Mengapa Justice League Tidak Muncul di Black Adam?

Setelah penantian yang cukup panjang akhirnya film Black Adam dari DCEU tayang juga. Sesuai dengan judulnya, film ini berfokus pada Black Adam dari Dwayne Johnson di jagat sinema DCEU. Dalam petualangannya kali ini dia harus berurusan dengan tim superhero Justice Society yang menilai perbuatannya dapat membahayakan Bumi. Namun dalam prosesnya, Adam dan Justice Society akhirnya harus bekerja sama untuk menghadapi ancaman yang jauh lebih berbahaya, yaitu supervillain iblis Sabbac.

Bagi yang sudah menonton pasti sadar bahwa plot film Black Adam hampir mirip seperti film Justice League (2017) versi Joss Whedon. Di mana para superhero harus bekerja sama untuk menghadapi supervillain yang membawa pasukannya ke Bumi. Dalam kasus Black Adam, kemunculan Sabbac telah membuka gerbang neraka yang dapat mengancam Bumi secara keseluruhan. Berdasarkan tingkat ancaman tersebut, sekarang yang jadi pertanyaan mengapa tim superhero sekuat Justice League tidak muncul juga? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Kemunculan Superman di Credit Scene

Mengingat Justice League adalah tim superhero yang sudah lebih dahulu debut di DCEU, seharusnya mereka adalah pilihan pertama untuk menghadapi ancaman besar di film Black Adam. Faktanya, terlepas dari kehebatan Justice Society yang masih bisa kita perdebatkan, yang muncul di filmnya malah Hawkman, Doctor Fate, Atom Smasher, dan Cyclone. Di mana secara pengalaman, mungkin hanya setengah dari mereka yang benar-benar sudah siap secara mental. Masalah ini menjadi lebih membingungkan setelah Superman Henry Cavill muncul di akhir filmnya.

Mengapa Justice League Tidak Muncul di Black Adam?, Greenscene

Di pertengahan credit scene, setelah Sabbac kalah, Amanda Waller dari A.R.G.U.S. muncul secara virtual di Kahndaq melalui sebuah drone. Dalam video tersebut dia mengancam Adam untuk tetap di Kahndaq. Jika tidak, Amanda berani menjamin bahwa Adam akan menghadapi seseorang yang tidak berasal dari Bumi. Saat Adam menghancurkan dronenya, muncullah sosok Superman dari kepulan asap. Dia mengatakan kepada Adam, “mari kita berbicara.” Kemunculan Superman ini justru memicu pertanyaan baru, kenapa tidak sejak awal Amanda menghubungi Superman dan Justice League?

Alasan Justice League Tidak Hadir

Alasan Justice League tidak hadir, sebenarnya sangat terkait dengan keberadaan Justice Society di filmnya. Saat Justice Society akan memulai misi mereka, terlihat Hawkman sebagai pemimpinnya menghubungi Amanda Waller untuk berdiskusi. Amanda awalnya bertanya kepada Hawkman, siapa saja anggota tim Justice Society. Saat mendengar nama Doctor Fate, Atom Smasher, dan Cyclone, Amanda ragu mereka akan berhasil, mengingat kekuatan Black Adam yang sangat luar biasa. Namun, Hawkman hanya membalasnya dengan mengatakan, “tugasmu hanya menyiapkan penjara yang bisa menahannya.”

Mengapa Justice League Tidak Muncul di Black Adam?, Greenscene

Adegan tersebut seakan terlihat Amanda yang pertama menghubungi Justice Society untuk menangkap Black Adam. Padahal sebaliknya, Hawkman adalah orang pertama yang tampaknya menghubungi Amanda untuk meminta informasi terkait Black Adam, sekaligus sebuah tempat yang bisa mengurungnya. Hal ini bisa kita lihat di komik prekuel yang berjudul Black Adam: The Justice Society Files. Di mana orang pertama yang mengetahui bahwa Black Adam dan Sabbac akan muncul adalah Doctor Fate anggota Justice Society. Hawkman yang merasakan hal yang sama lantas membentuk kembali Justice Society.

Berawal dari kisah komik itulah kemungkinan besar Hawkman langsung menghubungi Amanda dari A.R.G.U.S. Yang memang berfungsi sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk membantu para superhero. Hal ini juga yang secara tidak langsung menjelaskan mengapa tidak Justice League saja yang turun langsung. Jawabannya, karena sejak awal yang pertama kali melihat penerawangan masa depan tentang bencana di Kahndaq adalah Justice Society, bukan Justice League apalagi Amanda Waller.

Mengapa Superman Tidak Bersama Justice League?

Setelah mengetahui alasan mengapa Justice League tidak muncul untuk meringkus Black Adam dan Sabbac, mungkin di hati kita masih tersisa sedikit pertanyaan, mengapa di credit scene-nya Superman tidak muncul bersama Justice League? Alasannya lebih sederhana dari sebelumnya, karena mungkin yang lain tengah sibuk dengan urusannya masing-masing. Karena tidak selamanya superhero hanya standby untuk menunggu telepon dari Amanda Waller. Umumnya mereka pasti mempunyai kesibukan sendiri dengan masalah di wilayahnya. Misalnya Batman di Gotham, Aquaman di Atlantis, dan sebagainya.

Mengapa Justice League Tidak Muncul di Black Adam?, Greenscene

Alasan yang paling utama adalah karena memang credit scene di film Black Adam berfungsi untuk mengonfirmasi kembalinya Superman Henry Cavill ke DCEU. Karena sebelumnya nasib karakternya sempat tidak jelas setelah visi SnyderVerse di DCEU tidak diteruskan. Kemunculan solonya di film Black Adam ini secara tidak langsung menjanjikan bahwa Superman Henry Cavill akan kembali pada masa depan DCEU. Mungkin di film Black Adam 2 atau di film solo keduanya Man of Steel 2. Mungkin jika anggota Justice League yang lain muncul juga, hal tersebut malah akan merusakan momen dari adegan tersebut.

Itulah pembahasan tentang mengapa Justice League tidak muncul di film Black Adam. Jawabannya adalah karena memang mereka tidak tahu apa yang akan terjadi di Kahndaq. Yang mengetahui semuanya hanyalah Justice Society, di mana Hawkman lantas menghubungi Amanda Waller dari A.R.G.U.S. untuk mendapatkan informasi dan bantuan yang dapat memudahkan misi mereka. Kemunculan Superman sendiri bukan untuk memperkenalkan Justice League ke Black Adam. Melainkan karena memang hanya Superman yang dapat memandingi kekuatan Black Adam.

Tinggalkan komentar