Prosedur Mengurus Akta Kelahiran 2019

Prosedur Mengurus Akta Kelahiran 2019

Gogandul.com ♠ Pembuatan akta kelahiran adalah kewajiban orang tua karena dengan akta kelahiran, anak akan mendapatkan pelayanan publik dari pemerintah maupun non-pemerintah nantinya. Dan namanya sudah tercatat di dinas kependudukan dan catatan sipil.

kali ini kami sampaikan Prosedur Mengurus Akta Kelahiran bagi anda yang mempunyai bayi. Baik disitu baru lahir atau bayi yang sudah terlambat belum dibuatkan akta kelahiran. Pelayanan yang baik saat ini menjadi cukup mudah dan cepat, jadi tak perlu khawatir akan ribet.

Untuk prosedur pembuatan akta kelahiran ini intinya di kantor dinas pencatatan sipil di kota anda, akan tetapi sebelum ke disdukcapil perlu beberapa berkas atau dokumen yang penting dibawa ketika akan mengurus pembuatan akta kelahiran ini.

Baca Juga :

Kalau tidak ingin terlalu mengantri ketika proses mengurus akta kelahiran lebih baiknya ketika datang ke kantor dinas pencatatan sipil di pagi hari, jadi ketika buka jam kerjanya bisa langsung dilayani dengan cepat.

Prosedur Cara dan Syarat Mengurus Akta Kelahiran

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tetap harus datang ke RT/RW, melaporkan bahwa anak anda lahir, kemudian minta surat pengantar untuk menuju kelurahan setempat, menurut pengalaman sih biasanya oleh RT/RW langsung saja diarahkan ke kelurahan atau desa.

Setelah di desa nanti akan dibuatkan surat keterangan atau pengantar dari desa yang ditandatangani oleh pak kepala desa.

Adapun beberapa dokumen untuk mengurus akte kelahiran yaitu :

  • Fotocopy KTP orang tua dua lembar
  • Surat Keterangan lahir dari Rumah Sakit/ tempat melahirkan, atau Dokter/Bidan kalau persalinannya di tempat bidan
  • Fotocopy KTP Kartu keluarga beserta aslinya (dua lembar)
  • Fotocopy buku nikah sebanyak 2 lembar
  • Surat kelahiran dari dokter atau bidan.

Sebaiknya semua persyaratan ini dilengkapi terlebih dahulu sebelum datang ke kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil, daripada nantinya bolak-balik alangkah baiknya dilengkapi terlebih dahulu agar prosedur mengurus akta kelahiran ini berjalan dengan lancar dan tanpa masalah.

Setelah semua dokumen dan berkasnya lengkap, lalu berikan semua dokumen tersebut ke kantor kependudukan dan catatan sipil untuk di proses disana. setetlah itu ambil nomor antrian dan tunggu giliran dipanggil.

Bila semua berkas lengkap dan tidak ada halangan, Akta Kelahiran anak anda akan segera di proses dan segera jadi. Mudah bukan?
Demikian info Prosedur Mengurus Akta Kelahiran untuk anak anda, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *