebih lembut dan telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok selama berabad-abad, ribuan tahun. Ini memiliki manfaat tambahan sebagai pemijat kulit kepala yang akan membantu merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Mandi air panas dan dingin

Manfaat pijat drainase limfatik
Foto: kompas

Terinspirasi oleh pemandian Tiongkok kuno, ritual meningkatkan sirkulasi ini bergantian antara mandi air panas dan dingin atau mandi air dingin. Wanita bisa mandi air panas selama 10 menit, lalu air dingin selama 1 menit, ulangi tiga hingga empat kali.

“Cara ini sangat cocok dilakukan sebelum tidur karena memberikan manfaat seperti peningkatan metabolisme, peningkatan hormon antidepresan, dan pembuangan racun.”

3. Terus bergerak

Manfaat pijat drainase limfatik
Foto: di luar ruangan online

Apa pun yang Anda lakukan setiap hari yang dapat meningkatkan detak jantung atau mengarahkan cairan limfatik ke kelenjar getah bening dan jantung Anda. Cairan tersebut akan kembali ke aliran darah sebelum disaring dan buang air kecil. Menurut Willcocks, itu baik untuk getah bening kita, nona. “Pikirkan aktivitas seperti melompat ke atas dan ke bawah, memantul sambil berdiri, meregangkan, bernapas dalam-dalam, dan/atau melakukan inversi – berbaring telentang dengan kaki menempel ke dinding sama baiknya dengan melakukan sandaran kepala.”

4. Minum minimal dua liter sehari

Manfaat pijat drainase limfatik
foto: setu

Air membentuk 96% dari cairan limfatik dan membutuhkan pengisian ulang yang konstan agar tetap jernih dan mengalir. Spesialis drainase limfatik Flavia Morellato mengatakan jumlah air yang tepat untuk diminum adalah 35ml untuk setiap pon berat badan, yang secara kasar turun menjadi minimal dua liter per hari.

5.Guasha

Manfaat pijat drainase limfatik
Foto: guashawholesale

Menggunakan Batu Gua Sha untuk Pijat Wajah Drainase Limfatik darihembusan efektif, tetapi Anda harus melakukannya dengan benar atau Anda akan melakukan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. “Pegang batu Anda hampir rata saat Anda meluncur di sepanjang kulit setelah mengoleskan banyak minyak (atau susu pembersih lembut jika Anda memiliki kulit berminyak). Menarik kulit atau membuatnya merah adalah kontraproduktif,” jelas Guendalina Gennari, spesialis wajah dan terapis pijat. .

“Selalu pindahkan batu dari tengah wajah ke belakang telinga, lalu ke tulang selangka, tempat kelenjar getah bening berada.” Sebagai alternatif, ia merekomendasikan pijat manual DIY ini: “mulai dari tulang selangka, naik ke bagian belakang telinga, lakukan sapuan datar kecil dengan tangan (gunakan tangan kanan Anda untuk melakukan sisi kiri leher dan sebaliknya) “Lakukan hal yang sama dari tengah dagu dan lipatan nasolabial ke arah luar. Kemudian kerjakan dari sudut dalam mata menuju pelipis dan dari tengah dahi menuju garis rambut. Ulangi setiap gerakan lima kali.

Semoga berhasil, wanita!

Sumber: getthegloss.com