Putih telur untuk wajah? Ketahui 5 efek sampingnya!

Putih telur untuk wajah, Anda pasti pernah mendengarnya. Masker wajah DIY banyak menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah, salah satunya menggunakan putih telur. Penggunaan masker putih telur ini dipercaya memiliki banyak manfaat seperti membuat kulit lebih halus dan mengurangi minyak di wajah. Tapi bagaimana dengan efek sampingnya?

Untuk membuat masker wajah dari bahan-bahan yang ada di rumah, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya, ladies. Seperti putih telur ini, yang memiliki efek samping bila digunakan pada wajah.

Baca Juga: Daftar Masker Wajah Alami DIY yang Mudah Sesuai Kebutuhan Kulit Anda

Menggunakan putih telur di wajah Anda, baik sebagai masker anti-penuaan atau sebagai perawatan spot, sama sekali tidak sebanding dengan risikonya. Perlu diingat bahwa putih telur bukanlah bahan perawatan kulit lho, Ladies. Jadi, risiko apa pun bisa muncul saat Anda menggunakannya untuk wajah. Nah, berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan putih telur pada wajah, yaitu:

1. Putih telur untuk wajah menyebabkan reaksi alergi

Reaksi alergi terjadi karena penggunaan putih telur untuk wajah
Sumber: istockphoto.com

Menggunakan putih telur di wajah Anda berpotensi menyebabkan reaksi alergi jika Anda alergi terhadap telur. Bahkan jika Anda tidak memakannya, reaksi alergi dapat dirasakan tergantung pada tingkat keparahannya. Anda mungkin mengalami gejala seperti gatal parah, ruam, gatal-gatal, dan kesulitan bernapas karena menggunakan putih telur di wajah Anda.

2. Infeksi Salmonella

Anda mungkin sudah tahu bahwa makanan mentah mengandung bakteri Salmonella. Demikian pula, telur mentah juga dapat membawa bakteri ini. Sehingga dapat menyebabkan infeksi jika masuk ke dalam tubuh. Jika Anda menggunakan putih telur untuk wajah, Anda harus berhati-hati saat mengaplikasikannya dan pastikan tidak masuk ke mulut.

3. Mengiritasi Kulit Sensitif

tes tempel sebelum menggunakan putih telur untuk wajah
Sumber: istockphoto.com

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Karena dapat menyebabkan sedikit gatal, kemerahan atau benjolan di wajah Anda. Untuk ini, Anda bisa melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada wajah.

Anda bisa mencobanya di bawah dagu, punggung tangan dan di belakang telinga. Tunggu 15 menit, lalu bilas dan lihat apakah ada reaksi pada kulit Anda. Jika terjadi reaksi, segera hentikan penggunaannya.

4. Infeksi bekas luka

Jika Anda memiliki bekas luka di wajah Anda seperti goresan atau bekas jerawat, menggunakan putih telur di wajah Anda adalah ide yang sangat buruk. Putih telur mentah berpotensi menyebabkan infeksi sekunder. Di sinilah bakteri dari telur bisa masuk ke luka Anda dan menyebabkan infeksi.

5. Dapat Menyakiti Orang Lain

Masker Wajah Putih Telur Tetes Membahayakan Orang Lain
Sumber: pexels.com

Menggunakan putih telur dapat mencemari permukaan seperti wastafel, meja, dan tempat lain tempat Anda membuat masker. Karena itu, Anda dapat memastikan untuk menggunakan sarung tangan dan membuatnya di satu tempat. Jadi ada droplet saat bikin maskernya, proteinnya nggak ke mana-mana, ladies. Ini agar orang lain yang alergi atau cedera tidak terkena obat tetes ini.

Nah, beberapa efek samping di atas harus diperhatikan ya ladies, saat akan menggunakan putih telur untuk wajah. Namun, jika Anda masih ingin mencoba, Anda bisa menggunakan telur pasteurisasi organik dan selalu pastikan untuk mencuci tangan dan wajah secara menyeluruh saat menggunakan telur. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menghindari efek samping.

Sumber: garis kesehatan