Old Man Iron Man, Proyek Film Gagal Yang Layak Digarap!

Sebelum Iron Man merangsek masuk ke MCU, sebenarnya sudah ada beberapa studio besar berencana mengadaptasi cerita Iron Man ke layar lebar. Dengan banyaknya komik Iron Man yang bisa diadaptasi, dan bergengsinya nama Iron Man, wajar jika banyak studio berencana membuat filmnya. Sayangnya, tidak ada satupun usaha tersebut yang berhasil membuat film Iron Man. Universal, 20th Century Fox, dan New Line pernah merasakan betapa sulitnya mengadaptasi cerita Iron Man.

Padahal jika mereka berhasil membuat film Iron Man, bisa jadi mereka bernasib sama dengan Marvel Studios yang sekarang mendapatkan pundi-pundi uang dari karakter tersebut. Di antara beberapa proyek Iron Man yang batal, ada satu yang dianggap paling menarik, yaitu film Iron Man d Universal. Lantas seperti apa proyek film tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Film Iron Man Garapan Universal

Pada tahun 80-an akhir hingga 90-an, ada banyak film Marvel yang rencananya akan dibuat. Sayangnya, hanya sedikit yang terealisasi. Sekalinya berhasil dibuat pun, filmnya gagal total. Contoh nyata terjadi di film Captain America, yang rilis tahun 1990. Selain itu, adalagi film bernasib serupa, Fantastic 4 (1994). Walau di tahun-tahun tersebut banyak studio yang kesulitan menggarap film Marvel, Universal Pictures lantas muncul dengan ide baru mereka. Universal Pictures resmi membeli hak atas karakter Iron Man di tahun 1990. Di tahun yang sama, mereka mengembangkan film Iron Man beranggaran rendah.

Film Iron Man - Greenscene.co.id

Universal pun menunjuk Stuart Gordon untuk mengarahkan filmnya. Sementara bagian naskah, Universal menunjuk Ed Neumeier yang beken lewat film RoboCop dan Starship Troopers. Sayangnya nih Geeks, film Iron Man versi Universal ini tidak pernah terwujud. Bahkan naskahnya pun belum sepenuhnya rampung. Masih belum jelas apa yang membuat mereka membatalkan proyeknya. Tetapi kemungkinan besar, Universal yakin filmnya akan gagal bersinar. Apalagi mengingat banyak film Marvel lainnya yang juga mengalami kegagalan di tahun 90-an.

6 tahun kemudian, Universal benar-benar menyerah pada proyek Iron Man mereka. Universal lantas menjual hak atas Iron Man ke 20th Century Fox, tepatnya pada April 1996. Dan sekarang proyek Iron Man garapan Universal hanya tinggal sejarah.

Cerita yang Lebih Gelap

Lewat beberapa petunjuk yang ada, sepertinya film Iron Man versi Universal ini berbeda drastis dari MCU. Setelah Universal menunjuk Ed Neumeier sebagai penulis, banyak yang memprediksi filmnya bakal memiliki tone yang kelam, mirip seperti film RoboCop yang ia garap. Apalagi melihat Neumeier berduet dengan Gordon yang sebelumnya banyak menggarap film horror seperti Re-Animator dan Dolls. Kabarnya, naskah yang Neumeier tulis menceritakan tentang Tony Stark tua yang memilih pensiun sebagai superhero. Untuk menikmati masa pensiunnya, Tony pun memutuskan tinggal di Las Vegas.

Film Iron Man - Greenscene.co.id

Namun setelah menikmati masa pensiun selama 20 tahun, Tony harus kembali beraksi dengan armor Iron Mannya. Ketika itu, muncul ancaman besar yang mengancam Bumi. Masih belum diketahui Geeks siapa lawan yang Tony Stark hadapi. Dengan rekam jejak Gordon sebagai jawara film horror, sepertinya villain yang Tony hadapi memiliki kekuatan supernatural. Kabarnya lagi, aktor yang Gordon pilih untuk memerankan Tony Stark adalah Jeffrey Combs, di mana baik Gordon dan Combs pernah berkolaborasi bersama di Re-Animator.

Bisa Diadaptasi di MCU

Seperti yang kita ketahui, sekarang MCU tengah berfokus pada konsep multiverse. Dengan multiverse, semua hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, termasuk membawa karakter yang sama sekali baru. Marvel Studios bisa saja mengadaptasi cerita dari film Iron Man versi Universal yang batal. Dengan pintu multiverse yang terbuka lebar, Tony Stark versi tua bisa muncul ke MCU kapan pun. Sebenarnya di komik, Tony Stark sudah beberapa kali memutuskan untuk pensiun sebagai Iron Man.

Film Iron Man - Greenscene.co.id

Tetapi Tony Stark tidak pernah benar-benar pensiun, karena setiap kali ancaman datang, maka ia akan turun untuk menghentikannya. Salah satu Iron Man yang pernah diceritakan pensiun adalah Iron Man dari Earth-10201. Di semesta tersebut, Tony Stark memutuskan pensiun sebagai Iron Man di usia 60 tahun. Namun karena ada organisasi jahat bernama White Dragon berencana untuk membuat ribuan armor mirip Iron Man untuk menjadi pasukannya, maka Tony pun kembali beraksi sebagai Iron Man. Jika Marvel Studios tertarik, mereka bisa memboyong Tony Stark dari Earth-10201 tersebut ke MCU lewat gerbang multiverse.

Akan sangat menarik untuk melihat Iron Man tua ke MCU. Tetapi kemungkinan tersebut sepertinya cukup kecil, mengingat sekarang Marvel Studios menyiapkan penerus Iron Man yang lebih muda, yaitu Ironheart. Tapi bukan tidak mungkin Iron Man tua akan muncul walau hanya menjadi cameo.



Source by [author_name]

Leave a Comment