Pengurusan KK Yang Hilang atau rusak Di Dukcapil

Pengurusan KK Yang Hilang atau rusak Di Dukcapil

Gogandul.com ♠  KK merupakan salah datu dokumen diantara dokumen-dokumen yang lain yang digunakan untuk mengurus data kependudukan, atau mengurus hal penting lainnya.

Terus misalkan kartu keluarga atau KK itu hilang gimana ? siapa sih yang mau kehilangan dokumen  atau surat penting seperti ini, pasti gak ada yang mau, kenapa ? karena mengurusnya repot, yaps!!! Kata repot memang sudah menjadi salah satu bagian kehidupan di negeri ini.

Apalagi KK atau Kartu keluarga adalah salah satu kartu identitas bagi keluarga yang disitu memuat berbagai data penting, diantaranya seperti nama, susunan anggota keluarga, hubungan dalam keluarga, pekerjaan setiap anggota keluarga, dan berbagai informasi penting lainnya.
Pengurusan KK Yang Hilang atau rusak Di Dukcapil
Membayangkan kehilangan saja sudah pusing duluan, harus mengurus dengan datang ke kelurahan atau desa, ngantri di kecamatan atau walikota, terlebih lagi nih kalau sampai datang ke kantor polisi, pasti menjengkelkan.

Tapi kalau sedang bernasib apes, dokument atau surat penting tersebut ternyata bisa hilang juga. Mau nggak mau ya harus mengurusnya soalnya itu adalah hal yang wajib dimiliki oleh semua anggota keluarga.

Terus apa saja yang harus dilakukan untuk pengurusan KK yang hilang di dukcapil ini, berikut penjelasannya.

  1. Meminta Surat Pengantar dari RT dan RW untuk pembuatan kartu keluarga
  2. Meminta Formulir permohonan KK di kantor kelurahan,
  3. Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian bagi yang kehilangan
  4. Kartu Keluarga yang lama bagi yang rusak atau mau cetak ulang, photo kopi kk lama kalau ada
  5. Fotokopi dokumen kependudukan dari salah satu anggota keluarga.

Setelah semua datanya lengkap lalu datanglah ke kelurahan dengan membawa berkas persyaratannya. Jika berkas/dokumen permohonan lengkap dan benar, maka permohonan akan diproses lebih lanjut dengan pengisian formulir permohonan sampai ditandatangani oleh pak Lurah atau pak kepala desa.

Setelah itu semua berkas akan dibawa ke kecamatan untuk proses selanjutnya oleh dinal kependudukan dan pencatatan sipil, kita hanya perlu menunggu proses selanjutnya.

Itu tadi cara pengurusan KK yang hilang atau rusak di dukcapil, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan dan share di sosial media kalian dengan tinggal pilih menu share yang ada dibawah artikel. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *