“Media sosial itu love-hate relationship, kok bisa?

Twinda Rarasati

Gadgetdiva.id — Presenter Twinda Rarasati yang bernama lengkap Twinda Rarasati Pringgoredjo yang juga seorang dokter ini disibukkan dengan profesi barunya sebagai freelance digital content creator.

“Sekarang saya sibuk mengurus rumah dan mengurus profesi saya sebagai fulltime freelance digital content creator,” kata Twinda Rarasati saat ditemui di sebuah acara di sana beberapa waktu lalu.

“Saya juga membuat podcast dengan pasangan saya, Podcast Tentang Nada,” tambah Twinda Rarasati.

Sebagai content creator, komunikasi MC sangat diperlukan, apalagi fitur yang sangat sering digunakan Twinda Rarasati di masa pandemi beberapa tahun terakhir ini.

Twinda Rarasati

“Video call! Selama 2 tahun terakhir, saya sedikit cemas setiap kali ingin bertemu keluarga. Entah bagaimana komunikasi kami dapat berlanjut karena ada panggilan video rutin dengan keluarga”, kata Twinda yang pernah tampil di The East NET, pembawa acara Indonesia Morning Show NET dan NET TV Weekend List tentang fitur-fitur yang disukainya di smartphone.

“Tidak bisa menggantikan perasaan bertemu secara langsung tentunya, tapi setidaknya komunikasi bisa berlanjut dan bisa menemani keluarga jauh. Jadi senang melihat keluarga yang sudah tua (lansia) belajar mengaktifkan video di ponselnya, hahaha,” katanya.

Berbicara tentang teknologi yang semakin canggih, Twinda ingin memiliki fungsionalitas pada smartphone Hologram.

“Hologram. Asyiknya pas nelpon, orangnya muncul di depan mata, hahaha,” ujar artis pemilik ponsel pertama Nokia 7610 itu.

Twinda Rarasati

Sebagai publik figur yang sibuk, media sosial menjadi salah satu platform Twinda untuk memberikan informasi kepada para penggemarnya. Namun terkadang media sosial juga akan tampil sebagai haters – haters.

Bagi Twinda, tak perlu khawatir, ia lebih fokus pada dirinya sendiri, meski mengaku sempat berpikir untuk menghentikan jejaring sosial.

“Para pembenci akan membencimu hehe. Tapi oke, Tidak Ada orang yang sempurna, pasti ada kekurangannya. Yang penting fokus pada diri sendiri, karena menyenangkan orang lain tidak ada habisnya.

Twinda Rarasati

“Tidak pernah. Hubungan saya dengan media sosial adalah hubungan cinta-benci. Di satu sisi, media sosial sangat membantu saya, bahkan pekerjaan saya saat ini cukup erat kaitannya dengan media sosial. Tapi suatu ketika, saya merasa bingung, seolah-olah media sosial adalah tempat kita mencari validasi dari orang lain, selalu membandingkan diri kita dengan pencapaian orang lain. Akhirnya, saya sempat rehat sejenak dari media sosial dan membaca buku “digital minimalis” , kata Twinda.

Di sana saya belajar, memang kita hidup di era digital, jadi harus mengikuti, tapi ada cara agar tidak “terjebak” di jejaring sosial, yaitu dengan menggunakan jejaring sosial media sebagai alat, bukan alat, ” ujar artis pemilik ponsel Nokia 8310, N-Gage, Nokia 7610, Blackberry Gemini, Blackberry Dakota, iPhone 6, iPhone 10, iPhone 11 Pro Max, iPhone 13 Pro.(EH).