Mengenal God Squad, Tim Dewa di Marvel!

Marvel Universe adalah semesta komik yang cukup unik, di mana ada banyak sekali hierarki kekuatan yang cukup rumit di dalamnya. Superhero yang paling kuat di Bumi bukan berarti dia kuat juga di galaksi, begitu juga sebaliknya. Salah satu cara untuk mengukur kekuatan, biasanya baru terlihat ketika mereka memenuhi kriteria sebagai anggota dari suatu tim super. Misalnya ketika ada superhero yang menjadi anggota Avengers, itu artinya dia terdaftar sebagai superhero terbaik di Bumi dan sekitarnya.

Menariknya, Avengers sendiri ternyata bukanlah satu-satunya tim super yang terkenal karena kekuatannya. Bagi penggemar, di Marvel Universe sebenarnya ada tim super lain yang mereka anggap jauh lebih superior dari Avengers. Dan tim super yang berada di hierarki kekuatan paling tinggi ini tidak lain adalah ‘God Squad’. Hal tersebut tidak bisa dimungkiri karena God Squad sendiri terdiri dari para dewa Marvel yang ketangguhannya secara individu sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Tanpa perlu basa-basi lagi, mari kita kenali apa sebenarnya God Squad dan siapa saja yang menjadi anggotanya!

BACA JUGA: Inikah 2 Celestial yang Muncul di Thor: Love & Thunder?

Dibentuk Oleh Athena

God Squad adalah tim super Marvel ciptaan Greg Pak dan Fred van Lente yang pertama kali muncul di komik Incredible Hercules #117 (2007). Kisahnya sendiri bermula saat pasukan Skrull berencana untuk menginvasi Bumi. Mengetahui bahwa Skrull sendiri akan membawa dewa dan dewinya dalam serangan tersebut, Dewi Athena dari Olympus akhirnya memutuskan untuk mengadakan pertemuan antar dewa. Pada pertemuan inilah para dewa Bumi akhirnya membentuk tim God Squad untuk melawan alien dari Planet Skrullos tersebut.

Ada banyak sekali dewa kuat yang bergabung dengan God Squad pertama. Mereka adalah Hercules the Prince of Power yang terpilih di antara para Olympian; Ajak alias Tecumotzin the Lord of Flight yang terpilih di antara para Dewa Selatan; Snowbird the Slayer of Tanaraq yang terpilih di antara para Dewa Utara; Amatsu-Mikaboshi the Lord of Chaos yang yang terpilih di antara para Dewa Timur; Atum the Primal Slayer yang terpilih di antara para Heliopolis; dan terakhir perwakilan manusia yaitu sang Totally Awesome Hulk alias Amadeus Cho.

Berkembang Jadi Lebih Kuat

Bersama-sama, tim super dewa pertama ini kemudian pergi menyerang Skrull lebih dahulu. Di mana target mereka adalah para dewa Skrull, yaitu Kly’bn dan Sl’gur’t. Namun, dalam prosesnya para God Squad ini ternyata terlalu meremehkan para dewa Skrull. Mulai dari Atum, Kly’bn dan Sl’gur’t berhasil membantai para God Squad. Sedangkan dewa yang masih hidup, yaitu Hercules, Snowbird, dan Amadeus Cho, pada akhirnya memutuskan untuk mundur. Sedangkan Mikaboshi tetap tinggal untuk membunuh para dewa Skrull sendirian dan akhirnya menjadi penguasa baru di planetnya.

Pada titik inilah musuh God Squad beralih kepada Mikaboshi yang ingin menghancurkan alam semesta dengan kekuatannya. Bersama Cho, Hercules membentuk kembali God Squad dengan anggota baru. Mereka adalah Sersi the Mistress of Illusions, Hellstorm the Son of Satan, Venus the Goddess of Beauty, Thor the God of Thunder, Silver Surfer, dan bahkan Galactus. Dengan komposisi yang jauh lebih kuat ini, Mikaboshi akhirnya berhasil mereka lenyapkan. Dan Hercules menggunakan segenap kekuatannya untuk mengembalikan universe yang sempat dihancurkan oleh Mikaboshi.

BACA JUGA: The Boys: The Seven Resmi Dibubarkan?

Status God Squad Sekarang

Terakhir kali God Squad terlihat adalah saat mereka berhasil mengalahkan Mikaboshi di komik Chaos War #5 (2011). Sejak saat itu God Squad sudah tidak pernah terlihat lagi bersama, sementara para dewa yang sebelumnya mati juga kini telah hidup kembali. Masih belum terungkap mengapa mereka tidak kembali berkumpul dan kembali beraksi. Namun, ada kemungkinan hal tersebut terjadi karena sejauh ini masih belum ada lagi musuh kuat, yang membutuhkan kekuatan gabungan dari para dewa Bumi untuk mengalahkannya. Dengan kata lain God Squad memberi kesempatan pada tim super lain untuk bertindak.

Kebanyakan dari para anggota God Squad ini sendiri sekarang terlihat lebih aktif bersama tim super lain yang hierarki kekuatannya mungkin berada di bawah God Squad. Misalnya Thor dan Hulk yang masih aktif sebagai anggota Avengers. Kemudian Sersi dan Ajak yang kembali ke tugas lamanya sebagai Eternal Bumi. Dan bagi Cho, kini dia lebih memilih bersama superhero Asia, Agents of Atlas. Sedangkan Silver Surfer dan Galactus memutuskan kembali ke ‘hobi’ lamanya sebagai pasangan herald dan pemakan planet di Marvel Universe.

BACA JUGA: Ini Jumlah Credit Scene di Thor: Love & Thunder!

Secara tidak langsung tim super dengan hierarki kekuatan tertinggi ini mungkin bisa kita anggap bubar. Namun, bukan berarti mereka tidak akan kembali lagi. Jika suatu saat Marvel Universe membutuhkan kekuatan gabungan para dewa, mungkin pada saat itulah Hercules akan kembali memanggil para mantan sekutunya ini. Sedangkan untuk sekarang, mereka sepertinya masih sibuk bersama tim supernya masing-masing yang tidak lebih kuat tetapi lebih intim daripada God Squad. Kita nantikan saja aksi mereka selanjutnya ya, Geeks.



Source by [author_name]