Peluncuran fitur pengeditan tweet resmi Twitter

Edit fungsi tweet

Gadgetdiva.id — Twitter akhirnya resmi memperkenalkan fitur Edit Tweet pada Kamis (1/9) kemarin. Aplikasi ini akan segera memperkenalkan fitur ini kepada semua penggunanya.

Sebelumnya, fitur Edit Tweet sempat didengungkan oleh Elon Musk saat mencoba mengakuisisi Twitter. Namun, Twitter telah menawarkan fitur ini sejak lama.

Fitur Edit Tweet telah bekerja pada ini selama setahun terakhir. Namun Jay Sullivan selaku Head of Consumer Products Twitter mengatakan pengerjaan fitur ini memakan waktu lama.

Kini, fitur Edit Tweet telah resmi diperkenalkan oleh Twitter kepada penggunanya. Menurut blog resmi perusahaan, fitur Edit Tweet akan memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan pada Tweet mereka setelah diposting. Fitur ini dapat berguna dalam situasi seperti memperbaiki kesalahan ketik dan menambahkan tagar yang terlewat tanpa harus menghapus seluruh Tweet atau umpan Twitter.

Edit fungsi tweet
Foto: Unsplash/Claudio Schwarz

Saat ini, fitur Edit Tweet sedang dalam pengujian internal di platform Twitter. Dimana hanya beberapa pengguna terpilih saja yang dapat menggunakan fitur ini.

Twitter juga mengatakan tes internal ini membantu tim pengembangan memasukkan umpan balik sambil mengidentifikasi dan memperbaiki masalah potensial. Termasuk bagaimana orang bisa menyalahgunakan fitur tersebut.

Namun, Twitter telah mengumumkan bahwa perusahaan berencana untuk membawa fitur Edit Tweet ini ke semua pengikut Twitter Blue pada akhir bulan ini. Di bawah langganan ini, mereka dapat menerima akses awal ke fitur tersebut dan membantu Twitter mengujinya sebelum fitur tersebut masuk ke platform sosial.

Cara kerja Edit Tweet

Mengenai cara kerja Edit Tweets, Twitter menunjukkan mekanisme fitur sebagai berikut. Di mana Tweet akan dapat diedit beberapa kali dalam waktu 30 menit setelah diposting.

Edit fungsi tweet

Tweet yang diedit akan muncul dengan ikon, stempel waktu, dan label yang menjelaskan kepada pembaca bahwa Tweet asli mereka telah diedit. Mengetik tag akan mengarahkan pengguna ke riwayat edit yang berisi tweet sebelum diedit.

Twitter berharap dengan tersedianya Edit Tweets, aktivitas tweeting akan lebih mudah diakses dan tidak membuat stres pengguna. Perusahaan mengatakan juga akan memperhatikan dampak fitur pada cara seseorang membaca, menulis, dan berinteraksi dengan tweet.

Lihat berita teknologi, ulasan gadget, dan video Gadgetdiva.id di Google News

Tinggalkan komentar