Seberapa Hebat Kekuatan Dark Lord Sauron?

Seberapa kuat Dark Lord Sauron di mitologi The Lord of the Rings? Mungkin banyak penggemar yang mempunyai pertanyaan serupa terkait kekuatan Sauron. Apalagi baru-baru ini dia muncul kembali di serial prekuel berjudul The Rings of Power yang tayang di Amazon Prime. Sebagai roh Maiar yang berasal dari surga Undying Land, sudah cukup jelas bahwa Sauron lebih kuat dari seluruh makhluk hidup di Middle-earth. Jawaban singkatnya dia sangatlah kuat dan sakti mandraguna, karena Sauron adalah ‘BIG BAD’ di ceritanya.

Untuk jawaban panjangnya, sebenarnya kekuatan Sauron bisa kita bagi menjadi dua fase. Yang pertama, fase saat dia masih menjadi anak buah Dark Lord pertama yang bernama Melkor alias Morgoth. Di mana setelah Morgoth kalah, dia lantas menjadi Dark Lord selanjutnya, tetapi masih belum mepunyai  ‘One Ring’. Fase yang kedua, setelah dia mengenakan One Ring dan berhasil memperbesar wilayah serta pengaruhnya di Middle-earth. Mari langsung saja kita bahas detailnya di bawah ini, Geeks!

Kekuatan Sauron Tanpa One Ring

Di mitologi The Lord of the Rings, Sauron adalah salah satu makhluk surgawi Ainur ciptaan Eru Iluvatar. Sebagai Tuhan di semestanya, Eru membagi Ainur menjadi 14 Valar dan sisanya menjadi Maiar. Sauron termasuk ke dalam kelompok Maiar yang harus melayani Valar. Walaupun tidak sekuat Valar, tetapi Sauron adalah Maiar terkuat dan tercerdas. Hal inilah yang kemudian menarik perhatian Valar Morgoth untuk menjadikannya panglima kegelapan.

Seberapa Hebat Kekuatan Dark Lord Sauron?, Greenscene

Jika Morgoth adalah iblis, maka Sauron adalah pemimpin pasukan iblis. Jadi bisa kita bayangkan betapa kuatnya Sauron. Saat Morgoth kalah oleh Valar dan Sauron kabur ke Middle-earth, dia juga masih menjadi makhluk terkuat di Middle-earth. Kekuatan utamanya meliputi:

  • Tercerdas di Middle-earth: Sebagai seorang mantan Maiar, Sauron mengetahui hampir seluruh ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup.
  • Keabadian: Jika bentuk fisiknya mati, dia akan terus hidup kembali. Namun, dia akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan kembali seluruh kekuatannya.
  • Berubah Bentuk: Karena sejatinya dia adalah roh surgawi, Sauron mampu mengubah bentuk fisiknya menjadi apa pun yang dia mau. Mulai dari monster sampai makhluk terindah di Middle-earth.

Seberapa Hebat Kekuatan Dark Lord Sauron?, Greenscene

  • Kekuatan Fisik Dewa: Kemampuan fisiknya jauh lebih kuat dari makhluk hidup, begitu juga kecepatan, refleks, dan staminanya.
  • Telekinesis: Sauron menguasai sihir yang dapat membuatnya mengendalikan benda di sekitarnya hanya dengan pikiran.
  • Dark Magic: Konon saking kuatnya dark magic Sauron, tubuhnya sampai menghitam serta bisa memancarkan panas. Dark magic favoritnya adalah memanipulasi elemen api.
  • Shadow Walk: Karena bentuk aslinya adalah roh, Sauron bisa meninggalkan fisiknya dan muncul di tempat lain. Kekuatan ini sering dia pakai untuk berkomunikasi dengan pasukannya.

Seberapa Hebat Kekuatan Dark Lord Sauron?, Greenscene

Konon masih banyak kemampuan Sauron yang belum sempat terceritakan di mitologinya. Selain kekuatan gaib di atas, pada dasarnya dia juga mempunyai kemampuan untuk mendominasi, mengintimidasi, dan mengontrol orang lain. Termasuk pasukan kegelapannya dan lawan-lawan yang hatinya lemah. Dia juga sangat ahli dalam strategi, itulah mengapa wilayah dan pengaruhnya di Middle-earth sangat berkembang pesat.

Makin Mengerikan Dengan One Ring

Meskipun awalnya Sauron sudah terbilang sangat kuat, kekuatannya makin bertambah mengerikan saat Sauron berhasil menciptakan One Ring. Saat menciptakan cincin paling sakti di Middle-earth ini Sauron memasukan sebagian besar kekuatannya untuk kemudian dia pakai sendiri sebagai katalis. Mirip seperti mata normal manusia yang sudah bisa melihat semut, kemudian menggunakan kaca pembesar agar lebih jelas lagi. One Ring adalah ‘kaca pembesar’ untuk kekuatan Sauron. Jadi dengan One Ring kekuatannya meningkat sampai berkali-kali lipat.

Seberapa Hebat Kekuatan Dark Lord Sauron?, Greenscene

Setelah mengenakan One Ring bahkan satu per satu kekuatan baru Sauron mulai bermunculan. Mulai dari bisa membangkitkan mayat hidup, sampai mengubah orang lain menjadi monster peliharaannya. Seperti para Nazgul, yang awalnya adalah para bangsawan manusia, tetapi akhirnya menjadi makhluk mengerikan setelah mengenakan 9 Power Ring ciptaan Sauron. Hanya ada beberapa orang saja di Middle-earth yang ‘sedikit’ bisa mengimbangi Sauron. Di antaranya adalah para Istari seperti Gandalf, serta para pemakai Power Ring elf, yang 3 cincinya sempat terlihat di ending The Rings of Power.

Sudah cukup jelas, Geeks? Jadi sebelum dia menciptakan Power Ring, Sauron sudah menjadi ‘salah satu’ makhluk terkuat di Middle-earth. Dan setelah mengenakan Power Ring, Sauron menjadi makhluk ‘paling kuat’ di Middle-earth. Namun, One Ring sendiri justru menjadi satu-satunya kelemahan fatal Sauron. Karena jika One Ring hancur, maka sebagian besar kekuatannya akan hilang dan dia tidak akan bisa kembali mewujudkan fisiknya. Itulah mengapa saat Frodo melakukan misi untuk menghancurkan One Ring pada Zaman Ketiga, Sauron sampai mengerahkan semua pasukannya untuk mencari.

Itulah pembahasan tentang sekuat apa Dark Lord Sauron di mitologi The Lord of the Rings. Di ending serial prekuel The Rings of Power, Sauron terlihat sudah kembali ke Mordor. Sepertinya selanjutnya dia akan menciptakan One Ring dan Power Ring ‘kutukan’ lainnya. Karena saat ini season keduanya baru memulai produksi dan belum mempunyai tanggal rilis, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.



Source by [author_name]

Tinggalkan komentar