Pusat data AREA31 sekarang resmi beroperasi

Pusat Data AREA31
bawaan

Gadgetdiva.id — PT Dunia Virtual Online (DVO) telah memenuhi janjinya untuk mulai mengoperasikan pusat data AREA31 yang berlokasi di Cimanggis, Jawa Barat. Mereka siap menerima pelanggan baru yang akan mengisi 600 rak data center di lokasi.

Sebelumnya, PT DVO berjanji akan mengoperasikan pusat data AREA31 yang terdiri dari 4 ruang data, pada kuartal terakhir tahun ini. Agustus lalu, mereka juga menggelar Integration System Test (IST) untuk memastikan keandalan layanan data center mereka.

Dengan kapasitas yang tersedia saat ini, yaitu total 4 Data Hall yang dapat menampung hingga 600 rak, AREA31 siap menerima pelanggan baru. Selain memasarkan layanannya secara retail, AREA31 juga bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan Layanan Datacenter untuk industri dengan kebutuhan Hyperscale.

Pusat Data AREA31

Pada akhir Agustus 2022, AREA31 melakukan Integration System Test (IST), yaitu kegiatan pengujian sistem mekanikal dan elektrikal untuk memastikan seluruh komponen utama dan cadangan dapat berfungsi dengan baik sehingga keandalan layanan dapat terjaga. Hari ini, AREA31 dengan bangga mengumumkan bahwa pusat data Hyperscale-nya telah beroperasi penuh dan siap menerima pelanggan baru.

Pusat Data AREA31

Berlokasi strategis di Cimanggis, Jawa Barat, Indonesia, AREA31 dapat dicapai hanya dalam waktu 30-40 menit dari Kawasan Pusat Bisnis Jakarta (CBD), menjadikannya sebagai pusat data dan pusat pemulihan bencana (DRC) terkemuka.

Didesain dan dibangun di atas lahan seluas 20.000 m2, AREA31 mampu menampung hingga 1.200 rak. AREA31 membagi pengembangan data center menjadi 2 (dua) tahap, dimana pada tahap pertama, AREA31 menyediakan 4 (empat) ruang data dengan total kapasitas 600 rak. Dengan jumlah tersebut, AREA31 mampu menjadi jawaban untuk mempersiapkan Indonesia menghadapi pertumbuhan volume data yang tinggi dan memenuhi ekspektasi pasar data center.

Mengusung konsep yang berbeda dengan data center lainnya, AREA31 juga menawarkan solusi fasilitas teleportasi yaitu pengalokasian lahan di area Rooftop gedung sebagai lokasi Earth Station Colocation, penyedia layanan VSAT.

Keandalan layanan AREA31 tidak perlu diragukan lagi karena telah dioperasikan oleh penyedia data center yang berpengalaman sejak tahun 2002. Selain itu, AREA31 juga telah mendapatkan sertifikasi Rated 3 Design oleh ANSI TIA 942, dimana upgrade sertifikasi plan menjadi Rated 3 Facility adalah direncanakan awal tahun depan. , AREA31 juga didukung oleh kapasitas listrik premium 10 megawatt untuk memastikan ketersediaan layanan 99,99% bagi pelanggan.

Berbicara tentang layanan, tidak hanya layanan pemasaran ritel melalui layanan colocation 10U, 20U, hingga 45U, AREA31 juga menyediakan solusi Data Hall 425m2 dengan kapasitas hingga 150 Rak untuk industri dengan kebutuhan Datacenter Hyperscale. Layanan Data Hall dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan hak istimewa “Hak Penamaan”, di mana pelanggan dapat menempatkan nama bisnis atau merek di Data Hall mereka.

Dengan semakin banyaknya pemasok Datacenter yang berlomba-lomba membangun dan mengembangkan Datacenter, AREA31 merasa perlu untuk dapat memberikan Value Added Service kepada calon pelanggannya, khususnya sektor Internet Service Provider (ISP) yang salah satunya menjadi mampu melakukan interkoneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) secara reguler hanya dengan kapasitas hingga 2X100Gbps. Hal ini akan kembali disampaikan oleh AREA31 pada acara Grand Launching yang diperkirakan akan digelar awal tahun depan.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan kerjasama dengan Indonesia Internet Exchage (IIX) dimana penandatanganan akan dilakukan pada saat grand launching,” ujar Michael Alifen selaku CEO AREA31.

Michael Alifen juga menyatakan bahwa AREA31 sangat terbuka bagi rekan-rekan Telco dan Internet Service Provider (ISP) yang ingin masuk ke AREA31 karena AREA31 merupakan fasilitas 100% netral sehingga pelanggan atau tenant data center memiliki fleksibilitas yang besar untuk menentukan penyedia layanan jaringan yang akan digunakan. yang juga dapat mengembangkan ekosistem digital. Dimana, AREA31 saat ini memiliki 5 (lima) rute fiber optic yang berbeda ke IIX yang disediakan oleh beberapa Internet Service Provider (ISP).

Data center AREA31 akan mendorong industri data center yang semakin masif di tanah air.

Leave a Comment