Mengatasi token tidak bisa diisi pada listrik prabayar

Gogandul.com ♠ Ketika meteran listrik tinggal sedikit dan bunyi meteran sudah sangat mengganggu maka harus segera membeli nomor token, terus apa jadinya jika token tidak bisa diisi pasti panik dan bikin kesal tentunya.

Jangan khawatir saya juga pernah mengalami masalah token tidak bisa diisi pada alat meteran prabayar, jangan terburu-buru untuk menghubungi nomor PLN, cek terlebih dahulu apa penyebab token gagal dan tidak bisa diisi.

Sebenarnya untuk memasukkan token listrik sangatlah gampang, setelah membeli token di tempat pulsa listrik lalu kita tinggal memasukkan angka token 20 digit, lalu di enter maka secara otomatis nomor meteran akan bertambah.

Tapi perlu diketahui bahwa jangan sampai memasukkan nomor token salah sampai 3 kali, yang akibatnya maka token listrik akan secara otomatis akan diblokir oleh system karena dianggap memasukkan nomor yang palsu atau salah.

Kalau sudah terblokir maka akan lebih ribet lagi soalnya kamu harus mendatangi kantor PLN dan mengurus untuk membuka blokir token listrik tersebut.

Penyebab Token Tidak Bisa Diisi dan Solusi Cara Mengatasinya

Menurut pengalaman saya ada beberapa penyebab token listrik tidak bisa diisi atau gagal ketika nomor dimasukkan ke alat meteran prabayar.

Beberapa penyebab token tidak bisa diisi antara lain sebagai berikut:

  1. Salah memasukkan nomor token

Nomor token harus 20 digit, jangan sampai kurang atau lebih bisa jadi kita yang salah memasukkan nomor atau penjual pulsa listrik yang melakukan kesalahan saat menulis nomor tokennya.

Masukkan nomor token dengan teliti sambil dicek, dan jangan dulu menekan enter sebelum angka 20 digit dipastikan benar dan sesuai denganm token yang dibeli.

Kalau masih gagal, coba matikan kwh selama 3 menitan, lalu masukkan lagi nomor tokennya.

Kalau masih ada masalah juga padahal nomor token listrik sudah benar, silakan hubungi PLN dengan nomor 123 dari HP kalian.

  1. Salah beli token listrik

Ini bisa jadi penyebab yang kedua token tidak bisa diisi, terkadang penjual pulsa salah nomor ID PLN kita tertukar dengan nomor ID PLN yang lain, sehingga jelas nomor token akan gagal ketika dimasukkan.

Jika masalahnya seperti ini maka harus membeli token PLN lagi.

  1. Server lagi error bisa jadi penyebab nomor token gagal diiisi

Terkadang namanya server dan jaringan bisa terkena error atau sedang down, jadi walaupun nomor token sudah benar dan sudah sesuai ketika membeli pulsa listrik, solusinya, kita harus menunggu sampai server PLN kembali normal.

  1. Token Listrik diblokir

Ketika meteran muncul pesan “Gagal dan Nomor diblokir” ini juga salah satu token listrik tidak bisa diisi, menandakan bahwa meteran listrik telah diblokir oleh PLN, ada berbagai alasan mungkin salah satunya adalah gagal memasukkan nomor token sampai 3 kali.

  1. KWh Over Limit

Tiap meteran listrik punya batas maksimal KWh yang diisi per bulan. Jika pengisian pulsa listrik melewati batas KWH maka token listrik pun tidak bisa diisi, harus nunggu bulan berikutnya memasukannya.

  1. Meteran Listrik Prabayar bermasalah

Kalau yang terakhir adalah karena kesalahan sistem pada meteran listrik dari sananya, untuk solusinya segera hubungi PLN 123 untuk mengatasi ini.

Itulah cara mengatasi token tidak bisa diisi pada listrik prabayar dan solusi cara mengatasinya, semoga bermanfaat.