Perlu diketahui ini Cara Hemat Listrik di Rumah.

Di jaman now ini kebutuhan akan listrik sangat penting sekali, hampir semua kegiatan kita dan semua pekerjaan kita membutuhkan energy listrik, terlebih lagi sejak hadirnya internet dan gadget terutama, kebutuhan akan listrik semakin besar dan tanpa listrik seakan tak ada kehidupan.

Tapi perlu diketahui bahwa listrik berasal dari sumber daya alam yang gak bisa diperbaharui yang gak menutup kemungkinan suatu saat pasti akan habis dan tak bisa diperbaharui lagi. Yang pasti kalau saat itu datang tentunya kita gak bisa lagi beraktifitas sehari-hari yang tidak bisa lepas dari listrik, makanya ajakan untuk menghemat listrik juga semakin banyak karena kebutuhan listrik juga semakin tinggi.

Walaupun sudah banyak yang menemukan berbagai energi alternatif yang bisa menggantikan posisi energy listrik tapi jumlah energy alternatif ini terbilang masih sedikit dan belum ada perusahaan yang produksi dan menjualnya ke masyarakat umum.

Mengingat bahwa ketersediaan energy listrik semakin terbatas dan kebutuhan kita dalam menggunakan listrik setiap hari, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik dan borosnya listrik dengan system pulsa, maka kali ini saya akan sedikit memberikan cara hemat listrik di rumah.

Ada beberapa cara untuk hemat listrik ini yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Cabutlah kabel atau peralatan listrik saat tidak digunakan.

Biasakan untuk tidak meninggalkan alat-alat listrik menempel pada kontak dan terminal listrik, baik itu saat mengisi daya smartphone, TV ditinggalkan begitu saja, alat-alat elektronik lainnya juga ditinggalkan dalam keadaan hidup. Hindari kebiasaan meninggalkan alat elektronik dalam keadaan tertancap meskipun dalam keadaan off/ mati. Karena aliran listrik akan terus mengalir pada kabel tersebut dan otomatis juga ada daya yang hilang tanpa bermanfaat.

  • Hemat Pemakaian Lampu

Gunakan lampu yang hemat energy dan menghidupkan lampu pada saat benar-benar membutuhkan saja, agar rumah gak terlalu gelap disiang hari, bisa disiasati dengan menggunakan genteng atau atap yang terbuat dari kaca sehingga pada ruangan tertentu ada penerangan dari sinar matahari.

  • Biasakan mematikan Alat Elektronik Saat Tidur

Ketika malam hari dan sudah akan istirahat tidur, segera mematikan lampu dan alat-alat elektronik yang sudah tidak diperlukan, jangan sampai lampu masih menyala, gadget ditinggalkan karena sedang dalam pengisisan daya, dan lain-lain.

  • Teliti kembali apakah ada daya yang hilang.

Terkadang kita lalai ketika ada kabel-kabel yang putus lalu tidak disambung, mungkin karena tempatnya yang sulit dijangkau, ataupun ada lampu yang mati akan tetapi posisi saklar dalam keadaan on. Karena hal ini akan menghilangkan daya dan tentu akan membuat tagihan membengkak atau membuat cepat boros pada listrik yang sudah menggunakan system pulsa.

Intinya cermati lalu bijak dan hemat dalam pemakaian listrik, agar energy listrik ini bisa terus ada untuk kepentingan anak cucu kita nanti.

Silahkan share semoga bermanfaat.

 

About Heriyadi 313

Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis

View all posts by Heriyadi 313 →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *