One Piece: Ini Asal-usul Nama Supernova!

Perkembangan dunia bajak laut dalam cerita One Piece benar-benar sangat pesat pasca eksekusi mati Gol D. Roger. Para bajak laut muda berlomba-lomba untuk mencari dan menemukan harta karun One Piece yang Roger tinggalkan. Dan hal ini juga yang kemudian menjadi pemicu kemunculan Supernova. Supernova sendiri adalah kelompok bajak laut muda atau baru yang berkumpul di pulau Sabaody, sebelum perang besar Marineford pecah.

Mereka juga adalah kelompok bajak laut yang memiliki nilai buruan 100 juta Belly atau di atasnya. Artinya mereka bukanlah sosok bajak laut biasa. Para Supernova ini memiliki kekuatan yang dahsyat serta epik yang membuat mereka menjadi incaran pihak Pemerintah Dunia. Namun, tahukah Geeks dari mana Oda Sensei terinspirasi para karakter tersebut? Berikut adalah pembahasannya.

Eustass Kid

Karakter Eustass Kid sebenarnya terinspirasi dari dua nama bajak laut yang berbeda, yaitu seorang bajak laut di era abad 13 yaitu “Eustace,” dan seorang bajak laut dari abad 17 yang berasal dari Skotlandia, “William Kidd.” Tapi, dalam cerita One Piece sendiri sosok Kid berasal dari wilayah South Blue. Dia berlayar bersama teman masa kecilnya, Killer, dan nilai buruan Kidd pasca time-skip adalah 470 juta Belly.

Kid memiliki kekuatan buah iblis bernama Jiki Jiki no Mi, di mana lengannya bisa berubah menjadi medan magnet yang sangat kuat dan mampu menarik benda-benda dengan material besi. Kekuatan dari Kid ini sangat dahsyat, di mana dalam arc Wano Country dia menjadi salah satu Supernova yang berhasil membuat Big Mom tidak berdaya dan kalah. Dia pun pernah bertarung melawan Kaido dan juga Shanks.

X Drake

Hal menarik dari sosok X Drake adalah adanya kesamaan antara inspirasi karakternya dan karakter itu sendiri. Karakter ini terinspirasi dari seorang tentara Inggris di abad ke 16 bernama “Sir Francis Drake.” Dan dalam cerita One Piece pun, dia adalah seorang tentara angkatan laut. Drake adalah anak dari Diez Barrel, dan baik ayah maupun anaknya sama-sama pernah menjadi angkatan laut sebelum kemudian mereka memutuskan berubah menjadi seorang bajak laut.

Uniknya, ternyata Drake masih bekerja untuk angkatan laut. Drake merupakan pemimpin dari organisasi rahasia SWORD bersama dengan Koby. Drake sendiri sengaja menyamar menjadi bagian dari kelompok bajak laut Beast untuk mengawasi dan mempelajari gerak-gerik dari Kaido. Sayangnya, penyamaran dari Drake ini akhirnya terbongkar setelah Queen mengetahui identitas aslinya.

BACA JUGA: One Piece: Para Kapten di Aliansi Topi Jerami!

Trafalgar Law

Untuk Law, karakter ini terinspirasi dari seorang bajak laut di era abad ke 16 dengan nama “Edward Law.” Namun, dalam cerita One Piece Law merupakan seorang kapten dari kelompok bajak laut hati. Dia berasal dari wilayah North Blue, dan memiliki nilai buruan pasca time-skip sebesar 440 juta Belly. Law sendiri memiliki buah iblis Ope Ope no Mi dimana dia bisa melakukan “operasi” terhadap apapun dalam jarak tertentu.

Saat ini Law berada di Wano bersama Luffy. Dan di chapter sebelumnya, bersama dengan Kid, Law berhasil menaklukan Big Mom. Dalam pertarungan itu pun kita melihat bagaimana Law mampu membangkitkan kekuatan buah iblis yang dia miliki. Dan awakening dari buah iblisnya sendiri dapat kita katakan sangat luar biasa dan mengerikan.

Jewelry Bonney

Satu-satunya kapten bajak laut perempuan di Supernova ini terinspirasi dari sosok bajak laut wanita di abad ke 18 bernama “Anne Bonney.” Jewelry Bonney sendiri merupakan kapten dari bajak laut Bonney, dan berasal dari wilayah South Blue. Bonney memiliki kekuatan buah iblis yang unik, yaitu bisa membuat orang menjadi dewasa atau menjadi tua.

Banyak fans memprediksi bahwa Bonney memiliki keterkaitan atau koneksi dengan Pasukan Revolusi, sehingga Pemerintah Dunia menginginkan nyawanya. Di sisi lain, nyawa dari Bonney sendiri saat ini masih misterius setelah dia berhasil Blackbeard kalahkan dan kemudian menyerahkannya kepada pihak angkatan laut. Meskipun begitu, besar kemungkinan jika Bonney masih hidup. Mungkin saat ini dia sedang berada di penjara.

Basil Hawkins

Terdapat sebuah keunikan antara karakter Hawkins dengan versi aslinya. Sosok Basil Hawkins sendiri terinspirasi dari seorang tenaga medis di kapal bajak laut “Basil Ringrose” bernama “John Hawkins.” Dalam cerita One Piece, Hawkins sendiri berasal dari wilayah North Blue dan memiliki kru sendiri. Hawkins terkenal karena kepiawaiannya untuk memainkan kartu tarot, dan membaca peluang tentang semua hal.

Selain itu, dia juga memiliki kekuatan buah iblis Wara Wara di mana dia memiliki kemampuan yang berkaitan dengan jerami. Misalnya, dia mampu menyimpan cadangan “nyawanya” dalam bentuk boneka jerami. Atau berubah menjadi monster jerami raksasa, seperti yang dia perlihatkan saat bertarung melawan Zoro di arc Wano Country.

Uruouge

Untuk Urouge, dari segi nama tidak ada yang berbeda, baik karakter maupun inspirasinya. Nama ini sendiri terinspirasi dari seorang bajak laut dari wilayah Timur Tengah, dan menjadi bagian dari kru The Barbarossa Brothers, Urouge. Dalam cerita One Piece, Urouge sendiri berasal dari pulau langit, dan merupakan kapten dari bajak laut Fallen Monk. Dari semua Supernova, Uruouge memang memiliki nilai buruan yang rendah. Hal ini wajar, karena Urouge memang jarang diperlihatkan bertarung melawan musuh besar. Meskipun begitu, level kekuatannya cukup dahsyat di mana dia berhasil mengalahkan salah satu Sweet Commander Big Mom.

Scratchmen Apoo

Karakter Scratchmen Apoo terinspirasi dari seorang bajak laut yang berasal dari Tiongkok di abad ke 19 bernama “Cheung Po.” Hal ini kemudian menjelaskan pakaian yang Apoo gunakan selama ini, di mana memang terlihat ada sedikit nuansa Tiongkok. Dalam cerita One Piece, Apoo adalah kapten dari kelompok bajak laut On Air. Tidak diketahui dari wilayah mana asal dari Apoo.

Apoo sendiri memiliki sebuah kekuatan buah iblis misterius, yang bisa membuat membuat seluruh anggota tubuhnya berubah menjadi alat musik mematikan. Masing-masing bagian dari tubuhnya mampu menirukan suara salah satu alat musik. Ketika kemudian pihak musuh mendengar suara instrumen atau alat musik yang Apoo mainkan, maka mereka akan terkena serangan dahsyat tersebut.

Blackbeard

Pada awalnya, Blackbeard hanyalah kru biasa di kapal Whitebeard sampai kemudian dia berkhianat dan membuat kru bajak lautnya sendiri. Krunya sendiri berisikan para penjahat level 6 Impel Down, dan beberapa lainnya merupakan bajak laut yang berbahaya. Dengan kekuatan yang dia miliki saat ini, Blackbeard menjadi salah satu pesaing berat untuk Luffy dalam menjadi raja bajak laut.

Blackbeard sendiri sebenarnya merupakan julukan yang sama yang disematkan kepada seorang bajak laut bernama, Edward Teach. Edward Teach adalah sosok yang menginspirasi Oda untuk kemudian menciptakan Marshall D.Teach. Oda menggunakan nama akhir dan julukannya, namun mengganti nama depannya dengan ‘Marshall’.

Capone Bege

Untuk Capone Bege karakter ini terinspirasi dari sosok penjahat besar dunia, seorang mafia kelas kakap bernama Al Capone. Tetapi, bukan hanya Al Capone saja. Bege juga terinspirasi dari seorang tentara Inggris bernama William Le Sauvage. Dalam cerita One Piece, Bege merupakan kapten dari kelompok bajak laut Fire Tank. Dia berasal dari wilayah West Blue dan merupakan suami dari Charlotte Chiffon.

Meskipun dia menikahi anak Big Mom, baik Chiffon maupun bege sangat ingin membunuh Big Mom. Di arc Whole Cake Island, Bege dan Luffy sempat menjalin sebuah aliansi di mana mereka bekerja sama untuk kemudian mengalahkan Big Mom. Namun, ternyata rencana tersebut gagal karena Big Mom sendiri sudah mengetahui upaya itu. Saat ini, keberadaan dari Bege sendiri masih belum terdeteksi.

Eiichiro Oda memang dikenal sering melakukan riset terlebih dahulu untuk menghadirkan berbagai hal dalam cerita One Piece, termasuk para karakternya. Dan Oda juga dikenal sering kali menghadirkan karakter yang terinspirasi dari sosok nyata. Para Supernova ini bisa menjadi bukti dari hal tersebut. Apakah Oda akan hadirkan karakter unik lainnya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!



Source by [author_name]