Masakan Uni Lien Kalimalang, Mau Konsisten Rasanya

dapur bersatu kalimalang link
Rosmalinda, pemilik Kitchen Uni Lien Kalimalang

Gadgetdiva.id — 17:35 Untungnya itu hari Sabtu. Saatnya untuk bersantai dan tetap berhubungan dengan teman-teman. Di restoran, kami mengharapkan seorang teman dari sekolah menengah. Kebetulan ia memiliki usaha kuliner bernama Kitchen Uni Lien Kalimalang. Diambil dari namanya, Linda. Padahal, namanya Rosmalinda, tapi tanpa Ayamar.

Tiga menit kami duduk, seorang wanita bercadar bunga mendekat. Dia membawa kantong plastik berwarna putih. Di dalamnya ada dua wadah plastik untuk mengemas potongan ayam berwarna cokelat tua. ‘Kitchen Uni Lien’ Kalimalang memiliki stiker yang tertulis di tutup wadah plastiknya.

dapur bersatu kalimalang link
Ayam bakar siap disantap.
Dapur Uni Link
Ayam bakar siap dimasak untuk kuah kaldu di rumah.

Aku memanggilnya Rosma. Nama Uni diambil karena merupakan keturunan dari keluarga Padang di Sumatera Barat. Saat ini, ia mengontrak rumah bersama suaminya di sekitar Kalimalang. Wajar jika dia yang mengantarkan pesanannya sendiri. Pasalnya selain yang memesan adalah temannya sendiri, lokasinya tidak begitu jauh. “Hubungan. Kasihan duit gojek,” ujarnya sambil tersenyum.

Dapur uni link kalimalang
Rosmalinda, pemilik Kitchen Uni Lien Kalimalang

Rosmalinda (tanpa Ayamor) sudah lama berkecimpung di bisnis kuliner. Jiwa pedagangnya berasal dari keluarga. Keluarganya memiliki restoran Padang di daerah Otista. Di masa lalu, ia menjual barang-barang seperti pakaian Muslim. Omset pada saat itu benar. Namun menurutnya memasak adalah “cara ninja” karena tangannya selalu ringan saat mengaduk bumbu atau sambal.

Tentu saja. Saat kami mencoba ayam bakar Uni Lien di rumah, bumbunya sangat kental. khas padang. Ada sedikit rasa pedas, manis, asin bercampur jadi satu. Itu sesuai dengan selera saya dan anak-anak saya juga. Satu paket polystyrene berisi 8 potong besar ayam. Harganya sekitar Rp 65.000 per porsi. Terkadang saya membeli dua porsi dan habis hanya dalam dua hari. Padahal kami hanya berempat, saya, suami, dan dua anak kami.

dapur bersatu kalimalang link
Proses memasak ayam bakar di Uni Lien Kitchen.

Saat ditanya apa resep rahasianya, “Tidak, tapi dia membuatnya dengan hati dan kesabaran,” jawab Rosma sambil tertawa.

Klise memang. Maklum, di mana-mana tidak ada penjual kuliner yang mau berbagi resep rahasianya. Ini adalah hal yang umum. Tapi jawabannya sedikit menyentuh saya. Karena semuanya harus dilakukan dengan hati dan kesabaran. Hanya demi uang, banyak orang yang terburu-buru memproduksi produknya dalam jumlah banyak. Padahal, kepuasan pelanggan adalah yang terpenting. Merupakan kewajiban untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Tapi itu juga harus diimbangi dengan kemampuan kita sendiri. Jangan buta dengan banyaknya pesanan dan kemudian menghasilkan produk dengan tergesa-gesa. Sampai Anda lupa garam.

Tak heran kalau Uni Lien Grilled Chicken selalu mantap rasanya. Tidak pernah berubah.

Rosma sendiri adalah seorang pekerja kantoran. Dia pernah menjadi anggota staf sebuah perusahaan logistik. Namun ia memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan untuk mengejar passion kulinernya. Ternyata tangannya lebih jago main spatula dan penjepit.

Selain membuat ayam bakar, ia juga sering membantu ibunya di rumah makan keluarga Padang. Terkadang pada pagi hari di akhir pekan, ia dan ibunya membuka lontong sayur padang di pertigaan jalan dekat rumahnya. Hanya dalam waktu 3 jam, sayur longong ludes terjual. Lagi-lagi karena Sayur Padang longong biasanya memiliki rasa yang lebih kuat. Termasuk tumbuhan paku-pakuan yang jarang ditemukan di Jakarta.

“Selain membantu ibu saya, saya juga ingin punya penghasilan. Bantu suami. Saya ingin punya uang jajan sendiri,” kata Rosma.

Resep Masakan Uni Lien Kalimalang

Sayangnya, Rosma tidak mau menjual ayam bakar atau sayur panjangnya melalui media digital. Dia hanya memasarkannya melalui WhatsApp, mempromosikannya di grup komunitas yang dia ikuti. Terkadang ada satu atau dua postingan di Instagram. Ia merasa tidak sempat berurusan dengan media sosial untuk berjualan, apalagi membuka rekening di e-commerce atau platform pemesanan online seperti Gojek atau Grab.

“Iya tadi, saya ingin rasa ayam bakarnya tetap konsisten. Jadi sekarang kami hanya menerima pesanan WhatsApp saja,” kata Rosma.

Tidak hanya ayam bakar, Kitchen Uni Lien juga menjual segala macam masakan ayam. Mulai dari ayam goreng, ayam ungkep atau ayam ungkep bakar yang bisa dijadikan kaldu makanan sehari-hari. Atau jika ingin pesta, Uni Lien bisa menyiapkan nasi kotak dengan harga terjangkau.

Aku tidak percaya, ini sudah jam 10:30 malam. Menutup percakapan kami, dengan bercanda saya menyarankan agar nama ayam bakarnya diganti dari Kitchen Uni Lien Kalimalang menjadi “Ayamore” tanpa Rosmalinda. Dia juga tertawa.

Tinggalkan komentar