Marvel: Para Superhero yang Pernah ke Indonesia!


Seperti yang kita tahu Marvel Universe adalah semesta komik yang terbentang sangat luas dari ujung Bumi sampai ke ujung kosmos. Berdasarkan hal tersebut tidak aneh jika pada akhirnya ada banyak lokasi di Bumi yang muncul dalam kisah Marvel Universe. Tanpa terkecuali Indonesia, yang ternyata di dalamnya ada banyak sekali lokasi vital. Dari mulai Temple of Three yang menjadi tempat perkumpulan para penyihir, sampai pantai Chaparanga yang menjadi kuburan pesawat luar angkasa di Marvel Universe.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat sejumlah superhero populer Marvel berkunjung ke Indonesia untuk menyelesaikan misi mereka. Berikut ini para superhero yang tercatat dalam sejarah Marvel pernah melakukan kunjungan ke Indonesia!

BACA JUGA: 7 Avengers Tanpa Anggota Inti!

Doctor Strange

Jarang penggemar yang tahu bahwa di Indonesia, tepatnya di hutan hujan Jawa Barat, ada sebuah lokasi yang sangat erat hubungannya dengan dunia sihir Marvel. Lokasi tersebut adalah Temple of Three, kuil sakral tempat entitas gaib Vishanti mengadakan pemilihan Sorcerer Supreme. Di tempat ini penyihir sakti Aged Genghis memanggil para calon Sorcerer Supreme, termasuk Doctor Strange, untuk kemudian mempertemukan mereka dalam sebuah turnamen. Pada titik inilah Temple of Three menjadi saksi bisu atas terpilihnya Doctor Strange sebagai Sorcerer Supreme di Marvel Universe.

Punisher & Thor

Punisher dan Thor adalah dua karakter Marvel yang sebenarnya jarang bertemu. Namun, di kisah Punisher: War Zone Vol. 3 #3, Thor mendapatkan misi dari Avengers untuk mencari sekaligus menghentikan aktivitas Punisher di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pada saat itu, Punisher tengah bertempur melawan paramiliter yang menurutnya telah menyebabkan kekacauan di Palu. Di sisi lain Thor tidak punya pilihan lain selain bertempur dengan Punisher, sebelum akhirnya dia menang dan bisa menyampaikan pesannya. Alasan Marvel menceritakan kunjungan Thor ke Kota Palu, mungkin karena dia menggunakan ‘palu’ Mjolnir sebagai senjata andalannya.

Wolverine

Selain terkenal sebagai mutan yang aktif di Madripoor, Logan alias Wolverine juga pernah benar-benar berkunjung ke Indonesia, tepatnya ke pulau fiktif Telambang. Muncul pertama kali di komik Wolverine Vol. 2 #1, Marvel menggambarkan Telambang sebagai salah satu pulau terpencil yang terletak di tengah kepulauan Indonesia. Misi utama Wolverine di pulau ini sebenarnya adalah menyelamatkan seorang warga Jepang bernama Kojima Noburo. Namun dalam prosesnya dia juga berhasil menyelamatkan Captain Lee Kwan Pen dari para bajak laut jahat yang dipimpin oleh Banapur Khan.

Avengers & X-Men

Di kisah ‘Avengers vs. X-Men‘, dua tim populer ini pernah diceritakan saling bertemu dan bertarung di Pantai Chaparanga. Menariknya, Chaparanga sendiri adalah pantai fiktif di Indonesia yang dijadikan sebagai tempat vital untuk pembuangan pesawat luar angkasa. Di tempat inilah Avengers berusaha untuk menangkap mutan ahli telepati Rachel Summer, sebelum akhirnya para X-Men datang dan pertempuran pun akhirnya terjadi.

Adapun para anggota Avengers yang terlibat dalam pertempuran di Indonesia ini adalah Captain America, Spider-Woman, Hawkeye, Thor, Wolverine, Beast, Black Widow, War Machine, Quicksilver, dan Giant-Man. Sedangkan dari kubu X-Men ada Rachel Grey, Iceman, Angel, Kid Gladiator (Kubark), dan Namor the Sub-Mariner. Pertempuran baru berhenti setelah Charles Xavier menidurkan mereka semua.

New Warriors

New Warrior adalah tim superhero Marvel yang beranggotakan para superhero menarik, termasuk Justice, Sun Girl, Speedball, Nova Sam Alexander, dan Silhouette. Di komik New Warriors Vol. 5 #7, para New Warrior dan Scarlet Spider pernah berusaha menyelamatkan Sun Girl dan Haechi dari para inhuman yang menculik dan menawan mereka di Jakarta. Meskipun pada akhirnya para New Warrior berhasil menyelamatkan teman-temannya, tetapi Lash dan inhuman jahat lainnya berhasil kabur berkat kekuatan darkforce milik inhuman dari Indonesia bernama Nightfall.

BACA JUGA: Mengenal Nightfall, Inhuman Marvel Asal Jakarta!

Itulah para superhero Marvel yang pernah berkunjung ke Indonesia. Jika kita jumlahkan semuanya setidaknya ada lebih dari dua puluh superhero yang pernah melakukan misi di Indonesia. Beradasarkan hal tersebut, cukup jelas bahwa Indonesia adalah negara yang cukup spesial di Marvel Comics. Baik itu lokasi fiktif, seperti Chaparanga, Temple of Three, atau Tembalang, maupun lokasi asli, seperti Palu dan Jakarta, tidak bisa kita mungkiri bahwa berbagai lokasi di Indonesia ini telah menorehkan sejarah yang cukup penting untuk keseluruhan cerita di Marvel Universe.

The post Marvel: Para Superhero yang Pernah ke Indonesia! appeared first on Greenscene.



Source by [author_name]

Tinggalkan komentar